Friday 27 October 2017

INSTRUMEN 8 NSP

INSTRUMEN PEMANTAUAN
DELAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Nama Sekolah                   :
Alamat                                  :
Nama Kep. Sekolah         :
Materi Pembinaan          : 1. STANDAR ISI
NO
STANDAR ISI
SKOR PEROLEHAN
KETR.
4
3
2
1
1
Kerangka Dasar
Skor 4 jika ada KI, KD, Struktur kurikulum,
Kalender akademik
Skor 3 jika ada 3 dari unsur di atas
Skor 2 jika ada 2 dari unsur diatas
Skor 1 jika ada < 2 dari unsur diatas





2
Pembuatan program tahunan dan semester
untuk semua mata pelajaran (11 mapel)/tema
Skor 4 jika 100%
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51 %





3
Pengembangan silabus untuk semua
mata pelajaran (11 mapel)/ tema
Skor 4 jika 100%
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51 %





4
Pengembangan sistem penilaian semua
mata pelajaran/ tema
Skor 4 jika 100%
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51 %





5
Pembuatan / Dokumentasi Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk
semua mata pelajaran/ tema
Skor 4 jika 100%
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51 %





6
Jumlah referensi tiap mata pelajaran
yang dimiliki oleh Guru, selain buku
paket rekomendasi BSNP untuk siswa
Skor 4 jika > 3 buku
Skor 3 jika 3 buku
Skor 2 jika 2 buku
Skor 1 jika < 2 buku





7
Jumlah referensi tiap mata pelajaran yang
dimiliki oleh Guru, selain buku paket
untuk pengembangan penilaian
Skor 4 jika > 3 buku
Skor 3 jika 3 buku
Skor 2 jika 2 buku
Skor 1 jika <2 buku





8
Jumlah buku pegangan guru untuk
pengembangan RPP
Skor 4 jika > 3 buku
Skor 3 jika 3 buku
Skor 2 jika 2 buku
Skor 1 jika <2 buku





9
Siswa mendapat LKS untuk setiap mata
pelajaran yang diikuti/pembelajaran
Skor 4 jika Selalu
Skor 3 jika Sering
Skor 2 jika Kadang-kadang
Skor 1 jika Tidak pernah





10
Setiap siswa memiliki buku referensi
untuk setiap mata pelajaran
diluar buku paket/ tema
Skor 4 jika > 3 buku
Skor 3 jika 3 buku
Skor 2 jika 2 buku
Skor 1 jika <2 buku






JUMLAH SKOR PEROLEHAN


SKOR MAKSIMAL
40


NILAI AKHIR ( SKOR PEROLEHAN : SKOR MAKSIMALX 100 )


KESIMPULAN :
a.       Kekuatan             : ……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
b.      Kelemahan         : ……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
c.       Saran Pembinaan :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………...
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kepala Sekolah                                                                                 ………………… , ……………………2016





………………………………..                                                                                     ………………………………………
NIP.                                                                                                                       NIP.






INSTRUMEN PEMANTAUAN
DELAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Nama Sekolah                   :
Alamat                                  :
Nama Kep. Sekolah         :
Materi Pembinaan          : 2. STANDAR PROSES
NO
STANDAR PROSES
SKOR PEROLEHAN
KETR.
4
3
2
1
1
Kehadiran guru dalam mengajar
Skor 4 jika 96 – 100 %
Skor 3 jika 90 – 95 %
Skor 2 jika 85 – 89 %
Skor 1 jika < 85 %





2
Guru memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) permapel/ pembelajaran
Skor 4 jika > 80 %
Skor 3 jika 70 – 79 %
Skor 2 jika 60- 69 %
Skor 1 jika < 60 %





3
Kehadiran Siswa dalam 1 semester
Skor 4 jika 96 – 100 %
Skor 3 jika 90 – 95 %
Skor 2 jika 85 – 89 %
Skor 1 jika < 85%





4
Pengaturan Pengelolaan kelas untuk proses Pembelajaran
Skor 4 jika di dalam dan diluar kelas diatur sesuai kebutuhan
Skor 3 jika di dalam kelas diatur sesuai kebutuhan
Skor 2 jika di dalam kelas dengan tempat duduk berubah
Skor 1 jika di dalam kelas dengan tempat duduk tetap





