Tuesday 7 November 2017

TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK ( TAK ) STIMULASI SENSORIS

TERAPI  AKTIVITAS KELOMPOK ( TAK )
STIMULASI SENSORIS
A.    Pengertian Terapi Aktivitas Kelompok
Terapi aktivitas kelompok (TAK) stimulus sensoris adalah upaya menstimulasi semua pancaindra ( sensori ) agar member respon yang adekuat.
B.     Tujuan Umum Terapi Aktivitas Keelompok
Tujuan umum klien dapat berespon terhadap stimulus pancaindra yang diberikan, dan tujuan khususnya adalah:
1.      Klien mampu berespon terhadap suara yang didengar
2.      Klien mampu berespon terhadap gambar yang diliht
3.      Klien mampu mengekspresikan perasaan melalui gambar
C.     Aktivitas dan Indikasi
Aktivitas stimulasi sensoris dapat berupa stimulus terhadap penglihatan, pendengaran, dan lain-lain seperti gambar, video, tarian, dan nyanyian. Klien yang mempunyai indikasi TAK stimulus sensoris adalah klien isolasi social, menarik diri, harga diri rendah yang disertai dengan kurang komunikasi verbal.
D.    Jenis terapi aktivitas kelompok
1.      TAK stimulasi suara
2.       TAK stimulasi gambar
.                3.   TAK stimulasi suara dan gambar


TAK STIMULASI SENSORI SUARA
MENDENGAR MUSIK

Tujuan
     
      ·         Klien mampu mengenali musik yang didengar
·         Klien mampu menikmati musik sampai selesai
      ·         Klien mempu menceritakan perasaan setelah mendengarkan musik

Terapist
      1.   Leader             : suryani
      2.   Fasilitator        : baiq efin herlina
      3.   observer           : hilda farida

Setting
·      Terapis dan klien duduk bersama dalam lingkaran
·      Ruangan nyaman dan tenang

Alat
·      Tape recorder
·      Kaset lagu melayu ( dipilih lagu yang memiliki cerita yang bermakna. Dapat juga lagu-lagu yang bermakna religius )

Metode
·         Diskusi
·         Sharing Persepsi

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      1.   Persiapan
                              a.   Membuat kontrak dengan klien yang sesuai indikasi : klien menarik diri,      harga diri rendah
                  b.Mempersiapkan alat dan tempat

                  2.   Orientasi
                        a.   Salam teraupeutik : Terapis mengucapkan salam
                        b.   Evaluasi / validasi : Terapis menanyakan perasaan klien hari ini
                        c.   Kontrak :
                              1.   Terapis menjelaskan tujuan kagiatan
                              2.   Terapis menjelaskan aturan main yaitu :
                  ·     Klien harus mengikuti kegiatan dari awal sampai dengan akhir
    ·     Bila ingin keluar dari kelompok, klien harus meminta izin kepada terapis
            ·     Lama kegiatan 60 menit
     
            3.   Kerja
            a.  Terapis mengajak klien untuk saling memperkenalkan diri (nama dan nama panggilan, serta asal), dimulai dari terapis secara beruntun searah jarum jam.
            b.   Setiap kali seorang klien selesai memperkenalkan diri, terapis mengajak klien untuk bertepuk tangan.
            c.   Terapis menjelaskan bahwa akan diputar lagu, klien boleh berjoget sesuia irama lagu. Setelah selesai lagu tersebut peserta akan menceritakan isi cerita dari lagu tersebut dan perasaan klien setelah mendenar lagu
            d.   Terapis memutar lagu, klien mendengar, boleh juga berjoget
            e.   Secara bergantian, klien menceritakan isi lagu dan perasaannya secara bergiliran, sesuai arah jarum jam, sampai semua peserta mendapat giliran.
            f.    Terapis memberikan pujian setiap klien selesai menceritakan perasaannya.

