Wednesday 8 November 2017

MEMINJAM CATATAN BUDAYA MENGENAL LOMBOK

Tags


PENDIDIKAN SEDUNIA - lombok, lombok sering diartikulasikan sebagai "LOMBOQ" yang secara keartian adalah lurus, jalan yang lurus yang selalu berpegang teguh dengan ajaran nenek moyang yang sangat anggun dan sakral. di pulau inipun terdapat 4 kabupaten besar diantaranya :
1. kabupaten lombok barat beribu kota kabupaten di gerung
2. kabupaten lombok tengah beribu kota kabupaten di praya
3. kabupaten lombok timur yang beribu kota kabupaten di selong
4. kabupaten lombok utara yang beru kota di tanjung.
di tambah 1 kota madya mataram sebagai ibu kota provinsi nusa tenggara barat
suku asli lombok dinamakan "sasak" suku inilah yang mendiami pulau pedas ini, kenapa dinamakan pulau pedas, karna disini tempat salah satu yang terkenal dengan masakannya kulinernya yang super pedas.
lombok seperti surga kecil yang di turunkan dari langit, yang membentang dari kabupaten lombok timur ke kabupaten lombok barat, diantara keindahan alamnya yang tersaji adalah:
gunung rinjani, gili trawangan, pantai kuta, gili air, gili meno, senggigi, tanjung ringgit, sade, bayan, hingga berakhir di kota ampenan.
pulau ini juga terkenal dengan masyarakatnya yang ramah, adatnya yang masih alami, sehingga melahirkan kenyamanan, ketenangan bagi wisatawan yang menginjakkan kaki di tempat ini.
wisata diving, snorkling, fishing, clumbing, mendaki gunung tersedia bagi wisatawan baik domestik dan mancanegara, bahkan setiap tahunnya objek wisata ke pulau ini terus mengalir bertambah setiap tahun. sehingga pemerintah nusa tenggara barat menyatakan sebagai wisata halal yang menyediakan tempat, aktifitas menurut tataran-tataran budaya yang berkembang di pulau ini. adapun produk yang dihasilkan pulai yang sedang di kembangkan oleh gubernur NTB agribisnis, swasembada beras, jagung, kedelai, pengembangan sapi, sehingga dapat meminimalisir tingkat impor bahan-bahan komuditas masyarakat, selain itu sektor-sektor yang digerakkan diharapkan mampu mengurangai kemiskinan dan menambah sektor ketenaga kerjaan. visit lombok!


EmoticonEmoticon