Tuesday 7 November 2017

SILABUS PAI

Format SilabusEdisi04-03-2013
SILABUS
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan    :   SD
Kelas                      :   I (satu)
Kompetensi Inti     :

KI 1   :   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2   :   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3   :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4   :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

1.1     Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2     Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
1.3     Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
1.4     Terbiasa bersuci sebelum beribadah
1.5     Terbiasa membaca Basmalah setiap memulai aktivitas







2.1     Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman sifat “shiddiq” Rasulullah SAW
2.2     Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31): 14
2.3     Memiliki perilaku hormat kepada sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.4     Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
2.5     Memiliki sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ikhlas
2.6     Memiliki sikap yang baik ketika berbicara sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 83
2.7     Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq (96): 1-5
2.8     Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci






3.12    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw

4.12    Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
Kisah keteladanan dan kasih sayang  Nabi Muhammad saw



Mengamati
·       Menyimak kisah keteladanan nabi Muhammad saw secara klasikal maupun individual.
·       Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Muhammad saw baik secara klasikal atau individual

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang ketelaladanan Nabi Muhammad saw
·       Mengajukan pertanyaan terkait dengan keteladanan Nabi Muhammad saw

Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji yang terdapat pada kisah keteladanan nabi Muhammad saw
·       Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Muhammad saw baik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·       Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Muhammad saw secara individual atau kelompok
·       Menguhubungkan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw dengan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari

Komunikasi
·       Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Muhammad saw secara kelompok
·       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·       Mengisi rubrik tentang sikap kasih sayang
·       Menceritakan isi gambar tentang bentuk kasih sayang terhadap sesama

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterait dengan
·       menceritakan isi gambar tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
·       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·       Membuat paparan tentang perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari

Tes
·       Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang sikap kasih sayang

1 x 4 jam pelajaran
·   Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
·   Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·   Gambar/ Poster
·   Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.3      Mengenal makna Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik

4.3      Melafalkan Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik


ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik

Mengamati
·       Mencermati pelafalan dan menyimak arti asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim dan al-Malik secara klasikal, kelompok maupun individual.
·       Mengamati gambar contoh ar-Rahman, ar-Rahim dan al-Maliknya Allah secara klasikal atau individual

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kasih sayang Allah Swt
·       Memotivasi peserta didik bertanya, misalnya sebutkan bentuk kasih sayang Allah!

Eksperimen/Explore
·       Secara berkelompok mendiskusikan isi gambar tentang ar-Rahman, ar-Rahim dan al-Maliknya Allah baik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·       Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang ar-Rahman, ar-Rahim dan al-Maliknya Allah
·       Menguhubungkan kasih sayang Allah Swt dengan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari

Komunikasi
·       Menirukan pelafalan dan arti Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim dan al-Malik secara klasikal, kelompok maupun individual.
·       Menampilkan pelafalan Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim dan al-Maliksecara berulang kali baik secara individual atau berkelompok
·       Menyampaikan hasil diskusi tentang ar-Rahman, ar-Rahim dan al-Maliknya Allah secara kelompok
·       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·       Mengisi rubrik tentang kasih sayang Allah
·       Melafalkan ar-Rahman, ar-Rahim dan al-Malik
·       Menceritakan kasih sayang dalam keluarga
·       Diskusi kelompok tentang sikap kasih sayang kepada sesama teman

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkaitdengan
·       menceritakan isi gambarkasih sayang Allah
·       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·       Membuat paparantentang kemampuan melafalkan ar-Rahman dan ar-Rahim dan maknanya

Tes
·       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·       Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari

4 x 4 jam pelajaran
·   Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
·   Kisah dan  Makna 99 Asmaul Husna untuk Anak
·   Gambar/ Poster
·   Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
4.2.1      Melafalkan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas

4.2.2      Menunjukkan hafalan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas

3.2          Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S al Fatihah, al-Ikhlas dan al ’Alaq (96): 1-5

Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq
Mengamati
·       Mencermati pelafalan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq secara klasikal atau individual
·       Menyimak  pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq secara klasikal atau individual

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang pelafalan, hafalan dan pesan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq
·       Mengajukan pertanyaan, misalnyasiapakah yang sudah mengetahui lafal Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas?

