Sunday 5 November 2017

SKKD TEMATIK KELAS 1

                                    STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMATIK KELAS I (1)

TEMA   : Diri Sendiri
KELAS 1 SEMESTER 1
Standar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. IPS:
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.
2. IPA: 
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara                           perawatannya.

·     Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3. PKN : 
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika: 
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.

·     Membilang banyak benda .
·     Mengurutkan banyak benda
5. Bahasa Indonesia:
Mendengarkan:
Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara:  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
Membaca: 
Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis: 
Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

·     Membedakan bunyi bahasa.
·     Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
·     Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·     Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.

6. Seni Budaya dan Keterampilan:
Mengapresiasi karya seni rupa.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.


·     Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·     Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek..
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)

TEMA : Budi Pekerti
KELAS 1 SEMESTER 1
Standar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. IPS:
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menunjukkan sikap hidup rukun dalam  kemajemukan  keluarga.
2. IPA: 
Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat

·     Membedakan lingkungan  sehat dan tidak sehat.
3. PKN : 
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
4. Matematika: 
Menggunakan pengukuran waktu dan panjang

·     Menentukan lama suatu  kejadian berlangsung.
·     Mengenal panjang suatu  benda melalui kalimat sehari-hari. (pendek panjang) dan  membandingkannya.
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan:
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara:
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca: 
·     Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis: 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

·     Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
·     Menyebutkan tokoh-tokoh  dalam cerita.
·     Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
6. Seni Budaya dan Keterampilan:
Mengapresiasi karya seni tari.


·     Menunjukkan sikap  apresiatif terhadap gerak  tari menurut tingkat tinggi
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)

TEMA : Keluarga  
KELAS 1 SEMESTER 1
Standar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. IPS:
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menceritaan pengalaman

2. IPA: 
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara                         perawatannya

·     Membiasakan hidup sehat.

3. PKN : 
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika: 
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

·     Menyelesaikan  masalah yang terkait penumlahan sampai dengan 20.
·     Menentukan waktu (pagi, siang, malam) hari dan jam (secara bulat)
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan:
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara:
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca: 
·     Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis: 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

·     Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
·     Menyebutkan tokoh-tokoh  dalam cerita.
·     Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar

6. Seni Budaya dan Keterampilan:
Mengapresiasi karya seni musik.


·     Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)

TEMA : KEGEMARAN
KELAS 1 SEMESTER 1
Standar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. IPS:
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan  keluarga
2. IPA: 
Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan                               perubahan   bentuk benda

·     Mengenal benda yang dapat  diubah bentuknya.
·     Mengidentifikasikan kegunaan benda di lingkungan sekitar.
3. PKN : 
Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah.

·     Melaksanakan tata tertib di  rumah dan di sekolah
4. Matematika: 
Menggunakan pengukuran waktu dan panjang

·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu
·     Mengelompokkan berbagai  bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola  dan kerucut)
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan:
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara:
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca: 
·     Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis: 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

·     Membedakan bunyi bahasa.
·     Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
·     Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
·     Membaca nyaring suku kata   dan kata dengan lafal yan tepat.
·     Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan  intonasi yang tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk    gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf , kata, atau  kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
·     Melengkapi kalimat yang    belum selesai berdasarkan  gambar
6. Seni Budaya dan Keterampilan:
·     Mengapresiasi karya seni tari  
·     Mengekpresikan diri melalui karya seni tari.



·     Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah.
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)

TEMA : Lingkungan 
KELAS 1 SEMESTER 1
Standar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. IPS:
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menceritakan pengalaman
2. IPA: 
Mengenal anggota  tubuh dan kegunaannya serta cara                          perawatannya.

·     Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makan, air, pakaian, udara, lingkungan ).

3. PKN : 
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan

·     Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
4. Matematika: 
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.

·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan:
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara:
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca: 
·     Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis: 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

·     Membedakan bunyi bahasa.
·     Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun..
·     Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.


