Friday 27 October 2017

PENDIDIKAN DAN BUDI PEKERTI

pendidikan berasal dari kata didik yang artinya adalah membentuk, mengasuh, mengayomi. pendidikan pada dasarnya ditujukan untuk mencapai keadaan batin sebagai gambaran pengetahuan manusia. pendidikan dimulai seperti kata indah dalam agama islam "utlubul ilma minal mahdi ilal lahdi" tuntutlah ilmu sejak buaian sampai masuk liang lahad.

dalam hadist lain diberitakan juga bahwa tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri china. konsep inilah juga yang sangat menganjurkan kepada anak cucu adam bahwa pendidikan sangat di butuhkan pertama kali sebagai proses terciptanya struktur kehidupan.
sekolah adalah salah satu sarana pendidikan, mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA, PT. dari jenjang-jenjang inipun dapat membentuk budi, etika manusia menurut standar usia nya.
budi adalah susunan arti dari bentuk perilaku sedangkan pekerti keadaan jiwa yang dirasakan dalam perasaan. 
untuk membentuk budi pekerti ini sekolah punya tanggung jawab secara utuh selain pendidikan keluarga tentunya. pendidikan karakter pada dasarnya merupakan bagian dari kurikulum 2013 bertujuan membentuk karakter anak didik, dalam bahasan pendidikan agama islam pun telah dimasukkan kata dasar yaitu pendidikan agama dan budi pekerti. 
jadi pendidikan, pendidikan agama islam sangat berhubungan dengan konsep pendidikan sebagai budi pekerti. sebab budi pekerti seseorang akan terlihat baik dan bermakna jika seseorang telah mencapai kebaikan secara perbuatan, akhlak tingkah laku. 
pendidikan ada dua macam yaitu pendidikan formal dan non formal yang pada dasarnya tujuannya berkonsep kepada kebaikan akhlak dan budi pekerti manusia. 
jadi sangat jelas dan lugas bahwa salah satu metode membentuk manusia ke arah yang lebih baik secara moral dan karakter tentunya dengan pemanfaatan sarana pendidikan baik yang formal maupun non formal, pendidikan akan berhasil kalau di laksanakan dengan kerja sama semua pihak, guru, peserta didik, masyarakat, dinas pendidikan, buku dan sumber-sumber pendidikan lainnya.
rasulullah sangat menganjurkan pendidikan bahkan di salah satu hadist beliau dinyatakan bahwa "ajarlah/didiklah anakmu memanah dan berenang" sungguh apa yang dikatakan oleh rasulullah SAW sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia untuk mengembangkan karakter, budi dan raganya menuju kehidupan yang lebih baik. dan benarlah apa yang semua disabdakan oleh rasulullah tersebut, jadi intinya bahwa pemegang perbaikan budi pekerti manusia di awali dan di akhiri dengan proses pendidikan. 

1 komentar so far


EmoticonEmoticon