Thursday 9 November 2017

INSTRUMEN EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH (CONTOH KUANTITATIF)

INSTRUMEN EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH
(CONTOH KUANTITATIF)

FOKUS/ASPEK EVALUASI
INDIKATOR

DESKRIPSI TEMUAN
1. Disain Kurikulum
Disain kurikulum terencana dan terorganisir
*


*





*



*

Disain kurikulum sudah terencana dan terorganisir sehingga hasilnya efektif

Desain kurikulum sudah terencana dan terorganisir namun masih ada ketidakefektifan dalam beberapa hal

Desain kurikulum terencana dan terorganisir sebagian saja sehingga ada banyak hal yang tidak efektif.

Desain kurikulum tidak terencana dan terorganisir sehingga secara keseluruhan banyak ketidakefektifan.
2. Silabus dan Isi Program
Silabus dan isi program relevan dengan tujuan yang ingin dicapai
*


*



*



*

Silabus dan isi program sudah relevan dengan tujuan yang ingin dicapai

Silabus dan isi program sebagian relevan dengan tujuan yang ingin dicapai

Silabus dan isi program sebagian besar tidak relevan dengan tujuan yang ingin dicapai

Silabus dan isi program tidak relevan dengan tujuan yang ingin dicapai

3. Proses Dan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran dilaksanakan dengan tepat
*


*



*



*

Kegiatan Pembelajaran sudah dilaksanakan dengan tepat

Kegiatan Pembelajaran dilaksanakan dengan tepat namun masih ada beberapa hal belum tepat

Kegiatan Pembelajaran dilaksanakan dengan tidak tepat sehingga banyak tujuan  tidak tercapai

Kegiatan Pembelajaran tidak dilaksanakan dengan tepat
4. Materi dan Bahan Ajar
Materi dan Bahan Ajar digunakan sesuai dengan silabus dan isi program
*


*





*




*

Materi dan Bahan Ajar yang digunakan sudah sesuai dengan silabus dan isi program

Sebagian besar Materi dan Bahan Ajar yang digunakan sesuai dengan silabus dan isi program namun ada beberapa yang tidak sesuai

Materi dan Bahan Ajar yang digunakan tidak sesuai dengan silabus dan isi program sehingga sebagian besar tujuan tidak tercapai

Materi dan Bahan Ajar yang digunakan tidak sesuai dengan silabus dan isi program
5. Guru dan Pelatihan Guru
Guru membantu siswa mencapai tujuan pembelajarannya dengan baik
*


*





*





*

Guru sudah membantu siswa menca-pai tujuan pembelaja-rannya dengan baik

Sebagian besar Guru membantu siswa mencapai tujuan pembelajarannya namun masih ada ketidakefektifan dalam beberapa hal

Guru belum membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran nya sehingga sebagian kecil siswa kesulitan mencapai tujuannya

Guru tidak membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran
nya dengan baik
6. Pemantauan Perkembangan
Persepsi siswa terhadap pembelajaran guru baik
*


*



*





*

Persepsi siswa terhadap pembelajaran guru sudah baik

Persepsi siswa terhadap pembelajaran guru baik namun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan

Persepsi siswa terhadap pembelajaran guru sebagian besar belum baik sehingga banyak siswa merasa tidak pembelajaran guru tidak penting

Persepsi siswa terhadap pembelajaran guru tidak baik
7. Siswa
Layanan administrasi sekolah kepada siswa dilakukan dengan baik
*


*





*




*

Layanan administrasi sekolah kepada siswa sudah baik

Sebagian besar Layanan administrasi sekolah kepada siswa dilakukan dengan baik namun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan

Layanan administrasi sekolah kepada siswa belum baik sehingga sebagian besar kebutuhan siswa belum terlayani

Layanan administrasi sekolah kepada siswa tidak baik
8. Sekolah dan Lingkungan Sekolah
Lingkungan sekolah mendukung pendidikan di sekolah
*


*





*



*

Lingkungan sekolah sudah mendukung pendidikan di sekolah

Lingkungan sekolah mendukung pendidikan di sekolah namun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan

Lingkungan sekolah belum mendukung pendidikan di sekolah sehingga sebagian besar siswa merasa terganggu

Lingkungan sekolah tidak mendukung pendidikan di sekolah
9. Pengembangan Staff
Sekolah mampu meningkatkan keefektifan kinerja karyawan
*


*





*



*

Sekolah sudah mampu meningkatkan keefektifan kinerja karyawan

Sekolah mampu meningkatkan keefektifan kinerja karyawan namun amasih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan

Sekolah belum mampu meningkatkan keefektifan kinerja karyawan sehingga sebagian kebututhan staff belum terlayani

Sekolah tidak mampu meningkatkan keefektifan kinerja karyawannya
10. Pengambilan Keputusan (POS)
Pengambilan Keputusan sekolah dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan
*



*





*





*

Pengambilan Keputusan sekolah sudah dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan

Pengambilan Keputusan sekolah dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan namun masih ada beberapa hal yang tidak

Pengambilan Keputusan sekolah belum dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan sehingga masih banyak keputusan tidak menguntungkan bagi siswa

Pengambilan Keputusan sekolah tidak dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan
JUMLAH SKOR=

KRITERIA: ...............................



Pengawas Evaluator



Drs. Yuli Cahyono, M.Pd
NIP. 132089712


TABEL SKOR AKUNTABILITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH
RENTANG SKOR
KRITERIA
33 - 40
SANGAT BAIK
25 - 32
BAIK
17 - 24
CUKUP
9 - 16
KURANG
0 - 8
SANGAT KURANG




Format-
Kuesioner tentang desain kurikulum untuk kepala sekolah, wakil kepala dan guru (masing-masing 1)

DAFTAR PERTANYAAN  (C0NTOH)

NO.
PERTANYAAN
JAWABAN
1.
·  Coba Anda jelaskan bagaimana rasional (latar belakang dan alasan-alasannya) dari kurikulum yang sudah Anda buat? 

2.
·  Bagaimana Anda menterjemahkan prinsip-prinsip penyusunan kurikulum ke dalam kurikulum yang Anda buat tadi?

3.
·  Coba Anda jelaskan kembali kerangka dasar dari kurikulum Anda tersebut?

4.
·  Coba gambarkan deskripsi dari setiap bagian yang ada di kurikulum Anda?

5.
·  Bagaimana strategi yang Anda susun agar tujuan kurikulum anda tercapai?

6.
·  Apa Anda sudah menyusun juga kalender akademiknya?

7.
·  Penilaian seperti apa yang anda kehendaki dalam kurikulum anda?

8.
·  Bagaimana juga administrasi pelaporan perkembangan belajar siswa menurut kurikulum anda?

9.
·  Apakah di dalam kurikulum anda juga mencantumkan tata tertib sekolah?

10.
·  Apakah di dalam kurikulum anda juga memasukkan kegiatan ekstra kurikuler?

11.
·  Apakah anda juga menyiapkan pedoman pelaksanaan bagi kurikulum tersebut?

12
·  Jika seandainya kurikulum anda mengandung kesalahan atau kelemahan, upaya apa yang anda sudah persiapkan untuk itu?





Format-
Kuesioner tentang Silabus dan Isi Program untuk kepala sekolah, wakil kepala dan guru (masing-masing 1)

DAFTAR PERTANYAAN  (C0NTOH)

NO.
PERTANYAAN
JAWABAN
1.
·  Coba jelaskan bagaimana anda menyusun silabus di kurikulum anda?

2.
·  Apakah kompetensi dasar dalam kurikulum anda sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang dikehendaki?

3.
·  Bagaimana anda menentukan indikator keberhasilan dari setiap kompetensi dasar yang anda buat?

4.
·  Apakah standar kelulusan yang anda tentukan sudah sesuai dengan standar kelulusan yang dikehendaki?

5.
·  Dari mana anda mengembangkan materi pembelajaran dalam kurikulum anda?

6.
·  Apakah kegiatan pembelajaran di kurikulum anda bisa membantu siswa mencapai tujuan pembelajaannya?

7.
·  Apakah penilaian yang anda buat bisa mengukur tujuan pembelajaran yang sudah anda tetapkan?

8.
·  Coba sebutkan buku-buku sumber yang digunakan dalam kurikulum anda?

9.
·  Apakah isi program di kurikulum anda sudah relevan dengan tujuan yang dikehendaki?

10.
·  Apakah setiap guru membuat program tahunan, apa saja isi dari program tahunan guru tersebut?

11.
·  Apakah setiap guru juga membuat program semester, apa saja isi dari program semester guru tersebut?





Format-
Kuesioner tentang Proses Kegiatan Pembelajaran untuk kepala sekolah, wakil kepala, guru dan siswa (masing-masing 1)

DAFTAR PERTANYAAN  (C0NTOH)

NO.
PERTANYAAN
JAWABAN
1.
·  Coba anda jelaskan tentang metode pembelajaran yang anda terapkan di kelas?