5
Penggunaan alat peraga / media belajar untuk KD yang sesuai
Skor 4 jika Selalu
Skor 3 jika Sering
Skor 2 jika Kadang-kadang
Skor 1 jika tidak pernah





6
Skor 4 jika > 80 %
Skor 3 jika 70 – 79 %
Skor 2 jika 60- 69 %
Skor 1 jika < 60%





7
Variasi penggunaan strategi pembelajaran di kelas
Skor 4 jika Sangat variatif
Skor 3 jika Variatif
Skor 2 cukup Variatif
Skor 1 jika kurang Variatif





8
Antusias siswa dalam pembelajaran
Skor 4 jika Sangat Antusias
Skor 3 jika Antusias
Skor 2 jika cukup Antusias
Skor 1 jika kurang Antusias





9
Pengembangan strategi pembelajaran di kelas
Skor 4 jika Sangat Variatif
Skor 3 jika Variatif
Skor 2 jika cukupVariatif
Skor 1 jika kurang Variatif





10
Penggunaan multimedia
Skor 4 jika Selalu
Skor 3 jika Sering
Skor 2 jika Kadang-Kadang
Skor 1 jika tidak pernah





11
Penggunaan media elektronik dalam mengajar
Skor 4 jika Selalu
Skor 3 jika Sering
Skor 2 jika Kadang-Kadang
Skor 1 jika tidak pernah





12
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%





13
Jumlah guru yang menerapkan pembelajaran CTLdengan benar
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%






JUMLAH SKOR PEROLEHAN


SKOR MAKSIMAL
52


NILAI AKHIR ( SKOR PEROLEHAN : SKOR MAKSIMALX 100 )


KESIMPULAN :
a.       Kekuatan             : ……………………………………………………………………………………………………………………
 ………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
b.      Kelemahan         : ……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
c.       Saran Pembinaan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Kepala Sekolah                                                                                                 ……… , ……………………2016



…………………………………                                                                                     ………………………………………
NIP.                                                                                                                       NIP

INSTRUMEN PEMANTAUAN
DELAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Nama Sekolah                   :
Alamat                                  :
Nama Kep. Sekolah         :
Materi Pembinaan          :3. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
NO
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
SKOR PEROLEHAN
KETR.
4
3
2
1
1
Standar Kompetensi Lulusan Sekolah (SKL)
Skor 4 jika > 75
Skor 3 jika 75
Skor 2 jika 66 – 70
Skor 1 jika < 66





2
Rata-rata Standar Ketuntasan kompetensi Minimal (SKKM)
Skor 4 jika > 75
Skor 3 jika 75
Skor 2 jika 66 – 70
Skor 1 jika < 66





3
Rasio Siswa per kelas
Skor 4 jika 20 – 30
Skor 3 jika 31 - 35
Skor 2 jika 36 – 40
Skor 1 jika > 40





4
Rasio pendaftar terhadap siswa baru, tahun terakhir
Skor 4 jika > 3 : 1
Skor 3 jika 3 : 1
Skor 2 jika 2 : 1
Skor 1 jika < 2 : 1





5
Rata-rata UN dua (2) tahun terakhir (melihat dokumen)
Skor 4jika > 75
Skor 3 jika 75
Skor 2 jika 65- 74
Skor 1 jika < 65





6
Peringkat UN pada tahun terakhir tingkat Kabupaten/kota
Skor 4 jika Peringkat 1
Skor 3 jika Peringkat 2
Skor 2 jika Peringkat 3
Skor 1 jika > Peringkat 3





7
Kecenderungan peningkatan nilai rata-rata UN
3 tahun terakhir
Skor 4 jika Naik lebih dari 1
Skor 3 jika Naik 1
Skor 2 jika Naik 0,01-0,9
Skor 1 jika Tetap





8
Peringkat lomba-lomba keilmuan (olimpiade, lomba
bidang studi, dll) tingkat kabupaten/kota 1 tahun terakhir
Skor 4 jika Peringkat 1
Skor 3 jika Peringkat 2
Skor 2 jika Peringkat 3
Skor 1 jika > Peringkat 3