d.      Terminasi
a.   Evaluasi
      1.   Terapis menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
      2.   Terapis memberikan pujian atas pencapaian kelompok
b.   Tindak lanjut : Terapis menganjurkan klien untuk mendengarkan musik-musik yang baik dan bermakna dalam kehidupan
c.   Kontrak yang akan datang
      1.   Terapis menyepakati kegiatan TAK berikutnya
      2.   Terapis menyepakati waktu dan tempat TAK


Evaluasi Dan Dokumentasi
1.      Evaluasi
Evaluasi dilakukan saat proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja.aspek yang dievaluasi adlah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAK stimulasi sensori mendengar musik, kemampuan klien yang diharapkan dalah mengikuti kegiatan , respon terhadap musi, memberi pendapat tentang musik yang didengar dan perasaan sat mendengar music. Formulir evaluasi sebagai berikut:

 SI 1: TAK
STIMULASI SENSORI MENDENGAR MUSIK
KEMAMPUAN MEMBERI RESPON PADA MUSIK


NO

ASPEK YANG DINILAI
NAMA KLIEN
1.
Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
2.
Memberi respon ( ikut bernyanyi/ menari/ joget/ menggerakkan tangan dan kaki dagu sesuai irama )
3.
Memberi pendapat tentang musik yang didengar
4.
Menjelaskan perasaan setelah mendengarkan lagu


Petunjuk
1.         Tulis nama panggilan klien yang ikut TAK pada kolom nama klien
2.         Untuk tiap klien, beri penilaian tentang kemampuan klien mengikuti, merespon, memberi pendapat, mennyampaikan perasaan tentang music yang didengar  (√) jika klien mampu dan tanda (×) jika klien tidak mampu

Dokumentasi
Dokumentasikan kemampuan yang dimiliki klien saat TAK pada catatan proses keperawatan tiap klien. Contoh : klien mengikuti sesi 1, TAK stimulasi sensori mendengar music. Klien mengikuti kegiatan sampai akhir dan menggerakkan jari sesuai dengan irama music namun belum mampu memberi pendapat dan perasaan tentang music. Latih klien untuk mendengarkan music diruang rawat.


TAK STIMULASI SENSORI
MENGGAMBAR

Tujuan
     
      ·         Klien dapat mengekspresikan perasaan melalaui gambar
      ·         Klien dapat memberi makna gambar

Terapist
      1.   Leader             : .............
      2.   Fasilitator        : ............
      4.   observer           : .............
     
Setting
      1.   Klien duduk melingkar
      2.   Tempat tenang dan nyaman

Alat
      1.   Kertas HVS
      2.   Pensil 2B

Metode
      1.   Dinamika kelompok
      2.   Diskusi

Langkah-langkah Kegiatan
      1.   Persiapan
            a.   Membuat kontrak dengan klien
            b.   Mempersiapkan alat dan tempat

            2.      Orientasi
                  a.   Salam teraupeutik : Terapis mengucapkan salam
                  b.   Evaluasi / validasi : Terapis menanyakan perasaan klien hari ini
                  c.   Kontrak :
                        1.   Terapis menjelaskan tujuan TAK
                        2.   Terapis menjelaskan aturan main yaitu :
·     Klien harus mengikuti TAK dari awal sampai dengan akhir
·     Bila ingin keluar dari kelompok, klien harus meminta izin kepada terapis
·     Lama kegiatan 60 menit

3.      Kerja
a.       Terapis menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu menggambar dan cerita hasil gambar kepada klien lain
b.      Terapis membagikan kertas dan pensil, satu pasang untuk setiap klien.
c.       Terapis meminta klien menggambar apa saja sesuai dengan perasaan hatinya
d.      Sementara klien mulai menggambar, terapis berkeliling dan memberi penguatan kepada klien untuk meneruskan menggambar, jangan mencela klien
e.       Setelah selesai semua menggambar, terapis meminta masing-masing klien untuk menceritakan gambar yang telah dibuatnya. Yang harus di ceritakan adalah gambar apa dan apa makna gambar tersebut menurut klien
f.       Kegiatan dilakukan sampai semua klien mendapat giliran
g.      Setiap kali klien selesai meneritakan gambarnya, terapis mengajak klien lain bertepuk tangan.