2.
·  Media belajar apa saja yang anda gunakan dalam pembelajaran?

3.
·  Bagaimana anda mengelola kelas-kelas yang ada?

4.
·  Coba anda jelaskan tentang waktu belajar siswa?

5.
·  Bagaimana Anda mengevaluasi prestasi siswa?

6.
·  Coba gambarkan interaksi apa yang terjadi antara guru dan murid di kelas?

7.
·  Bagaimanakah peran guru di kelas?

8.
·  Apakah siswa juga mendapat pekerjaan rumah?

9.
·  Adakah program pengayaan dan remidal dalam pengelolaan kegiatan belajar anda?

10.
·  Apakah sekolah juga melaksanakan supervisi di kelas?

11.
·  Adakah layanan konseling kepada siswa yang membutuhkan?

12
·  Bagaimana anda menanamkan kedisiplinan kepada siswa?





Format-
Kuesioner tentang Materi dan Bahan Ajar untuk kepala sekolah, wakil kepala, gurudan siswa (bisa lebih dari 1)

DAFTAR PERTANYAAN  (C0NTOH)

NO.
PERTANYAAN
JAWABAN
1.
·  Bahan ajar apa saja yang anda gunakan dalam pembelajaran di kelas?

2.
·  Coba anda jelaskan kesesuaian antara bahan ajar yang anda gunakan dengan tujuan yang ingin dicapai?

3.
·  Apakah ada bahan ajar lain yang anda gunakan dalam pembelajaran di kelas?

4.
·  Apakah bahan tambahan tersebut sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai?

5.
·  Apakah guru di kelas juga menggunakan lembar kerja siswa?

6.
·  Coba anda jelaskan urgensi dari penggunaan lembar kerja siswa itu?





FPormat-
Kuesioner tentang Guru dan Pelatihan Guru untuk kepala sekolah, wakil kepala dan guru (bisa lebih dari 1)

DAFTAR PERTANYAAN  (C0NTOH)

NO.
PERTANYAAN
JAWABAN
1.
·  Coba sebutkan diklat apa saja yang telah Anda ikuti selama bekerja sebagai guru di sekolah ini?

2.
·  Apakah diklat itu relevan dengan kebutuhan guru?

3.
·  Apakah Anda sebagai guru juga mempunyai forum diskusi dengan teman seprofesi?

4.
·  Coba jelaskan forum pertemuan apa saja yang tersedia bagi guru di sekolah ini?

5.
·  Apakah guru-guru di sekolah ini juga aktif di MGMP/KKG?

6.
·  Coba jelaskan manfaat dari MGMP/KKG itu bagi guru?





Format-
Kuesioner tentang Pemantauan Perkembangan untuk kepala sekolah, wakil kepala, guru dan karyawan non kependidikan (masing-masing 1)

DAFTAR PERTANYAAN  (C0NTOH)

NO.
PERTANYAAN
JAWABAN
1.
·  Coba jelaskan tentang program monitoring dan evaluasi yang sudah dilakukan di sekolah anda?

2.
·  Apakah anda mendapatkan penjelasan atau program tindak lanjut dari hasil monitoring dan evaluasi yang telah dilakukan di sekolah?

3.
·  Apakah sekolah memberikan keleluasaan bagi semua pihak untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran?

4.
·  Apakah sekolah mendukung upaya guru untuk melakukan upaya meningkatkan kinerjanya?

5.
·  Coba jelaskan upaya yang dilakukan sekolah dalam mengelola kedisiplinan sekolah?

6.
·  Coba anda jelaskan bagaimana upaya sekolah merawat motivasi belajar siswa?

7.
·  Apakah upaya yang dilakukan dalam meningkatkan motivasi siswa itu efektif?

8.
·  Bagaimana anda menerapkan budaya sekolah: asih, asah, asuh?





Format-
Kuesioner tentang Layanan untuk siswa (bisa lebih dari 1)

DAFTAR PERTANYAAN  (C0NTOH)

NO.
PERTANYAAN
JAWABAN
1.
·  Coba anda jelaskan bagaimana upaya sekolah dalam memberikan pelayanan kepada siswa sesuai dengan yang dibutuhkan?

2.
·  Bagaimana koordinasi antar komponen sekolah dalam pemberian pelayanan kepada siswa?

3.
·  Apakah sekolah memberikan jaminan keselamatan kepada siswa?

4.
·  Bagaimanakah upaya sekolah dalam memerikan rasa aan kepada siswa?