Eksperimen/Explore
·       Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq secara kelompok
·       Secara berpasangan mendiskusikan tentang keterkaitan pesan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq dengan kehidupan sehari-hari

Asosiasi
·       Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentangpesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq
·       Menghubungkan tentang pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq dengan kehidupan sehari-hari

Komunikasi
·       Menirukan pelafalan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq secara klasikal, kelompok maupun individual
·       Menampilkan pelafalan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq secara berulang-ulang baik secara individual atau berkelompok
·       Menghafal bacaan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq ayat per ayat sesuai makharijul huruf secara  berulang-ulang baik secara klasikal, kelompok maupun individual.
·       Menampilkan hafalan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq baik secara individu maupun perwakilan kelas atau kelompok.
·       Menyampaikan hasil diskusi tentang  pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq secara kelompok atau individual
·       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·       Mengisi rubrik tentang pelafalan, menghafal dan pesan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq
·       Melafalkan dan menghafal Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq secara individual atau klasikal

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasitentang
·       pelafalan, menghafal dan menyebutkan pesan-pesan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq
·       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·       Membuat paparan tentang kegiatan melafalkan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq dalam berbagai kegiatan ibadah

Tes
·       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat tentang pesan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq
·       Tes lisan berupa melafalkan dan Q.S. al-Fatihah dan al-Ikhlas
9 x 4jam pelajaran
·   Al Quran dan terjemahnya
·   Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
·   Poster tulisan
·   Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.1       Mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap

4.1       Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
Huruf hijaiyyah dan harakatnya
Mengamati
·       Mencermati pelafalan huruf hijaiyyah dan harakatnya

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang huruf hijaiyah dan harakatnya
·       Mengajukan pertanyaan, misalnya berapakah jumlah huruf hijaiyah? lafalkan huruf-huruf  hijaiyah?

Eksperimen/Explore
·       Melafalkan secara berulang-ulang sampai kadar pelafalannya baik. pelafalan huruf dilakukan peserta didik secara klasikal, kelompok maupun individual
·       Melafalkan huruf hijaiyyah berharakat huruf per huruf sesuai makharijul huruf dengan berulang-ulang, baik secara individual maupun berkelompok.
·       Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat secara individual dengan bimbingan pendidik

Asosiasi
·       Membuat rumusan tentang klasifikasi pelafalan huruf hijaiyah dan harakatnya
·       Mengidentifikasi huruf hijaiyah dari tingkat yang paling mudah dan sukar

Komunikasi
·       Menirukan pelafalan huruf per huruf sesuai makharijul huruf secara klasikal, kelompok maupun individual.
·       Menyampaikan hasil diskusi tentang  pelafalan huruf hijaiyah secara kelompok atau individual
·       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·       Mengisi rubrik tentang melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya
·       Melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya secara individual dan kelompok

Observasi
·       Mengamati pelafalan  huruf hijaiyah dan harakatnya sesuai makharijul huruf

Portofolio
·       Membuat paparan tentang kegiatan dalam melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya sesuai makharijul huruf


Tes
·       Tes bentuk lisan melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya
2 x 4jam pelajaran
·   Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
·   Buku Belajar Huruf Hijaiyyah
·   Poster tulisan
·   Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.6       Mengenal tata cara bersuci

4.6       Mempraktikkan tatacara bersuci


Bersuci dan Tatacaranya
Mengamati
·       Menyimak tatacara bersuci (mandi dan istinja) secara klasikal atau individual
·       Mengamati gambar contoh tatacara bersuci (mandi) secara klasikal atau individual

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang bersuci dan tatacaranya
·       Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan macam bersuci! Bagaimana caranya bersuci yang baik?