4.      Terminasi
      a.   Evaluasi
      1.   Terapis menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
      2.   Terapis memberikan pujian atas pencapaian kelompok
b.   Tindak lanjut : Terapis menganjurkan klien untuk mengekspresikan perasan melalui gambar
c.   Kontrak yang akan datang
      1.   Terapis menyepakati kegiatan TAK berikutnya
      2.   Terapis menyepakati waktu dan tempat TAK

Evaluasi dan Dokumentasi
Evaluasi
Evaluasi dilakukan saat proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang di evaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAK stimulasi sensori menggambar, kemampuan klien yang diharapkan adalah mampu mengikuti kegiatan, menggambar, menyebutkan apa yang digambar dan menceritakan makna gambar.

SESI 2: TAK
STIMULASI SENSORI MENGGAMBAR
Kemampuan memberi respon Terhadap menggambar

NO
ASPEK YANG DINILAI
NAMA KLIEN
1.
Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
2.
Menggambar sampai selesai
3.
Menyebutkan gambar apa
4.
Menceritakan makna gambar
Petunjuk :
1       Tulis nama panggilan klien yang ikut TAK pada kolom nama klien
2    Untuk tiap klien, beri penilaian tentang kemampuan klien mengikuti, menggambar, menyebutkan gambar dan menceritakan makna gambar. Beri tanda  (√) jika klien mampu dan tanda (×) jika klien tidak mampu


Dokumentasi
Dokumentasikan kemampuan yang dimiliki klien saat TAK pada catatan proses keperawatan tiap klien contoh : klien mengikuti sesi 2 TAK stimulasi sensori menggambar. Klien mengikuti sampai selesai. Klien mampu menggambar, menyebutkan nama gambar, dan menceritakan makna gambar. Anjurkan klien untuk mengungkapkan perasaan melalui gambar.







































                                    TAK STIMULASI SENSORI
MENONTON TV/VIDEO

      Tujuan
     
·         Klien dapat menikmati menonton TV/video yang bermakna positif untuk klien
·         Klien menceritakan makna acara yang ditonton.

Terapist
      1.   Leader             : hilda farida
      2.   Fasilitator        : suryani
      3.   observer           : baiq efin herlina

Setting
      1.   Klien duduk membentuk setengah lingkaran di depan TV
      2.   Ruangan aman dan tenang

Alat
      1.   Video
      2.   Televisi
      3.   VCD

                         Metode
      Diskusi

Langkah-langkah Kegiatan
      1.   Persiapan
            a.   Membuat kontrak dengan klien
            b.   Mempersiapkan alat dan tempat

2.      Orientasi
                  a.   Salam teraupeutik : Terapis mengucapkan salam
                  b.   Evaluasi / validasi : Terapis menanyakan perasaan klien hari ini
                  c.   Kontrak :
                        1.   Terapis menjelaskan tujuan TAK
                        2.   Terapis menjelaskan aturan main yaitu :
·     Klien harus mengikuti TAK dari awal sampai dengan akhir
·     Bila ingin keluar dari kelompok, klien harus meminta izin kepada terapis
·     Lama kegiatan 60 menit





3.      Kerja
a.       Terapis menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu menonton TV/video dan menceritakan makna yang telah di tonton
b.      Terapis memutar TV/video yang telah dipersipkan
c.       Setelah selesai menonton, masing-masing klien diberi kesempatan menceritakan isi tontonan dan maknanya untuk kehidupan klien beruntun searah jarum jam, dimulai dari klien yang ada disebelah kiri terapis
d.      Setiap selesai klien menceritakan persepsinya, terapis mengajak klien lain bertepuk tangan dan memberi pujian, sampai semua klien mendapatkan giliran.
           