9
Jumlah kejuaraan non akademis tingkat kabupaten/kota
pada 1 tahun terakhir
Skor 4 jika ≥ 5 kejuaraan juara 1,2, 3
Skor 3 jika 3 – 4 kejuaraan
Skor 2 jika 1 – 2 kejuaraan
Skor 1 jika < 1 kejuaraan





10
Kejuaraan non-akademis yang pernah diraih dalam
3 tahun terakhir
Skor 4 jika Tingkat Nasional tidak memperoleh
Skor 3 jika Tingkat Propinsi skor(tidak diisi)
Skor 2 jika Tingkat Kabupaten/kota
Skor 1 jika Tingkat Kecamatan





11
Kesan umum tentang etika/sopan santun siswa
Skor 4 jika Amat Sangat baik
Skor 3 jika Sangat Baik
Skor 2 jika Baik
Skor 1 jika cukup baik               





12
Kesan umum kedisiplinan siswa
Skor 4 jika Amat Sangat baik
Skor 3 jika Sangat Baik
Skor 2 jika Baik
Skor 1 jika cukup baik






JUMLAH SKOR PEROLEHAN


SKOR MAKSIMAL
48


NILAI AKHIR ( SKOR PEROLEHAN : SKOR MAKSIMALX 100 )


KESIMPULAN :
a.       Kekuatan             : ……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
b.      Kelemahan         : ……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
c.       Saran Pembinaan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kepala Sekolah                                                                                 ………………… , ……………………2016



………………………………..                                                                                     ………………………………………
NIP.                                                                       NIP.




INSTRUMEN PEMANTAUAN
DELAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Nama Sekolah                   :
Alamat                                  :
Nama Kep. Sekolah         :
Materi Pembinaan          : 4. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
NO
STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
SKOR PEROLEHAN
KETR.
4
3
2
1
1
Rasio Jumlah guru terhadap rombongan belajar
Skor 4 jika 10:6
Skor 3 jika 9 : 6
Skor 2 jika< 9 : 6
Skor 1 jika > 9 : 6





2
Tingkat Kelayakan (Kualifikasi) pendidikan guru
Skor 4 jika  : 100%≥ SI
Skor 3 jika  : 75% SI
Skor 2 jika  : 50%SI
Skor 1 jika  < 25% SI





3
Kesesuaian bidang keahlian dengan mata
pelajaran yang diajarkan
Skor 4 jika 100% sesuai
Skor 3 jika 80% - 99% sesuai
Skor 2 jika 70% - 79% sesuai
Skor 1 jika < 70%





4
Rasio tenaga perpustakaan terhadap jumlah siswa
Skor 4 jika 1 :< 240 - 319
Skor 3 jika 1 : 320 - 359
Skor 2 jika 1 : 360
Skor 1 jika 1 :>360





5
Rasio jumlah tenaga Tata Usaha terhadap
rombongan belajar
Skor 4 jika ½ jumlah RB +1
Skor 3 jika ½ jumlah RB
Skor 2 jika ½ jumlah RB -1
Skor 1 jika <½ jumlah RB -1





6
Tingkat pendidikan Kepala Sekolah
Skor 4 jika S2
Skor 3 jika S1
Skor 2 jika D2
Skor 1 jika SPG




















JUMLAH SKOR PEROLEHAN


SKOR MAKSIMAL
24


NILAI AKHIR ( SKOR PEROLEHAN : SKOR MAKSIMALX 100 )






KESIMPULAN :
a.       Kekuatan             : ……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
b.      Kelemahan         : ……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
c.       Saran Pembinaan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kepala Sekolah                                                                                 ………………… , ……………………2016



………………………………..                                                                                     ………………………………………
NIP.                                                                                                                       NIP.


