Eksperimen/Explore
·       Mendiskusikan isi gambar contoh tatacara bersuci (mandi) baik secara klasikal maupun kelompok.
·       Mendiskusikan tatacara bersuci baik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·       Membuat rumusan hasil diskusi  tentang bersuci dan tatacaranya
·       Mengidentifikasi kegiatan bersuci

Komunikasi
·       Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh tatacara bersuci (mandi) secara kelompok
·       Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang contoh tatacara bersuci (mandi) secara individual atau kelompok
·       Mempraktikkan/mensimulasikan tata bersuci baik secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar
·       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·       Mengisi rubrik tentang bersuci dan tatacaranya
·       Tugas kelompok Menunjukkan dan menjelaskan gambar tentang bersuci dan tatacaranya

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·       menceritakan isi gambar tentang tatacara bersuci
·       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·       Membuat paparan tentang tatacara bersuci

Tes
·       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·       Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang bersuci dan tatacaranya
·       Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja/simulasi kegiatan bersuci

3 x 4 jam pelajaran
·   Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
·   Buku Fiqih Ibadah
·   Gambar/ Poster
·   Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.8    Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam a.s.


4.8    Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
Kisah Keteladanan Nabi Adam a.s.
Mengamati
·       Menyimak  kisah keteladanan nabi Adam a.s. secara klasikal maupun individual.
·       Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Adam a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
·       Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?

Eksperimen/Explore
·       Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Adam a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·       Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Adam a.s.
·       Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Adam a.s.

Komunikasi
·       Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Adam a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·       Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Adam a.s. secara kelompok
·       Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Adam a.s. secara individual atau kelompok
·       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·       Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Adam a.s.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·       menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Adam a.s.
·       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·       Membuat paparan tentang keteladanan nabi Adam a.s.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·       Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Adam a.s.

1 x 4jam pelajaran
·   Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
·   Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·   Gambar/ Poster
·   Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.10    Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.

4.10    Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
Kisah Keteladanan Nabi Nuh a.s.
Mengamati
·       Menyimak  kisah keteladanan nabi Nuh a.s. secara klasikal maupun individual.
·       Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Nuh a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.

Eksperimen/Explore
·       Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Nuh a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·       Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Nuh a.s.
·       Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.

Komunikasi
·       Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Nuh a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·       Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Nuh a.s. secara kelompok
·       Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Nuh a.s. secara individual atau kelompok
·       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·       Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Nuh a.s.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·       menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Nuh a.s.
·       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·       Membuat paparan tentang keteladanan nabi Nuh a.s.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·       Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Nuh a.s.
1 x 4jam pelajaran
·   Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
·   Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·   Gambar/ Poster
·   Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.11    Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s

4.11    Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
Kisah Keteladanan Nabi Hud a.s.
Mengamati
·       Menyimak  kisah keteladanan nabi Hud a.s. secara klasikal maupun individual.
·       Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Hud a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Hud a.s.

Eksperimen/Explore
·       Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Hud a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·       Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Hud a.s.
·       Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Hud a.s.

Komunikasi
·       Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Hud a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·       Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Hud a.s. secara kelompok
·       Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Hud a.s. secara individual atau kelompok
·       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·       Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Hud a.s.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·       menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Hud a.s.
·       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·       Membuat paparan tentang keteladanan nabi Hud a.s.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·       Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Hud a.s.

1 x 4jam pelajaran
·   Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
·   Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·   Gambar/ Poster
3.9  Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s

4.9  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
Semangat Belajar Nabi Idris a.s.
Mengamati
·       Menyimak  kisah keteladanan nabi Idris a.s. secara klasikal maupun individual.
·       Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Idris a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Idris a.s.

Eksperimen/Explore
·       Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Idris a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·       Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Idris a.s.
·       Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Idris a.s.

Komunikasi
·       Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Idris a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·       Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Idris a.s. secara kelompok
·       Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Idris a.s. secara individual atau kelompok
·       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·       Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Idris a.s.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·       menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Idris a.s.
·       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·       Membuat paparan tentang keteladanan nabi Idris a.s.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·       Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Idris a.s.