4.      Terminasi
      a.   Evaluasi
      1.   Terapis menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
      2.   Terapis memberikan pujian atas pencapaian kelompok
b.   Tindak lanjut : Terapis menganjurkan klien untuk menonton acara
c.   Kontrak yang akan datang
      1.   Terapis menyepakati kegiatan TAK berikutnya
      2.   Terapis menyepakati waktu dan tempat TAK

Evaluasi dan Dokumentasi
            Evaluasi
Evaluasi dilakukan saat proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk stimlasi sensori menonton, kemampuan klien yang diharapkan adalah mengikuti kegiatan, berespon terhadap tontonan, menceritakan isi tontonan, dan mengungkapkan perasaan saat menonton. Formulir evaluasi sebagai berikut :


SESI 3: TAK
STIMULASI SENSORIS  MENONTON
Kemampuan memberi  respon pada tontonan

NO
ASPEK YANG DINILAI
NAMA KLIEN
1.
Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir TAK
2.
Memberi respon pada saat menonton (senyum, sedih, dan gembira)
3.
Menceritakan cerita dalam TV/video
4.
Menceritakan perasaan saat menonton






Petunjuk :
1)      Tulis nama panggilan klien yang ikut TAK pada kolom nama klien
2)      Untuk tiap klien, beri penilaian tentang kemampuan klien mengikuti, berespon, menceritakan, dan menyampaikan perasaan saat menonton. Beri tanda  (√) jika klien mampu dan tanda (×) jika klien tidak mampu

Dokumentasi
Dokumentasikan kemampuan yang dimiliki klien saat TAK pada catatan proses keperawatan tiap klien. Contohnya : klien mengikuti sesi 3 TAK stimulasi sensori menonton. Klien mengikuti kegiatan sampai selesai, ekspresi datar, dan tanpa respon, klien tidak dapat menceritakan isi tontonan dan perasaannya. Tingkatkan stimulus diruangan, ulang kembali dengan stimulus yang berbeda.

























LERMBAR OBSERVASI

Sesi 1: TAK Stimulasi Persepsi Umum
Kemampuan Persepsi                          : musik
Ruangan                                              : Anggrek
Observer                                              :
Tanggal                                               : 23 September 2013


NO
Nama klien
Memberi pendapat tentang musik
Memberi tanggapan terhadap pendapat klien
Mengikuti kegiatan sampai selesai
1
Mas Ilham



2
Mas Arya



3
Mas koko



4
Mas tino



5
Mas sanusi



6





Petunjuk :
  1. Tulis nama klien yang ikut TAK pada kolom nama klien
  2. Untuk tiap klien semua aspek dinilai dengan memberi tanda(V) jika klien mampu dan tanda (x) jika klien tidak mampu







LERMBAR OBSERVASI
Sesi 2 :TAK
Stimulasi Persepsi Umum
Kemampuan Persepsi              : menggambar
Ruangan                                  : Anggrek
Observer                                  :
Tanggal                                   : 23 September 2013

NO
Nama klien
Memberi pendapat tentang gambar
Memberi tanggapan terhadap pendapat klien
Mengikuti kegiatan sampai selesai
1
Mas Ilham



2
Mas Arya



3
Mas koko



4
Mas tino



5
Mas sanusi



6





Petunjuk :
  1. Tulis nama klien yang ikut TAK pada kolom nama klien
  2. Untuk tiap klien semua aspek dinilai dengan memberi tanda(V) jika klien mampu dan tanda (x) jika klien tidak mampu 
LERMBAR OBSERVASI
Sesi 3 : TAK
Stimulasi Persepsi Umun
Kemampuan Persepsi                          : Menonton TV
Ruangan                                              : Anggrek
Observer                                              :
Tanggal                                               : 23 September 2013

NO
Nama  Klien
Memberikan pendapat tentang acara televisi
Memberi tanggapan terhadap pendapat klien
Mengikuti kegiatan sampai selesai

1





2





3





4





5





6






Petunjuk :
  1. selesai Tulis nama panggilan klien yang ikut TAK pada kolom nama klien
  2. Untuk tiap klien ,beri penilaian kemampuan memberi pendapat tentang acara TV,memberi tanggapan terhadap pendapat  klien lain ,mengikuti kegiatan sampai selesai.Beri tanda (V) jika klien mampu dan tanda(x) jika klien tidak mampu






EmoticonEmoticon