Sunday 5 November 2017

CARA MEMBUAT TEMPLET SURAT

PENDIDIKAN SEDUNIA– Administrasi Pendidikan merupakan hal mutlak yang harus dikerjakan oleh pendidik maupun tenaga kependidikan di setiap jenjang pendidikan. Administrasi ini bisa berkaitan dengan surat menyurat, Perangkat pembelajaran, media pembelajaran dll. Karena banyaknya administrasi yang dibuat akhirnya penempatan file di komputerpun jadi acak bagi sebagian kita dan sebagian yang lain menaruhnya di folder yang rapi.

Tapi, yang namanya penyakit lupa kita kadang bingung menaruhnya dimana, sementara saat itu kita sangat memerlukannya untuk membuat administrasi yang harus selesai saat itu juga. Saran admin jika kita membuat banyak administrasi di sekolah masing-masing simpanlah di folder yang rapi agar saat dibutuhkan bisa diambil contohnya atau kita bisa memakai salah satu trik mudah yang sering kita remehkan tapi sangat membantu  yaitu membuat Template Administrasi Sekolah berbasis Ms Office.

Fungsi template ini adalah ketika kita sewaktu-waktu diharuskan membuat administrasi sekolah mendadak kemudian file komputer kita sangat banyak butuh waktu lama mencarinya atau kita sedang tidak masuk sekolah karena alasan penting, sementara di sekolah ada orang lain yang bisa ngetik tapi tidak tau dimana tempat kita menympan file yang diinginkan. Nah lho, tidak usah bingung tinggal buka Ms Office klik NEW lalu pilih template administrasi yang sudah kita buat, selesai!

Template Administrasi Sekolah ini bisa kita buat memakai Ms Word, Ms Excel atau Ms Powerpoint. Disini Admin akan memberikan Tutorial membuat template berbasis Ms Word karena aplikasi ini selalu kita gunakan untuk membuat administrasi Sekolah setiap hari.
Simak tutorialnya berikut ini:

1. Pertama tama bukalah salah satu contoh adminitrasi sekolah yang akan kita buat templatenya, disini admin akan membuat template surat tugas (pembaca silahkan bisa buat yang lain):
2. Lakukan Editing pada template surat sehingga nanti yang mengetik tinggal mengisi kelengkapan nama, nip, nomor surat dan seterusnya

3.  Lalu Klik Save as, di pop up menu sebelah kanan pilih word template


4.Simpan dengan ekstensi word template di :          C:\Users\HP\AppData\Roaming\Microsoft\Templates
5. Selesai!!

Atau cara yang kedua

1.Buka Ms Word , pilih New lalu pilih my template 
2. copy paste surat tugas dan lakukan editing pada template surat sehingga nanti yang mengetik tinggal mengisi kelengkapan nama, nip, nomor surat dan seterusnya 
3. simpan dengan ekstensi word template, lalu tutup 
4. Selesai
  
Lalu, Bagaimana cara membuka template yang sudah kita buat?
Buka Ms Word, klik New, pilih my template lalu cari template yang sudah kita buat,,,taraaaa!!!





Selamat mencoba rekan-rekan semua, sekecil apapun langkah kita teruslah maju kedepan!!

Salam Bale Ops.



EmoticonEmoticon