Saturday 4 November 2017

CERDAS SETIAP HARI

Setiap orang ingin menjadi lebih cerdas. Masalahnya kita tidak bisa begitu saja memberitahu otak untuk menjadi lebih cerdas seperti yang kita inginkan. Namun ada kebiasaan-kebiasaan yang dapat meningkatkan kecerdasan jika kamu berkomitmen untuk melakukannya setiap hari. Apa saja kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuatmu menjadi lebih cerdas seiring waktu?
Uprint.id perusahaan cetak online
  • Tidur awal, bangun awal
Kekurangan tidur itu tidak menyenangkan. Tanpa tidur yang cukup kamu tidak bisa berkonsentrasi secara penuh. Pergilah tidur lebih awal, bangun lebih awal juga, dan jangan tidur lebih dari 8 jam sehari. Tidur terlalu lama juga tidak bagus. Jam-jam awal pada pagi hari adalah waktu paling tenang dan produktif dalam sehari. Jika kamu memiliki kebiasaan tidur larut malam, cobalah untuk mengubahnya dan rasakan manfaat dahsyat dari tidur dan bangun awal. Kamu tidak akan menyesalinya.
  • Olahraga secara teratur
Saat kamu melakukan sesuatu dan menginginkan hasil, kamu harus melakukannya secara konsisten. Hal tersebut berlaku pula untuk olahraga. Olahraga secara teratur memiliki pengaruh yang jauh lebih baik daripada berolahraga berat hanya sebedug sekali. Dengan berolahraga kamu meningkatkan aliran darah ke otak. Produktivitasmu juga akan bertambah saat melakukan olahraga. Kamu bukan hanya akan mendapatkan tubuh yang sehat, tetapi juga pikiran yang sehat dan kuat.

  • Berhenti menonton TV sepanjang hari
Sangatlah nyaman untuk berbaring di sofa dan menonton televisi berjam-jam setiap harinya bukan? Sayangnya menonton TV sepanjang hari akan membuat otakmu kehilangan kemampuannya untuk memikirkan pikiran-pikiran yang cerdas. Selain itu, walaupun rasanya nyaman berada di depan TV sepanjang hari, tidakkah kamu merasa lelah setelah menonton TV berjam-jam? Dengan mata yang sakit dan lelah kamu merasa kamu tak lagi punya tenaga tersisa untuk melakukan hal lainnya. Kamu menjadi malas, otakmu menjadi malas juga, dan perlahan tapi pasti kamu mulai kehilangan kecerdasanmu.

  • Bacalah sesuatu yang menantang
Sesuatu yang menantang itu bisa jadi koran, novel klasik atau materi baca lainnya yang belum pernah kamu baca sebelumnya. Perluas wawasan, tingkatkan kreativitas serta kecerdasan.

  • Mulailah menulis
Banyak orang yang berhasil memiliki kebiasaan menulis setiap harinya, entah itu sebuah jurnal atau diari yang mereka punya atau blog yang mereka tulis. Tidak peduli apa saja, yang penting kamu menulis. Bagaimana menulis dapat meningkatkan kecerdasan? Dengan menulis, kamu mau tak mau menjelaskan pikiran-pikiranmu dan mengubahnya menjadi sesuatu yang konkrit. Jika kamu tidak terbiasa menulis, pasti akan butuh waktu dan banyak usaha pada awalnya, namun seiring berjalannya waktu proses menulis akan menjadi lebih mudah. Tapi tentu saja kebiasaan yang satu ini tidak akan berhasil jika kamu menulis hanya satu paragraf pendek. Cobalah untuk menulis setidaknya 300 kata per hari.

  • Bermeditasi selama beberapa menit
Meditasi dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi stres. Tapi apakah kamu tahu bahwa meditasi dapat membantu meningkatkan kecerdasan? Dengan bermeditasi kamu melatih otakmu untuk fokus dan melarang pikiran yang ngalor ngidul untuk berada di dalam otak. Kamu tak perlu bermeditasi selama satu jam jika memang tidak sempat. Meditasi selama 5 menit saja sudah cukup untuk meningkatkan kecerdasan.


EmoticonEmoticon