INSTRUMEN PEMANTAUAN
DELAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Nama Sekolah                   :
Alamat                                  :
Nama Kep. Sekolah         :
Materi Pembinaan          : 5. STANDAR SARANA PRASARANA
NO
STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
SKOR PEROLEHAN
KETR.
4
3
2
1
1
Rasio ruang kelas terhadap rombel
Skor 4 jika > 1 : 1
Skor 3 jika 1 : 1
Skor 2 jika 1 : 1- 1,5
Skor 1 jika 1: > 1,5





2
Rata-rata luas ruang kelas
Skor 4 jika > 63 m2 ( 7 x 9 m2)
Skor 3 jika 56 – 62 m2
Skor 2 jika 49 – 55 m2
Skor 1 jika < 49





3
Keadaan ruang kelas
Skor 4 jika Sangat bersih
Skor 3 jika Bersih
Skor 2 jika Cukup bersih
Skor 1 jika kurang bersih





4
Pencahayaan ruangan
Skor 4 jika Sangat baik
Skor 3 jika Baik
Skor 2 jika Cukup baik
Skor 1 jika kurang baik





5
Sirkulasi udara di kelas
Skor 4 jika Sangat baik
Skor 3 jika Baik
Skor 2 jika Cukup baik
Skor 1 jika Kurang baik





6
Jumlah mebelair (meja, kursi) ruang
kelas terhadap jumlah siswa dan guru
Skor 4 jika Sangat Sesuai
Skor 3 jika Sesuai
Skor 2 jika kurang sesuai
Skor 1 jika tidak sesuai





7
Kelengkapan peralatan praktikum sesuai
dengan topik dalam IPA
Skor 4 jika 100 % topik praktek terpenuhi
Skor 3 jika 80 – 99% topik praktek terpenuhi
Skor 2 jika 70 – 79% topik praktek terpenuhi
Skor 1 jika < 70% topik praktek terpenuhi





8
Luas ruang perpustakaan
Skor 4 jika > 84 m2 (7 x 12) m2
Skor 3 jika 70 – 83 m2
Skor 2 jika 56 – 69 m2
Skor 1 jika < 56 m2





9
Rasio buku bacaan terhadap siswa buku bacaan
Skor 4 jika 3 : 1
Skor 3jika 2 : 1
Skor 2jika 1 : 1
Skor 1 jika < 1:1





10
Rasio buku paket terhadap siswa (setiap mapel)
Skor 4 jika > 1 : 1
Skor 3 jika 1 : 1
Skor 2 jika 1 : 2
Skor 1 jika 1 : > 2





11
Rasio Buku Referensi terhadap siswa (setiap mapel)
Skor 4 jika 3 : 1
Skor 3 jika 2 : 1
Skor 2 jika 1 : 1
Skor 1 jika 1 : > 1





12
Kondisi Buku (penataan dalam rak buku, fisik buku, dll)
Skor 4 jika Sangat Baik
Skor 3 jika Baik
Skor 2 jika Cukup Baik
Skor 1 jika Kurang Baik





13
Frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan setiap hari
Skor 4 jika >= 50 siswa
Skor 3 jika 30 - 49 siswa
Skor 2 jika 10-29 siswa
Skor 1 jika < 10 siswa





14
Luas ruang kepala sekolah
Skor 4jika > 21 m2
Skor 3 jika 16 – 20 m2
Skor 2 jika 12 - 15 m2
Skor 1 jika < 12 m2





15
Kesan umum kelayakan (kebersihan, kerapihan, dll)
Skor 4 jika Sangat Layak
Skor 3 jika Layak
Skor 2 jika cukup Layak
Skor 1 jika kurang layak





16
Luas ruang guru sesuai dengan tipe sekolah
Skor 4 jika 91 m2
Skor 3 jika 70 - 90 m2
Skor 2 jika 42 - 69 m2
Skor 1 jika < 42 m2





17
Kesan umum kelayakan (kebersihan, kerapihan, dll) Ruang guru
Skor 4 jika Sangat Layak
Skor 3 jika Layak
Skor 2 jika cukup layak
Skor 1 jika kurang layak





18
Kelengkapan fasilitas mebeler
Skor 4 jika Sangat Lengkap
Skor 3 jika Lengkap
Skor 2 jika Cukup Lengkap
Skor 1 jika kurang Lengkap





19
Luas ruang tata usaha
Skor 4 jika 42 m2 (6 x 7) m2
Skor 3 jika 36 – 41 m2
Skor 2 jika 30 – 35 m2
Skor 1 jika < 30 m2





20
Kesan umum kelayakan (kebersihan, kerapihan, dll) ruang TU
Skor 4 jika Sangat Layak
Skor 3 jika Layak
Skor 2 jika cukup Layak
Skor 1 jika kurang layak