5.
·  Apakah sekolah juga memiliki bank data yang dibutuhkan siswa?

6.
·  Bagaimana sekolah memberikan pelayanan dalam hal kesehatan?

7.
·  Bagaimana upaya yang dilakukan sekolah dalam mengendalikan asupan nutrisi siswa?

8.
·  Apakah sekolah juga memberikan jaminan transportasi bagi siswa yang membutuhkan?

9.
·  Bagaimana sekolah mengelola sistem informasi manajemenya?

10.
·  Apakah sistem informasi itu memberikan manfaat kepada semua komponen sekolah?





Format-
Kuesioner tentang Sekolah dan Lingkungan Sekolah untuk kepala sekolah, wakil kepala, guru, siswa dan masyarakat sekitar (bisa lebih dari 1)

DAFTAR PERTANYAAN  (C0NTOH)

NO.
PERTANYAAN
JAWABAN
1.
·  Apakah fasilitas sekolah sudah memenuhi kebutuhan semua komponen sekolah?

2.
·  Bagaimana upaya sekolah dalam memenuhi kebutuhan fasilitas sekolah?

3.
·  Coba jelaskan bagaimana kondisi peralatan yang dimiliki sekolah?

4.
·  Bagaimanakah sekolah melakukan perawatan peralatan dan fasilitas yang ada?

5.
·  Apa yang dilakukan sekolah bila ada peralatan atau fasilitas sekolah yang rusak?

6.
·  Bagaiman kualitas hubungan sosial antara semua komponen sekolah?

7.
·  Bagaimana sekolah menyelesaikan bilamana ada konflik terjadi?

8.
·  Coba jelaskan upaya sekolah dalam hal membangun kemitraan dengan institusi lain?

9.
·  Apakah jejaring yang sudah dibuat berhasil efektif dalam meningkatkan kinerja sekolah?

10.
·  Coba sebutkan institusi mana saja yang telah menjadi mitra sekolah selama ini?





Format-
Kuesioner tentang Pengembangan Staff untuk karyawan non kependidikan (bisa lebih dari 1)

DAFTAR PERTANYAAN  (C0NTOH)

NO.
PERTANYAAN
JAWABAN
1.
·  Coba anda jelaskan sistem pengelolaan pegawai di sekoah anda?

2.
·  Bagaimana sekolah memberikan penghargaan dan prestasi pegawai?

3.
·  Apakah sekolah mendukung upaya pengembangan profesi pegawai?

4.
·  Dalam pelaksanaan tugas, apakah sekolah memberikan pendelegasian secara penuh?

5.
·  Bagaimana kualitas komunikasi antar pegawai di sekolah?

6.
·  Apakah sekolah memiliki program untuk meningkatkan kualitas komunikasi pegawai?

7.
·  Iklim kerja yang bagaimana yang sudah dibangun sekolah selama ini?

8.
·  Apakah iklim kerja sekolah selama ini mendukung pencapaian tujuan yang ditetapkan?

9.
·  Apakah sekolah mempunyai daya adaptasi yang baik untuk mengikuti perubahan?

10.
·  Bagaimana sekolah menyesuaikan diri dengan perubahan yang akan dilakukan?





Format-
Kuesioner tentang Pengambilan Keputusan (POS) untuk kepala sekolah, wakil kepala, guru, karyawan dan siswa (masing-masing 1)

DAFTAR PERTANYAAN  (C0NTOH)

NO.
PERTANYAAN
JAWABAN
1.
·  Apakah sekolah memiliki prosedur tetap dalam setiap pengambilan keputusan?

2.
·  Apakah prosedur itu juga dilengkapi dengan instruksi kerja yang memadai?

3.
·  Apakah pengambilan keputusan sekolah berjalan efektif selama ini?

4.
·  Bagaimana sekolah menerapkan semangat taat hukum pada setiap keputusan yang dibuat?

5.
·  Bagaimana sekolah menerapkan taat etika pada setiap keputusan yang dibuat?

6.
·  Bagaimana sekolah menerapkan norma pada setiap pengambilan keputusan?

7.
·  Bagiamana sekolah mengelola resiko atas semua keputusan yang sudah dibuat?

8.
·  Coba jelaskan bagiaman sekolah mengelola keputusan makro yang akan dibut?

9.
·  Jelaskan juga bagaimana sekolah mengambil keputusan yang bersifat mikro?

10.
·  Apakah proses pengambilan keputusan itu selalu melibatkan banyak pihak?





EmoticonEmoticon