Tuesday 7 November 2017

INSTRUMEN PENGAMATAN BIMBINGAN K 13

pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran

                   PENDAMPINGAN  KUR 13
TujuanKegiatan : Melalui kegiatan proses pembelajaran, guru mampu melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan  saintifik dan model pembelajaran yang sesuai.
Langkah Kegiatan:
A.     Persiapan Proses Pembelajaran  
1.      Menyiapkan perangkat pembelajaran mulai dari RPP, LKS, dan instrumen penilaian untuk  diserahkan pada pendamping sebagai bahan pengamatan praktik pelaksanaan pembelajaran
2.      Disiapkan pula media, alat atau bahan praktikum yang diperlukan dalam pembelajaran sesuai dengan  RPP
3.      Guru mempersiapkan diri untuk melaksanakan proses pembelajaran
4.      Bacalah format  pengamatan praktik pelaksanaan pembelajaran untuk memahami setiap aspek yang dinilai pada saat pembelajaran (oleh pendamping)

B.      Pelaksanaan Proses Pembelajaran
Bagi Guru
1.      Sajikan pembelajaran sesuai rancangan kelas Anda seperti yang tertuang dalam RPP
2.      Kelola waktu dengan baik sehingga semua aspek kegiatan pembelajaran dapat disajikan
Bagi Pengamat/pendamping
1.      Lengkapi identitas pada format Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran
2.      Amati sajian proses pembelajaran, berikan tanda centang (√) pada kolom pilihan Ya atau Tidak sesuai penilaian Anda terhadap penyajian pembelajaran
3.      Pada kolom catatan, berikan catatan khusus atau saran perbaikan pelaksanaan pembelajaran
4.      Berikan nilai menggunakan rumus yang tersedia



Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Proses Pembelajaran
( Tematik Terpadu Sekolah Dasar)

Hari/Tanggal            : -------------------------------------------------------------------
Nama Guru/hp no    : _________________________________________
Nama Sekolah          :  ________________________________________
Kelas/Semester        : _________________________________________
Tema                        : _________________________________________
Sub Tema                 : _________________________________________
Pembelajaran          :__________________________________________

  Aspek yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan
Saran Perbaikan
Kegiatan Pendahuluan




Apersepsi dan Motivasi




1
Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan




2
Mengaitkan materi  sebelumnya  dengan materi yang akan dipelajari




3
Menyampaikan manfaat materi pembelajaranyang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari




4
Menyampaikan garis besar cakupan materi




Penyampaian kompetensi, rencana kegiatan dan penilaian





1
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai




2
Menyampaikan garis besar kegiatan yang akan dilakukan




3.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan




Kegiatan Inti




Penguasaan materi pembelajaran




1
Kemampuan menyesuaikan materi dengan kompetensi dasar




2
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek, dan kehidupan nyata.




3
Menyajikan  pembahasan  materi pembelajaran dengan tepat.




Penerapan strategi pembelajaran yang mendidik




1
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai




2
Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)




3
Menguasai kelas





4
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengajukan pertanyaan




5
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan pendapat




6
Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan keterampilan peserta didik sesuai dengan materi ajar




7
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual




8
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan kebiasaan dan sikap positif (nurturant effect)




9
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan




Penerapan Pendekatan  Saintifik




1
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan  bagi  peserta didik untuk  mengamati




2
Memancing peserta didik untuk bertanya apa, mengapa dan bagaimana




3
Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengumpulkan informasi




4
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengasosiasikan data dan informasi yang dikumpulkan




5
Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya




Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu





1
Menyajikan pembelajaran sesuai tema.





2
Menyajikan pembelajaran dengan memadukan berbagai muatan pelajaran dalam satu PBM meliputi PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, serta Penjasorkes.




3
Menyajikan pembelajaran yang memuat komponen karakteristik terpadu




4
Menyajikan pembelajaran yang bernuansa aktif dan menyenangkan.





Pemanfaatan media/sumber belajar dalam pembelajaran




1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media belajar 




2
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan   sumber pembelajaran




3
Melibatkan peserta didik dalam  pemanfaatan  media belajar




4
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan    sumber pembelajaran




5
Menghasilkan pesan yang menarik




 Pelaksanaan penilaian pembelajaran




1
Melaksanakan Penilaian Sikap




2
Melaksanakan Penilaian Pengetahuan




3
Melaksanakan Penilaian Keterampilan




Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran




1
 Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar




2
Merespon positif partisipasi peserta didik




3
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik




4
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar





Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran




1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar




2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar




Kegiatan Penutup

Penutup pembelajaran        




1
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik  merangkum materi pelajaran




2
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik  untuk merefleksi proses dan materi pelajaran




3
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran




4
Melakukan penilaian




5
Merencanakan kegiatan tindak lanjut




6
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.




Jumlah






Masukkan terhadap Praktik Pembelajaran  secara umum:
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................


 








                                                                                                                


                                                                                                               ……………….,…………………………2017

Guru yg diamati                                                                 Pendamping / Pengamat



 ……………………………………………                                                            ……………………………………………..
   NIP ……………………………………                                                   NIP ………………………………………
Rubrik Penilaian  Pelaksanaan Pembelajaran

Rubrik Penilaian  Pelaksanaan Pembelajaran ini digunakan oleh pengamat untuk menilai kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada saat pelaksanaan proses pembelajaran
Langkah Peniaian:
-          Cermati format Penilaian  Pelaksanaan Pembelajaran
-          Berikan tanda cek (√) pada kolom  pilihan YA atau TIDAK sesuai dengan penilaian Anda terhadap penyajian guru pada saat pelaksanaan pembelajaran
-          Berikan catatan khusus atau saran perbaikan  pelaksanaan pembelajaran
-          Setelah selesai penilaian, hitung jumlah nilai YA  dan TIDAK
-          Tentukan Nilai menggunakan rumus sbb:



PERINGKAT
NILAI
Sangat Baik (SB)
 90 < AB ≤ 100
Baik (B)
80 < B ≤ 90
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
Kurang (K)
≤ 70




EmoticonEmoticon