21
Rasio kamar kecil siswa dengan rombel
Skor 4 jika 1 : <3 belajar )
Skor 3 jika 1 : 3
Skor 2 jika 1 : 4
Skor 1 jika 1 : >4





22
Jumlah kamar kecil untuk guru,Karyawan & Kepala sekolah
Skor 4 jika > 6
Skor 3 jika 5-6
Skor 2 jika 3-4
Skor 1 jika <3





23
Kesan umum kelayakan (kebersihan, kerapihan dll) kamar kecil
Skor 4 jika Sangat Layak
Skor 3 jika Layak
Skor 2 jika cukup Layak
Skor 1 jika kurang Layak





24
Kesan umum tentang 7K(Kedisiplinan, keamanan, kebersihan,
Ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kerindangan)
Skor 4 jika Mencapai 6 – 7 K
Skor 3 jika Mencapai 3 – 5 K
Skor 2 jika Mencapai 2 K
Skor 1 jika Mencapai <2 K





25
Luas lapangan olah raga
Skor 4 jika > 2000 m2
Skor 3 jika 1600 - 2000 m2
Skor 2 jika 1200 - 1599 m2
Skor 1 jika < 1200 m2





26
Lapangan Upacara (untuk sekolah standar nasional 1600 m2)
Skor 4 jika Sangat Layak
Skor 3 jika Layak
Skor 2 jika cukup Layak
Skor 1 jika kurang Layak





27
Kondisi fasilitas air bersih / sanitasi
Skor 4 jika Sangat Baik
Skor 3 jika Baik
Skor 2 jika Cukup Baik
Skor 1 jika kurang Baik





28
Fasilitas Teknologi (telpon, computer, internet, Fax, scan, dll)
Skor 4 jika sangat lengkap
Skor 3 jika lengkap
Skor 2 jika cukup lengkap
Skor 1 jika kurang lengkap





29
Kelengkapan alat peraga / media pembelajaran (OHP, Wall
chart, Clip Chart, benda model, laptop, LCD, VCD tape, TV, dll)
Skor 4 jika Sangat Lengkap
Skor 3 jika Lengkap
Skor 2 jika Cukup Lengkap
Skor 1 jika kurang Lengkap






JUMLAH SKOR PEROLEHAN


SKOR MAKSIMAL
116


NILAI AKHIR ( SKOR PEROLEHAN : SKOR MAKSIMALX 100 )

KESIMPULAN :
a.       Kekuatan             : ……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
b.      Kelemahan         : ……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
c.       Saran Pembinaan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kepala Sekolah                                                                                 ………………… , ……………………2016


………………………………..                                                                                     ………………………………………
NIP.                                                                                                                       NIP.


















INSTRUMEN PEMANTAUAN
DELAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Nama Sekolah                   :
Alamat                                  :
Nama Kep. Sekolah         :
Materi Pembinaan          :  6.  STANDARPENGELOLAAN
NO
STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
SKOR PEROLEHAN
KETR.
4
3
2
1
1
Memiliki rumusan visi/misi sekolah
Skor 4 jika sangat lengkap
Skor 3 jika lengkap
Skor 2 jika cukup lengkap
Skor 1 jika kurang lengkap





2
Memiliki rencana pengembangan sekolah (RPS)
Skor 4 jika sangat lengkap
Skor 3 jika lengkap
Skor 2 jika cukup lengkap
Skor 1 jika kurang lengkap





3
Keterlibatan warga sekolah dan stakeholder dalam Penyusunan RPS
Skor 4 jika Selalu
Skor 3 jika Sering
Skor 2 jika Kadang-kadang
Skor 1 jika tidak pernah





4
Tingkat keterlaksanaan program (dokumen laporan)
Skor 4 jika 91 % - 100 %
Skor 3 jika 71 – 90 %
Skor 2 jika 60- 69 %
Skor 1 jika < 60 %





5
Tingkat keterlibatan masyarakat dalam implementasi program
Skor 4 jika Sangat tinggi
Skor 3 jika Tinggi
Skor 2 jika cukup Tinggi
Skor 1 jika kurang





