Saturday 4 November 2017

APLIKASI GURU PAI

PENDIDIKAN SEDUNIA – Teman-teman OPS dan guru semua sebentar lagi US/M tahun pelajaran 2016/2017 untuk SD/MI akan segera dilaksanakan, segala persiapan tentu sudah mulai dilakukan karena waktunya sudah menghitung hari. Mulai dari administrasi ujian dan persiapan siswa.
Salah satu yang tidak kalah pentingnya adalah administrasi rekap nilai siswa, rekap nilai ini sangat dibutuhkan untuk menjadi bahan pelaporan kepada wali murud, kepala sekolah dan Dinas pendidikan terkait. Setiap mata pelajaran tentu memiliki cara perhitungannya sendiri sesuai dengan kompleksnya materi dan kompetensi dasar yang harus dicapai.
Salah satu mata pelajaran yang kompleks materinya adalah Pendidikan Agama Islam, baik itu di Sekolah Dasar ataupun ditingkat sekolah selanjutnya pendidikan Agama islam memiliki kompleksitas materi yang semakin meningkat, maka penilainnya pun akan semakin kompleks untuk dilakukan karena banyaknya indikator penilaian yang harus dimasukkan dalam aplikasi nilai.
Dalam kenyataannya, Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat bersentuhan dengan tugas berat dalam pembentukan karakter peserta didik yang baik. Pendidikan Agama Islam tetap urgen dalam pendidikan nasional terutama berhubungan dengan peningkatan keimanan dan ketakwaan dalam bingkai pembentukan karakter baik. Perwujudan Pendidikan Agama Islam dalam proses pendidikan harus tetap memperhatikan ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Itulah yang membuat materi Pendidikan Agama Islam menjadi sangat kompleks, selain materi ajaran agama islam yang dimasukkan tetapi harus memasukkan nilai karakter dan  ranah pengetahuan, sikap dan psikomotor dalam proses dan hasil pembelajarannya. 

Nah, pagi ini admin akan share aplikasi penilaian Pendidikan Agama islam untuk Sekolah Dasar, kumpulan aplikasi ini berisi Aplikasi penilaian agama islam KTSP dan K13, rekap penilaian US/USBN Pendidikan Agama islam dan penilaian PAI dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Aplikasi ini tanpa password jadi silahkan bisa di edit semaunya oleh pengguna dan jangan lupa fungsinya yaitu sebagai alat bantu untuk merekap penilaian pembelajaran PAI di sekolah masing-masing.
Akhirnya semoga aplikasi ini bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa sebelum menggunakan aplikasi ini silahkan aktifkan dulu penggunaan macro di Ms excel laptop atau komputer teman-teman semua. Silahkan ambil aplikasi penilaian PAI



EmoticonEmoticon