INSTRUMEN EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
DI SEKOLAH
(CONTOH KUANTITATIF)
FOKUS/ASPEK EVALUASI
|
INDIKATOR
|
|
DESKRIPSI TEMUAN
|
1. Disain
Kurikulum
|
Disain
kurikulum terencana dan terorganisir
|
*
*
*
*
|
Disain kurikulum sudah terencana dan terorganisir
sehingga hasilnya efektif
Desain kurikulum sudah terencana dan
terorganisir namun masih ada ketidakefektifan dalam beberapa hal
Desain kurikulum terencana dan terorganisir
sebagian saja sehingga ada banyak hal yang tidak efektif.
Desain kurikulum tidak terencana dan
terorganisir sehingga secara keseluruhan banyak ketidakefektifan.
|
2.
Silabus dan Isi Program
|
Silabus
dan isi program relevan dengan tujuan yang ingin dicapai
|
*
*
*
*
|
Silabus dan isi program sudah relevan
dengan tujuan yang ingin dicapai
Silabus dan isi program sebagian relevan
dengan tujuan yang ingin dicapai
Silabus dan isi program sebagian besar
tidak relevan dengan tujuan yang ingin dicapai
Silabus dan isi program tidak relevan
dengan tujuan yang ingin dicapai
|
3. Proses Dan Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran dilaksanakan dengan tepat
|
*
*
*
*
|
Kegiatan Pembelajaran sudah dilaksanakan dengan tepat
Kegiatan Pembelajaran dilaksanakan dengan tepat namun
masih ada beberapa hal belum tepat
Kegiatan Pembelajaran dilaksanakan dengan tidak tepat
sehingga banyak tujuan tidak tercapai
Kegiatan Pembelajaran tidak dilaksanakan dengan tepat
|
4. Materi
dan Bahan Ajar
|
Materi
dan Bahan Ajar digunakan sesuai dengan silabus dan isi program
|
*
*
*
*
|
Materi dan Bahan Ajar yang digunakan sudah sesuai
dengan silabus dan isi program
Sebagian besar Materi dan Bahan Ajar yang digunakan
sesuai dengan silabus dan isi program namun ada beberapa yang tidak sesuai
Materi dan Bahan Ajar yang digunakan tidak sesuai
dengan silabus dan isi program sehingga sebagian besar tujuan tidak tercapai
Materi dan Bahan Ajar yang digunakan tidak sesuai
dengan silabus dan isi program
|
5. Guru
dan Pelatihan Guru
|
Guru
membantu siswa mencapai tujuan pembelajarannya dengan baik
|
*
*
*
*
|
Guru sudah membantu siswa menca-pai tujuan
pembelaja-rannya dengan baik
Sebagian besar Guru membantu siswa mencapai tujuan
pembelajarannya namun masih ada ketidakefektifan dalam beberapa hal
Guru belum membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran
nya sehingga sebagian kecil siswa kesulitan mencapai tujuannya
Guru tidak membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran
nya dengan baik
|
6. Pemantauan Perkembangan
|
Persepsi
siswa terhadap pembelajaran guru baik
|
*
*
*
*
|
Persepsi siswa terhadap pembelajaran guru sudah baik
Persepsi siswa terhadap pembelajaran guru baik namun
masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan
Persepsi siswa terhadap pembelajaran guru sebagian
besar belum baik sehingga banyak siswa merasa tidak pembelajaran guru tidak
penting
Persepsi siswa terhadap pembelajaran guru tidak baik
|
7. Siswa
|
Layanan
administrasi sekolah kepada siswa dilakukan dengan baik
|
*
*
*
*
|
Layanan administrasi sekolah kepada siswa sudah baik
Sebagian besar Layanan administrasi sekolah kepada
siswa dilakukan dengan baik namun masih ada beberapa hal yang perlu
ditingkatkan
Layanan administrasi sekolah kepada siswa belum baik
sehingga sebagian besar kebutuhan siswa belum terlayani
Layanan administrasi sekolah kepada siswa tidak baik
|
8. Sekolah dan Lingkungan Sekolah
|
Lingkungan
sekolah mendukung pendidikan di sekolah
|
*
*
*
*
|
Lingkungan sekolah sudah mendukung pendidikan di
sekolah
Lingkungan sekolah mendukung pendidikan di sekolah
namun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan
Lingkungan sekolah belum mendukung pendidikan di
sekolah sehingga sebagian besar siswa merasa terganggu
Lingkungan sekolah tidak mendukung pendidikan di
sekolah
|
9.