6
Pelaksanaan evaluasi internal oleh Kepala sekolah
tentang Kinerja Sekolah
Skor 4 jika Selalu
Skor 3 jika Sering
Skor 2 jika Kadang-kadang
Skor 1 jika tidak pernah





7
Pelaksanaan supervisi kelas oleh kepala sekolah atau tim
Khusus yang ditunjuk kepala sekolah kepada guru
Skor 4 jika Selalu
Skor 3 jika Sering
Skor 2 jika Kadang-kadang
Skor 1 jika tidak pernah





8
Terobosan kepala sekolah dalam pengembangan sekolah
Skor 4 jika Sangat Tinggi
Skor 3 jika Tinggi
Skor 2 jika cukup Tinggi
Skor 1 jika kurang





9
Tingkat kerjasama pimpinan sekolah dengan warga sekolah
Skor 4 jika Sangat Baik
Skor 3 jika Baik
Skor 2 jika cukup Baik
Skor 1 jika kurang baik





10
Tingkat keterbukaan pimpinan sekolah dengan warga sekolah
Skor 4 jika Sangat Baik
Skor 3 jika Baik
Skor 2 jika cukup Baik
Skor 1 jika kurang baik






JUMLAH SKOR PEROLEHAN


SKOR MAKSIMAL
40


NILAI AKHIR ( SKOR PEROLEHAN : SKOR MAKSIMALX 100 )


KESIMPULAN :
a.       Kekuatan             : ……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
b.      Kelemahan         : ……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
c.       Saran Pembinaan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kepala Sekolah                                                                                 ………………… , ……………………2016




………………………………..                                                                                     ………………………………………
NIP.                                                                                                                       NIP.












INSTRUMEN PEMANTAUAN
DELAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Nama Sekolah                   :
Alamat                                  :
Nama Kep. Sekolah         :
Materi Pembinaan          : 7. STANDAR PEMBIAYAAN
NO
KOMPONEN STANDAR PELAYANAN
SKOR PEROLEHAN
KETR.
4
3
2
1
1
Rasio ruang kelas terhadap rombel
Skor 4 jika > 1 : 1
Skor 3 jika 1 : 1
Skor 2 jika 1 : 1- 1,5
Skor 1 jika 1: > 1,5





2
Jumlah sumber pendanaan sekolah (Pemerintah pusat,Pemda,komite,dll)
Skor 4 jika > 5 sumber
Skor 3 jika 4 – 5 sumber
Skor 2 jika 3 sumber
Skor 1 jika < 3 sumber





3
Memiliki jaringan penyandang dana selain dari pemerintah
Skor 4 jika lebih dari 2
Skor 3 jika 2
Skor 2 jika 1
Skor 1 jika Tidak Memiliki





4
Usaha penciptaan dana dan pendayagunaan potensi sekolah
Skor 4 jika > 4 usaha
Skor 3 jika 3 – 4 usaha
Skor 2 jika 1 – 2 usaha
Skor 1 jika Tidak memiliki





5
Alokasi anggaran dalam APBS untuk pencapaian standar isi
Skor 4 jika Sangat memadai
Skor 3 jika Memadai
Skor 2 jika cukup Memadai
Skor 1 jika kurang Memadai





6
Alokasi anggaran dalam APBS untuk pencapaian standar tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan
Skor 4 jika Sangat memadai
Skor 3 jika Memadai
Skor 2 jika cukup Memadai
Skor 1 jika kurang Memadai





7
Alokasi anggaran dalam APBS untuk pencapaian standar proses
Skor 4 jika Sangat memadai
Skor 3 jika Memadai
Skor 2 jika cukup Memadai
Skor 1 jika kurang Memadai





8
Alokasi dalam APBS untuk pencapaian standar sarana prasarana pendidikan
Skor 4 jika Sangat memadai
Skor 3 jika Memadai
Skor 2 jika cukup Memadai
Skor 1 jika kurang Memadai





9
Alokasi anggaran dalam APBS untuk pencapaian standar kelulusan
Skor 4 jika Sangat memadai
Skor 3 jika Memadai
Skor 2 jika cukup Memadai
Skor 1 jika kurang Memadai





10
Alokasi anggaran dalam APBS untuk pencapaian standar pengelolaan
Skor 4 jika Sangat memadai
Skor 3 jika Memadai
Skor 2 jika cukup Memadai
Skor 1 jika kurang Memadai