1 x 4jam pelajaran
·   Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
·   Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·   Gambar/ Poster
·   Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
4.5  Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas

3.5  Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah belajar
Doa sebelum dan sesudah belajar
Mengamati
·       Mencermati pelafalan doa sebelum dan sesudah belajar secara klasikal atau individual

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang doa sebelum dan sesudah belajar
·       Mengajukan pertanyaan, apakah kamu selalu berdoa ketika memulai belajar?coba lafalkan doa sebelum dan sesudah belajar!

Eksperimen/Explore
·       Secara berkelompok mendiskusikan isi gambar tentang berdoa dalam belajar secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·       Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang berdoa sebelum dan sesudah belajar
·       Mengidentifikasi kegiatan berdoa sebelum dan sesudah belajar

Komunikasi
·       Menirukan pelafalan doa sebelum dan sesudah belajar Secara klasikal, kelompok maupun individual
·       Menampilkan pelafalan doa sebelum dan sesudah belajar secara berulang-ulang baik secara individual atau berkelompok
·       Menyebutkan arti doa sebelum dan sesudah belajar dengan berulang-ulang yang dilakukan secara berpasangan dan bergantian
·       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·       Mengisi rubrik tentang kegiatan berdoa sebelum dan sesudah belajar

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·       menceritakan isi gambar tentang berdoa sebelum dan sesudah belajar
·       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·       Membuat paparan tentang berdoa sebelum dan sesudah belajar

Tes
·       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·       Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang berdoa sebelum dan sesudah belajar
2 x 4 jam pelajaran
·   Al Quran dan terjemahnya
·   Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
·   Buku doa-doa pilihan
·   Poster tulisan
·   Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
4.4       Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas

3.4       Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama
Dua Kalimat Syahadat
Mengamati
·       Mencermati pelafalan dua kalimat syahadat kata per kata secara klasikal atau individual.
·       Menyimak arti dua kalimat syahadat (syahadat tauhid dan Rasul) secara klasikal atau individual

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang pelafalan dan makna dua kalimat syahadat
·       Mengajukan pertanyaan, misalnya coba lafalkan dua kalimat syahadat!

Eksperimen/Explore
·       Secara kelompok melafalkan dua kalimat syahadat kata per kata
·       Secara berpasangan Mengartikan dua kalimat syahadat (syahadat tauhid dan Rasul)

Asosiasi
·       Melakukan koreksi pada pelafalan dua kalimat syahadat dan;
·       Melakukan koreksi dalam mengartikan dua kalimat syahadat

Komunikasi
·       Menirukan pelafalan dua kalimat syahadat kata per kata secara klasikal, kelompok maupun individual.
·       Menampilkan pelafalan dua kalimat syahadat secara berulang baik secara individual atau berkelompok
·       Mengartikan dua kalimat syahadat (syahadat tauhid dan Rasul) secara klasikal, kelompok maupun individual
·       Mengartikan dua kalimat syahadat (syahadat tauhid dan Rasul) dengan berulang-ulang yang dilakukan dengan berpasangan dan bergantian secara klasikal, kelompok maupun individual
·       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·       Mengisi rubrik tentang pelafalan dan makna dua kalimat syahadat
·       Melafalkan dua kalimat syahadat

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·       Melafalkan dua kalimat syahadat dan maknanya
·       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·       Membuat paparan tentang kemampuan melafalkan dua kalimat syahadat dan maknanya

Tes
·       Tes dalam bentuk lisan dengan mengartikan dua kalimat syahadat

2 x 4 jam pelajaran
·   Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
·   Poster tulisan
·   Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.7       Memahami șalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan

4.7.1   Melaksanakan shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan

4.7.2   Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
Șalat Wajib dan Mengaji
Mengamati
·       Menyimak penjelasan  șalat wajib 5 waktu dan bilangan rakaatnya, dan kegiatan agama di sekitar rumah secara klasikal atau individual
·       Mengamati gambar praktik șalatdan kegiatan agama di sekitar rumah baik secara klasikal atau individual

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang melakukan Șalat wajib dan Mengaji
·       Mengajukan pertanyaan, misalnya apakah kalian terbiasa melakukan Șalat! Berapa waktu dalam sehari semalam?

