Saturday 4 November 2017

PENGELOLAAN KELAS

PENDIDIKAN SEDUNIA – Teman-teman OPS dan Guru Semua, mengelola kelas tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan secara terus menerus jika kita tidak memiliki mental seorang pendidik yang professional, professional dalam hal mendidik anak-anak dan professional dalam pengelolaan administrasi kelas.
Pengelolaan kelas dalam bahasa Inggris diistilahkan sebagai Classroom Management, itu berarti istilah pengelolaan identik dengan manajemen. Menurut para ahli menejemen merupakan suatu proses tertentu yang menggunakan kemampuan atau keahlian untuk mencapai suatu tujuan yang di dalam pelaksanaannya dapat mengikuti alur keilmuan secara ilmiah dan dapat pula menonjolkan kekhasan atau gaya manajer dalam mendayagunakan kemampuan orang lain.
Beberapa faktor yang mempengaruhi perwujudan pengelolaan kelas diantaranya: 
Kurikulum, Setiap tingkat dan jenis sekolah memerlukan kurikulum yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks dalam perkembangannya. Kurikulum yang dipergunakan di sekolah sangat besar pengaruhnya terhadap aktivitas kelas dalam mewujudkan proses belajar mengajar yang berdaya guna bagi pembentukan pribadi siswa.

Bangunan dan Sarana, Perencanaan dalam membangun sebuah gedung untuk sebuah sekolah berkenaan dengan jumlah dan luas setiap ruangan, letak dan dekorasi nya yang harus disesuaikan dengan kurikulum yang dipergunakan. Akan tetapi karena kurikulum selalu dapat berubah sedangkan ruang/gedung bersifat permanen, maka diperlukan kreativitas dalam mengatur pendayagunaan ruang/gedung yang tersedia berdasarkan kurikulum yang dipergunakan.

Guru, Guru berarti orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang ikut bertanggung jawab dalam membantu anak-anak untuk mencapai kedewasaan masing-masing. Guru bukan sekedar orang yang berdiri di depan kelas untuk menyampaikan materi  pengetahuan tertentu, akan tetapi adalah anggota masyarakat yang harus ikut aktif dan berjiwa bebas serta kratif dalam mengarahkan perkembangan akan didik nya.

Murid, Murid merupakan potensi kelas yang harus dimanfaatkan guru dalam mewujudkan proses belajar mengajar yang efektif. Murid adalah anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang baik secara fisik maupun psikologis dalam rangka mencapai tujuan pendidikannya melalui lembaga pendidikan formal, khususnya berupa sekolah. Murid sebagai unsur kelas memiliki perasaan kebersamaan yang sangat penting artinya bagi terciptanya situasi kelas yang dinamis.

Dinamika Kelas, Kelas adalah kelompok sosial yang dinamis yang harus dipergunakan oleh setiap wali/guru kelas untuk kepentingan murid dalam kependidikannya. Dinamika kelas pada dasarnya berarti kondisi kelas yang meliputi dorongan untuk aktif secara terarah yang dikembangkan melalui kreatifitas dan inisiatif murid sebagai suatu kelompok. Dinamika kelas dipengaruhi oleh cara wali/guru kelas menerapkan administrasi pendidikan dan kepemimpinan pendidikan serta dalam mempergunakan pendekatan pengelolaan kelas.

Bayangkan semua hal di atas harus di manage oleh seorang guru setiap hari demi suksesnya kegiatan belajar mengajar di sekolah ( Aduh!! Capeknya apalagi bagi yang honor dengan gaji tidak seberapa). Alangkah mudahnya jika semua itu bisa kita kelola dengan mudah.
Nah!!, Pagi ini admin akan share sebuah aplikasi Database pengelolaan administrasi kelas, perlu diingat aplikasi ini hanya sebagian alat untuk mempermudah kita melakukan pengelolaan kelas yang begitu ribet jika tidak di manage dengan cermat. Tentu selain aplikasi ini banyak hal juga yang harus dilakukan untuk bisa mewujudkan kelas yang kondusif (Jangan hanya terpaku dengan satu tehnik manage, gunakan tehnik yang lain juga).
Aplikasi ini dibuat menggunakan Ms. Excel macro enabled,,jadi jika teman-teman ingin membuka aplikasi ini agar bisa editable maka macro harus di enabled. Aplikasi ini mirip seperti administrasi kelas tetapi lebih komplit, memegang 1 peranan penting didalam factor pengelolaan kelas seperti yang dipaparkan di atas.




EmoticonEmoticon