Tuesday 7 November 2017

CONTOH DESKRIPSI PKG LATIHAN

CONTOH DESKRIPSI :
Penilaian untuk Kompetensi 1: Mengenal Karakteristik Peserta Didik
Pembelajaran: Teori Lempeng Tektonik
1.    guru memberi salam
2.    guru menanyakan kesiapan belajar siswa
3.    Guru mengecek kehadiran siswa
4.    Guru menyebutkan KD
5.    Guru menyebutkan indikator
6.    Guru menyemangati siswa dgn mengucapkan semangat dan mengepalkan tangan
7.    Guru menyebutkan topik yg akan diajarkan
8.    Guru menggunakan alat peraga/ globe
9.    Guru menjelaskan materi dgn suara yg jelas
10. Guru memberi reward/pujian atas pendapat siswa dgn mengucapkan kata 'bagus'
11.     Guru mendemonstrasikan penggunaan globe
12.     Guru bertanya kepada siswasebagian besar siswa menjawab serentak pertanyaan guru
13.     guru menggunakan alat bantu IT (laptop/mmp dll)
14.     guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
15.     guru berceramah
16.     guru melakukan tanya jawab
17.     guru sering tersenyum selama pembelajaran
18.     sebagian besar siswa memperhatikan penjelasan guru
19.     guru menyebutkan kesimpulan
20.     guru mengajukan pertanyaan untuk menguji pemahaman siswa (refleksi)
21. guru melakukan apersepsi dengan menunjukkan globe
22. guru tidak melakukan elaborasi pada kegiatan inti
23.     pandangan guru lebih sering ke arah kiri, sebelah kanan kurang terperhatikan
24.     Ada siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru
25.     guru memberi contoh dan mengaitkan materi dgn kehidupan nyata
26. guru menunjuk layar menggunakan tangan
27. guru tidak memberi kesempatan kepada siswa menanggapi jawaban siswa lain
28. guru berdiri pada satu sisi
2   29. pertanyaan guru bersifat umum dan tidak diarahkan kpd satu atau dua siswa
30. guru mengajukan pertanyaan utk menguji pemahaman sbg evaluasi proses
31.             31. guru meletakkan globe dekat siwa di meja siswa
32. guru memberikan penjelasan sbg konfirmasi
33. guru tdk memberikan tugas apapun kpd siswa
34. ada siswa yg mengantuk
35. ada siswa yg asik bercerita dgn teman semejanya
36. siswa tdk menggunakan buku pegangan selama pembelajaran
37. proses pembelajaran berjalan satu arah
38. tidak semua siswa menjawab pertanyaan guru
39. guru memberi penguatan pada materi-materi esensial
40. jumlah siswa 39 orang
41. guru tidak melibatkan siswa dalam menggunakan alat peraga dan media IT



EmoticonEmoticon