Eksperimen/Explore
·       Mendiskusikan isi gambar tentang Șalat wajib dan mengaji baik secara klasikal maupun kelompok.
·       Mengidentifikasi pengamalan Șalat wajib dan mengaji dalam kehidupan sehari-hari

Asosiasi
·       Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang kegiatanȘalat wajib dan mengaji
·       Mengidentifikasi kegiatan Șalat wajib dan mengaji dalam kehidupan sehari-hari

Komunikasi
·       Menyampaikan hasil diskusi secara kelompok
·       Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang șalat wajib 5 waktu dan bilangan rakaatnya, dan kegiatan agama di sekitar rumah secara individual atau kelompok
·       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·       Mengisi rubrik tentang șalat wajib 5 waktu dan bilangan rakaatnya, dan kegiatan agama di sekitar rumah
·       Tugas kelompok menceritakan kegiatan Șalat wajib dan Mengaji

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·       menceritakan isi gambar tentang Șalat wajib dan mengaji
·       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·       Membuat paparan tentang kegiatan Șalat wajib dan mengaji di sekitar rumah

Tes
·       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·       Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang Șalat wajib dan mengaji

3 x 4 jam pelajaran
·   Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
·   Buku tentang șalat wajib
·   Gambar/ Poster
·   Kertas/kartu nama-nama șalat wajib dan bilangan rakaatnya
·   Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.13    Memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru

4.4       Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
Hormat dan Patuh kepada orangtua dan guru
Mengamati
·       Menyimak penjelasan pentingnya memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga secara klasikal atau individual.
·       Mengamati gambar contoh hormat dan patuh kepada orangtua, guru sesama anggota keluarga secara klasikal atau individual

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga
·       Mengajukan pertanyaan, misalnya apakah kewajiban kalian kepada orangtuamu?

Eksperimen/Explore
·       Mendiskusikan isi gambar tentang hormat dan patuh kepada orangtua,
·       Mendiskusikan isi gambar tentang hormat dan patuh kepada guru
·       Mendiskusikan isi gambar tentang hormat  kpada sesama anggota keluarga baik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·       Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga
·       Mengidentifikasi dalam berbagai kegiatan tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga

Komunikasi
·       Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga secara kelompok
·       Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga secara individual atau kelompok
·       Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi perilaku hormat  dan patuh kepada orangtua, guru secara individual maupun kelompok
·       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·       Mengisi rubrik tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·       menceritakan isi gambar tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga
·       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·       Membuat paparan tentang kegiatan tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga

Tes
·       Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga
·       Tes dalam bentuk psikomotorik dengan mencontohkan contoh perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga

3 x 4 jam pelajaran
·   Al Quran dan terjemahnya
·   Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
·   Gambar/ Poster tulisan
·   Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.14 Memahami perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga

4.5    Mencontohkan perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
Mengamati
·       Menyimak penjelasan pentingnya memiliki perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga secara klasikal atau individual.
·       Mengamati gambar contoh perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga secara klasikal atau individual

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
·       Mengajukan pertanyaan, misalnya apakah kewajiban kalian kepada sesama anggota keluarga?

Eksperimen/Explore
·       Mendiskusikan isi gambar tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
·       Mendiskusikan isi gambar tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
·       Mendiskusikan isi gambar tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga baik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·       Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
·       Mengidentifikasi dalam berbagai kegiatan tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga

Komunikasi
·       Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga secara kelompok
·       Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga secara individual atau kelompok
·       Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga secara individual maupun kelompok
·       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·       Mengisi rubrik tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·       menceritakan isi gambar tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
·       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·       Membuat paparan tentang kegiatan tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga

Tes
·       Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
·       Tes dalam bentuk psikomotorik dengan mencontohkan contoh perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
3 x 4 jam pelajaran
·   Al Quran dan terjemahnya
·   Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
·   Gambar/ Poster tulisan
·   Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video


EmoticonEmoticon