Sunday 5 November 2017

IPA UNTUK SD

PENDIDIKAN SEDUNIA – Teman-teman OPS dan Guru semua, Siang yang cerah ini admin akan membahas dan share aplikasi edukasi Pelajaran IPA di Sekolah Dasar berbasis Komputer yang bisa menjadi pilihan media pembelajaran Guru di Sekolah masing-masing.
Seperti yang kita ketahui,  Pelajaran IPA berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaa kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA di harapkan dapat menjadi wahana bagi pesera didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.
Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjeljahi dan memahami alam sekitar secara alamiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam atau alam sekitar.
Sains/IPA mempunyai potensi yang dapat membentuk kepribadian siswa secara keseluruhan dan mempunyai nilai-nilai pendidikan. Seperti dapat mencari informasi di lingkungan mengenai pemakaian dan pemanfaatan air dalam kehidupan sehari-hari. Selain siswa mendapatkan pengetahuan, melatih untuk mandiri dan berani terhadap lingkungan sosial dalam mencari atau menemukan jawaban sendiri.
 Pandangan Vygotsky dan para ahli psikologi kognitif yang lebih mutakhir adalah penting dalam memahami penggunaan-penggunaan strategi belajar karena tiga alasan. Pertama, mereka menggarisbawahi peran penting pengetahuan awal dalam proses belajar. Dua, mereka membantu kita memahami pengetahuan dan perbedaan antara berbagai jenis pengetahuan. Dan tiga, mereka membantu menjelaskan bagaimana pengetahuan diperoleh manusia dan diproses dalam sistem memori otak. Para ahli psikologi kognitif menyebut informasi dan pengalaman yang disimpan dalam memori jangka panjang sebagai pengetahuan awal.
Untuk sekolah dasar khususnya, dimana perkembangan psikologis anak masih dalam tahap bermain tentu kita sebagai guru tidak bisa hanya memakai 1 metode dalam mengajar anak-anak khususnya untuk pelajaran IPA. Mengapa? Karena anak-anak sifatnya cepat bosan dengan hal yang monoton, kita harus mencoba seluruh metode dan tehnik mengajar yang ada agar pelajaran IPA yang kita sampaikan dirasakan bermakna oleh anak-anak didik kita.
Kita bisa memakai metode demonstrasi, eksperimen atau eksplorasi keluar kelas dan metode menarik lainnya untuk mengajarkan IPA pada anak-anak sekolah dasar, sehingga anak-anak bisa menyerap pelajaran lebih banyak, lebih menyenangkan dan dapat dilihat contoh riilnya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Tentu tidak ada metode mengajar yang sempurna akan tetapi jika kita padukan akan menjadi metode yang lebih sempurna lagi.
Pemakaian media pembelajaran tentu bisa menjadi salah satu pilihan pelengkap dalam menyampaikan pelajaran IPA dengan metode yang kita pakai, media audio visual  contohnya dengan memakai  gambar /poster yang menarik atau bisa juga memakai media aplikasi berbasis komputer atau smartphone yang bisa diproyeksikan memakai LCD proyektor tentunya.
Disini, admin akan share contoh aplikasi pembelajaran IPA berbasis Komputer yang bisa menjadi salah satu pilihan media untuk guru dalam menyampaikan materi pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Aplikasi ini mudah dipakai, ektrak RAR nya kemuadian Klik index (dengan syarat di komputer sudah terinstal Flash Player Debug, Silahkan searching di google) seperti gambar:


Selamat mencoba dan belajar semoga bermanfaat bagi kita semua. Aplikasi Edukasi IPA silahkan Ambil 


EmoticonEmoticon