6. Seni Budaya dan Keterampilan:
·     Mengapresiasi karya seni musik



·     Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)

TEMA : Pengalaman
KELAS 1 SEMESTER 1
Standar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. IPS:
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menceritaan pengalaman
·     Menceritakan kasih sayang  antar anggota keluarga
2. IPA: 
Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat

·     Mengenal cara menjaga  lingkungan agar tetap sehat

3. PKN : 
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di  rumah maupun di sekolah.
4. Matematika:
 Menggunakan pengukuran waktu dan panjang

·     Menentukan waktu (pagi, siang, malam) hari dan jam (secara bulat)
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan:
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara:
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca: 
·     Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis: 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

·     Membedakan bunyi bahasa
·     Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi    yang sesuai.
·     Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar

6. Seni Budaya dan Keterampilan:
Mengapresiasi karya seni tari.



·     Menidentifikasi fungsi   tubuh dalam   melaksanakan gerak di  tempat.
·     Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi  rendah.
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)
























STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMATIK KELAS I (2)

TEMA: BUDI PEKERTI 
KELAS 1 SEMESTER 2
Standar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
IPA/ Sains:    
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam   ( cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya                                          terhadap kegiatan manusia
IPA
Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan pada kegiatan manusia .
IPS:
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS:
·         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
PKN:
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
PKN:
Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
Matematika:
Mengenal bangun datar sederhana
Matematika:
·         Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·         Mmenyebut-kan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·         Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·         Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
Bahasa Indonesia:
Mendengarkan
·         Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.
Berbicara
·         Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi  secara lisan  dengan gambar, percakapan  sederhana dan  dongeng.
Membaca
·         Memahami  teks pendek dengan membaca lancar  dan  membaca puisi anak.
Menulis
·         Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung  melalui dikte dan menyalin
Bahasa Indonesia:
Mendengarkan
·          Menyebutkan isi    dongeng
Berbicara
·         Menceritakan isi   gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·         Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana.
·         Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan  intonasi yang tepat.
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
Seni Budaya dan Keterampilan:
Mengekspresikan diri melalui karya  seni tari
Seni Budaya dan Keterampilan:
·         Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)

TEMA: KELUARGA 
KELAS 1 SEMESTER 2
Standar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
IPS:
Mendeskripsikan lingkungan rumah

IPS:
Mendeskripsikan letak rumah
IPA/ Sains:    
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam   ( cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya                                          terhadap kegiatan manusia
IPA:
Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
PKN:
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
PKN:
Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
Matematika:
Mengenal bangun datar sederhana
Matematika:
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
Bahasa Indonesia:
Berbicara:
·         Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca: 
·         Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis: 
·         Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
Bahasa Indonesia:
Berbicara
·         Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang   sudah dikuasai.
      Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi  yang tepat
     Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
Seni Budaya dan Keterampilan:
·         Mengapresiasi karya seni musik
Seni Budaya dan Keterampilan:
·         Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)

TEMA: LINGKUNGAN
KELAS 1 SEMESTER 2
Standar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
IPS:
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS:
·Mendeskripsikan letak rumah
IPA/ Sains:    
Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya  dalam kehidupan sehari-hari.
IPA:
Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
PKN:
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
PKn:
·   Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah

Matematika:
·   Melakukan penjumlahan dan pengurangan   bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan masalah.
Matematika:
·   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
Bahasa Indonesia:
Berbicara:
·   Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca: 
·   Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis: 
·   Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
Bahasa Indonesia:
 Mendengarkan
·   Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
·   Menyebutkan isi   dongeng.
Berbicara
·   Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·   Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·   Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
Seni Budaya dan Keterampilan:
·         Mengapresiasi karya seni musik
Seni Budaya dan Keterampilan:
·   Menampilkan pola irama dan melodi sederhana
·   Memeragakan dinamik sederhana
·   Mengekspresikan diri melalui vocal alat musik, atau sumber bunyi sederhana.
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)