11
Alokasi anggaran dalam APBS untuk pencapaian standar pembiayaan
Skor 4 jika Sangat memadai
Skor 3 jika Memadai
Skor 2 jika cukup Memadai
Skor 1 jika kurang Memadai





12
Alokasi anggaran dalam APBS untuk pencapaian standar penilaian
Skor 4 jika Sangat memadai
Skor 3 jika Memadai
Skor 2 jika cukup Memadai
Skor 1 jika kurang Memadai





13
Pertanggung jawaban administratif sekolah dalam menggunakan dana
Skor 4 jika Sangat baik
Skor 3 jika Baik
Skor 2 jika cukup baik
Skor 1 jika kurang baik





14
Skor 4 jika disampaikan ke Dinas, komite sekolah, orang tua, guru,
siswa, dan warga sekolah
Skor 3 jika disampaikan ke 4 – 5 dari unsur di atas
Skor 2 jika disampaikan 3 dari unsur diatas
Skor 1 jika disampaikan < 3 dari unsur diatas













JUMLAH SKOR PEROLEHAN


SKOR MAKSIMAL
56


NILAI AKHIR ( SKOR PEROLEHAN : SKOR MAKSIMALX 100 )


KESIMPULAN :
a.       Kekuatan             : ……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
b.      Kelemahan         : ……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
c.       Saran Pembinaan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kepala Sekolah                                                                                 ………………… , ……………………2016



………………………………..                                                                                     ………………………………………
NIP.                                                                                                                       NIP






INSTRUMEN PEMANTAUAN
DELAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Nama Sekolah                   :
Alamat                                  :
Nama Kep. Sekolah         :
Materi Pembinaan          : 8. STANDAR PENILAIAN
NO
STANDAR PENILAIAN
SKOR PEROLEHAN
KETR.
4
3
2
1
1
Persentase keberadaan administrasi hasil penilaian
Pembelajaran / mapel dalam 1 semester untuk semua guru
Skor 4 jika> 80 %
Skor 3 jika 70 – 79 %
Skor 2 jika 60 - 69 %
Skor 1 jika < 60%





2
Kemampuan guru dalam mengembangkan sistem penilaian
Skor 4 jika Sangat baik
Skor 3 jika baik
Skor 2 jika cukup baik
Skor 1 jika kurang baik





3
Guru mengembangkan SKBM untuk semua mata pelajaran
Skor 4 jika> 80 %
Skor 3 jika 70 – 79 %
Skor 2 jika 60 - 69 %
Skor 1 jika < 60%





4
Intensitas pelaksanaan penilaian sesuai dengan
pokok bahasan / KD (melihat dokumen) untuk semua guru
Skor 4 jika Sangat Tinggi
Skor 3 jika Tinggi
Skor 2 jika Sedang
Skor 1 jika kurang





5
Variasi penggunaan model penilaian
Skor 4 jika Sangat bervariasi
Skor 3 jika Bervariasi
Skor 2 jika cukup Bervariasi
Skor 1 jika kurang Bervarias





6
Guru melakukan kerjasama dengan pihak lain dalam
mengembangkan instrumen penilaian (KKG) untuk semua mapel
Skor 4 jika> 80 %
Skor 3 jika 70 – 79 %
Skor 2 jika 60 - 69 %
Skor 1 jika < 60%





7
Frekuensi pembahasan pengembangan instrumen setiap
Semester per mapel (minimal 5 mapel)/tema
Skor 4 jika> 4 kali
Skor 3 jika 4 kali
Skor 2 jika 2-3 kali
Skor 1 jika <2 kali






JUMLAH SKOR PEROLEHAN


SKOR MAKSIMAL
28


NILAI AKHIR ( SKOR PEROLEHAN : SKOR MAKSIMALX 100 )







KESIMPULAN :
a.       Kekuatan             : ……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
b.      Kelemahan         : ……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
c.       Saran Pembinaan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kepala Sekolah                                                                                 ………………… , ……………………2016



………………………………..                                                                                     ………………………………………
NIP.                                                                                                                       NIP.



1 komentar so far

mohon link downloadnya dong
biar bisa kita download


EmoticonEmoticon