Sunday 5 November 2017

E PERPUSTAKAAN

PENDIDIKAN SEDUNIA –Perpustakaan adalah jendela dunia. Jika ingin mengetahui dunia maka kunjungilah perpustakaan maka kita akan mengetahui isi seluruh dunia dalam genggaman kita.kita ambil contoh kecil yaitu perpustakaan sekolah
Peranan perpustakaan sekolah didalam dunia pendidikan amatlah penting yaitu untuk membantu terselenggaranya pendidikan yang bermutu. Karena perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang ada di sekolah, oleh karena itu, perpustakaan harus menjalankan fungsinya dengan baik untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh siswa dan guru. Perpustakaan sebagai sumber belajar merupakan tahap awal dalam proses belajar yaitu tahap mencari informasi yang bertujuan menyerap dan menghimpun informasi, mewujudkan suatu wadah pengetahuan yang terorganisir, menumbuhkan kemampuan menikmati pengalaman   imajinatif, membantu perkembangan kecakapan bahasa dan daya pikir, mendidik siswa agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka secara efisien  serta memberikan dasar kearah pembelajaran mandiri.
Mengelola perpustakaan bukanlah hal yang mudah diperlukan keuletan dan ketekunan, mulai dari administrasi seperti daftar koleksi judul buku,anggota perpustakaan, data peminjam dll, begitu juga dengan pekerjaan sehari-hari seperti merapikan buku perpustakaan sesuai dengan jenisnya, merawat buku, membersihkan ruangan sehingga rapi dilihat. Sungguh membosankan bila tidak ada kesenangan dalam melakukannnya.
Siang yang cerah ini admin akan share aplikasi E-Library yaitu sistem informasi manajemen perpustakaan berbasis komputer. Aplikasi ini berisi: Module profile perpustakaan, Modul database anggota, Modul laporan buku, modul laporan kunjungan,modul laporan peminjam,modul statistic, modul rencana buku dan setup konfigurasi. 
Agar sistem informasi manajemen perpustakaan e-library ini bisa beroperasi dengan baik, perhatikan cara intstalasinya sebagai berikut:
·Install Xampp dengan cara klik 2 kali file Xampp-win32-1.7.4-VC6-installer. Exe
·Klik next disetiap jendela setup wizard yang tampil, lalu tunggu hingga proses instalasi selesai.
·Setelah selesai anda akan mendapatkan tawaran, apakah akan menjalankan xampp control panel sekarang pilih [Yes]
·Klik start masing-masing untuk apache dan mysql
·Klik 2 kali file lib.exe, lalu ekstrak sampe selesai
·Klik 2 kali file perpustakaa.exe, lalu ekstrak sampe selesai
·Klik file install.bat, lalu akan mucul CMD tekan enter
·Selesai
·Buka browser Mozilla/chrome lalu ketikkan: http://localhost/perpustakaan
·Masukkan username:admin dan password:asdf1234

Selamat mencoba dan belajar, silahkan ambil aplikasi 


EmoticonEmoticon