CONTOH DESKRIPSI :
Penilaian untuk Kompetensi 1: Mengenal
Karakteristik Peserta Didik
Pembelajaran: Teori Lempeng Tektonik
1.
guru memberi
salam
2.
guru menanyakan
kesiapan belajar siswa
3.
Guru mengecek
kehadiran siswa
4.
Guru
menyebutkan KD
5.
Guru menyebutkan indikator
6.
Guru
menyemangati siswa dgn mengucapkan semangat dan mengepalkan tangan
7.
Guru
menyebutkan topik yg akan diajarkan
8.
Guru
menggunakan alat peraga/ globe
9.
Guru
menjelaskan materi dgn suara yg jelas
10. Guru memberi reward/pujian atas pendapat
siswa dgn mengucapkan kata 'bagus'
11.
Guru
mendemonstrasikan penggunaan globe
12.
Guru bertanya
kepada siswasebagian besar siswa menjawab serentak pertanyaan guru
13.
guru
menggunakan alat bantu IT (laptop/mmp dll)
14.
guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
15.
guru
berceramah
16.
guru
melakukan tanya jawab
17.
guru sering
tersenyum selama pembelajaran
18.
sebagian
besar siswa memperhatikan penjelasan guru
19.
guru
menyebutkan kesimpulan
20.
guru
mengajukan pertanyaan untuk menguji pemahaman siswa (refleksi)
21. guru melakukan apersepsi dengan
menunjukkan globe
22. guru tidak melakukan elaborasi pada
kegiatan inti
23. pandangan guru lebih sering ke arah kiri,
sebelah kanan kurang terperhatikan
24. Ada siswa yang tidak memperhatikan
penjelasan guru
25.
guru memberi
contoh dan mengaitkan materi dgn kehidupan nyata
26. guru menunjuk layar menggunakan tangan
27. guru tidak memberi kesempatan kepada
siswa menanggapi jawaban siswa lain
28. guru berdiri pada satu sisi
2 29. pertanyaan guru bersifat umum dan tidak
diarahkan kpd satu atau dua siswa
30. guru mengajukan pertanyaan utk menguji
pemahaman sbg evaluasi
proses
31. 31. guru
meletakkan globe dekat siwa di meja siswa
32. guru memberikan penjelasan sbg
konfirmasi
33. guru tdk memberikan tugas apapun kpd
siswa
34. ada siswa yg mengantuk
35. ada siswa yg asik bercerita dgn teman
semejanya
36. siswa tdk menggunakan buku pegangan
selama pembelajaran
37. proses pembelajaran berjalan satu arah
38. tidak semua siswa menjawab pertanyaan
guru
39. guru memberi penguatan pada
materi-materi esensial
40. jumlah siswa 39 orang
41. guru tidak melibatkan siswa dalam
menggunakan alat peraga dan media IT
EmoticonEmoticon