TEMA: KEBERSIHAN
KELAS 1 SEMESTER 2
Standar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
IPS:
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS:
·         Menceritakan  kembali peristiwa   penting
IPA:
Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

IPA:
·         Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan  benda yang sulit  bergerak melalui percobaan.
·         Mengidentifikasi penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )
PKN:
Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah
PKN:
·         Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah
Matematika:
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan  sampai dengan dua angka dalam  pemecahan masalah
Matematika:
·         Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
Bahasa Indonesia:      Mendengarkan:
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara:
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca: 
·     Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis: 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
Bahasa Indonesia:      Mendengarkan
·         Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
·         Menyebutkan isi   dongeng.
Berbicara
·         Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana..
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
Seni Budaya dan Keterampilan:
Mengapresiasi karya seni  musik
Seni Budaya dan Keterampilan:
·         Mengidentifikasi unsure / elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)

TEMA: KESEHATAN
KELAS 1 SEMESTER 2
Standar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
IPS:
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS:
·         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
IPA:
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya terhadap  kegiatan manusia.
IPA:
·         Mengenal berbagai  benda langit melalui pengamatan
PKN:
Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah
PKN:
·         Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat

Matematika:
Menggunakan pengukuran berat
Matematika:
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
Bahasa Indonesia:      Mendengarkan:
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara:
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca: 
·     Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan      membaca puisi anak.
Menulis: 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
Bahasa Indonesia:
 Mendengarkan
·         Menyebutkan isi  dongeng.
Berbicara
·         Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·         Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
Seni Budaya dan Keterampilan:
·     Mengapresiasi karya seni  musik
·     Mengapresiasi karya seni tari
Seni Budaya dan Keterampilan:
·         Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
·         Menunjukkan sikap apresiasif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah.
·         Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)



TEMA: PERISTIWA
KELAS 1 SEMESTER 2
Standar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
IPS:
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS:
·         Menceritakan  kembali peristiwa   penting
IPA:
Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
IPA:
·         Membedakan gerak  benda yang mudah bergerak dengan  benda yang sulit  bergerak melalui percobaan
PKN:
Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah
PKN:
·         Menjelaskan hak  anak untuk    belajadengan gembira dan didengar                 pendapatnya
Matematika:
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam  pemecahan  masalah
Matematika:
·         Membilang  banyak  benda
·         Mengurutkan  banyak  benda
·     Bahasa Indonesia:     
Berbicara:
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca: 
·     Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan      membaca puisi anak.
Menulis: 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
Bahasa Indonesia:
Bebicara
·         Menceritakan isi      
·         gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengert
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
Seni Budaya dan Keterampilan:
·     Mengapresiasi karya seni  musik

Seni Budaya dan Keterampilan:
·         Mengidentifikasi unsure rupa pada benda di alam sekitar.
·         Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada benda di alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif.
·         Mengekspresikan diri melalui karya seni rupas dus dimensi dengan teknik menempel.
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)

TEMA: PERMAINAN
KELAS 1 SEMESTER 2
Standar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
IPS:
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS:
·         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
IPA:
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
IPA:
·         Mengenal berbagai  benda langit melalui pengamatan
PKN:
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
PKN:
·         Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
Matematika:
Menggunakan pengukuran berat
Matematika:
·         Menggunakan sifat oprasi pertukaran dan pengelompokkan
·         Membandingkan berat benda ( ringan , berat )
·     Bahasa Indonesia:     
Mendengarkan:
Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng                   sekitar dan dongeng
Berbicara:
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca: 
·     Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan      membaca puisi anak.
Menulis: 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
Bahasa Indonesia:
Mendengarkan
·         Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
Berbicara
·         Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
Seni Budaya dan Keterampilan:
·     Mengapresiasi karya seni  musik
·     Mengapresiasi karya seni tari
Seni Budaya dan Keterampilan:
·         Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik, atau sumber bunyi sederhana
·         Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib.
·         Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)

Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.





EmoticonEmoticon