Monday 6 November 2017

EVALUASI DIRI GURU

EVALUASI DIRI GURU

Nama Sekolah:

Nomor Statistik Sekolah:
Alamat:

Kecamatan:
Kabupaten/Kota:
Nama Guru:
Tahun Ajaran: 

Tanggal:
Dimensi Tugas Utama/
Indikator Kinerja Guru
Evaluasi diri terhadap kompetensi terkait kekuatan dan kelemahan yang dimiliki guru  dalam pelaksanaan tugas utama
1
2
I.     Perencanaan pembelajaran
1.       Kemampuan memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik

2.       Kemampuan menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir

3.       Kemampuan merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif

4.       Pemilihan sumber belajar/media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran

II.    Pelaksanaan  kegiatan pembelajaran yang aktif dan efekti
A.    Kegiatan Pendahuluan

5.       Keterampilan memulai pembelajaran yang efektif

B.    Kegiatan inti

6.       Penguasaan materi pelajaran

7.       Kemampuan menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif

8.       Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran

9.       Kemampuan memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran

10.    Ketrampilan mengakhiri pembelajaran yang efektif

C.    Kegiatan penutup

11.    Ketrampilan mengakhiri pembelajaran yang efektif

III    Penilaian Pembelajaran
12.    Perancangan alat evaluasi untuk  mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik.


1
2
13.    Penerapan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana  dalam RPP

14.    Pemanfaatan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya.

Berbagai hal terkait dengan pemenuhan dan peningkatan pelaksanaan tugas utama  tersebut.
1.    Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan pelaksanaan (tugas utama) tersebut.

2.    Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan pelaksanaan tugas utama.

3.    Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti   pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk  memenuhi dan mengembangkan pelaksanaan tugas utama.

4.    Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan pelaksanaan tugas utama.

Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah

1.   Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah

2.   Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah

3.   Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan publikasi ilmiah

Kompetensi menghasilkan Karya Inovatif

1.   Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif

2.   Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengem bangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif


1
2
3.   Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan karya inovatif

Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb)

1.   Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.

2.   Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.

3.   Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas

4.   Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas

Kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan (misalnya Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dsb)

1.   Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut

2.   Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut

3.   Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut

                                                                       
                                                                                                ....................., ............................................... 20
Kepala Sekolah,                                                          Guru,




________________________                                    ________________________
NIP                                                                              NIP                  


EmoticonEmoticon