Pengembangan Staff
|
Sekolah
mampu meningkatkan keefektifan kinerja karyawan
|
*
*
*
*
|
Sekolah sudah mampu meningkatkan keefektifan kinerja
karyawan
Sekolah mampu meningkatkan keefektifan kinerja karyawan
namun amasih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan
Sekolah belum mampu meningkatkan keefektifan kinerja
karyawan sehingga sebagian kebututhan staff belum terlayani
Sekolah tidak mampu meningkatkan keefektifan kinerja
karyawannya
|
10. Pengambilan Keputusan (POS)
|
Pengambilan Keputusan sekolah dilakukan sesuai dengan
prosedur yang ditetapkan
|
*
*
*
*
|
Pengambilan Keputusan sekolah sudah dilakukan sesuai
dengan prosedur yang ditetapkan
Pengambilan Keputusan sekolah dilakukan sesuai dengan
prosedur yang ditetapkan namun masih ada beberapa hal yang tidak
Pengambilan Keputusan sekolah belum dilakukan sesuai
dengan prosedur yang ditetapkan sehingga masih banyak keputusan tidak
menguntungkan bagi siswa
Pengambilan Keputusan sekolah tidak dilakukan sesuai
dengan prosedur yang ditetapkan
|
JUMLAH SKOR=
|
|
KRITERIA: ...............................
|
Pengawas Evaluator
Drs. Yuli Cahyono, M.Pd
NIP. 132089712
TABEL SKOR AKUNTABILITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI
SEKOLAH
|
|
RENTANG SKOR
|
KRITERIA
|
33 - 40
|
SANGAT BAIK
|
25 - 32
|
BAIK
|
17 - 24
|
CUKUP
|
9 - 16
|
KURANG
|
0 - 8
|
SANGAT KURANG
|
Format-
|
Kuesioner tentang desain kurikulum untuk
kepala sekolah, wakil kepala dan guru (masing-masing 1)
|
DAFTAR PERTANYAAN (C0NTOH)
NO.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1.
|
· Coba Anda jelaskan bagaimana rasional
(latar belakang dan alasan-alasannya) dari kurikulum yang sudah Anda
buat?
|
|
2.
|
· Bagaimana Anda menterjemahkan
prinsip-prinsip penyusunan kurikulum ke dalam kurikulum yang Anda buat tadi?
|
|
3.
|
· Coba Anda jelaskan kembali kerangka dasar
dari kurikulum Anda tersebut?
|
|
4.
|
· Coba gambarkan deskripsi dari setiap bagian
yang ada di kurikulum Anda?
|
|
5.
|
· Bagaimana strategi yang Anda susun agar
tujuan kurikulum anda tercapai?
|
|
6.
|
· Apa Anda sudah menyusun juga kalender
akademiknya?
|
|
7.
|
· Penilaian seperti apa yang anda kehendaki
dalam kurikulum anda?
|
|
8.
|
· Bagaimana juga administrasi pelaporan
perkembangan belajar siswa menurut kurikulum anda?
|
|
9.
|
· Apakah di dalam kurikulum anda juga
mencantumkan tata tertib sekolah?
|
|
10.
|
· Apakah di dalam kurikulum anda juga
memasukkan kegiatan ekstra kurikuler?
|
|
11.
|
· Apakah anda juga menyiapkan pedoman
pelaksanaan bagi kurikulum tersebut?
|
|
12
|
· Jika seandainya kurikulum anda mengandung
kesalahan atau kelemahan, upaya apa yang anda sudah persiapkan untuk itu?
|
|
Format-
|
Kuesioner tentang Silabus
dan Isi Program untuk kepala sekolah, wakil kepala
dan guru (masing-masing 1)
|
DAFTAR PERTANYAAN (C0NTOH)
NO.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1.
|
· Coba jelaskan bagaimana anda menyusun
silabus di kurikulum anda?
|
|
2.
|
· Apakah kompetensi dasar dalam kurikulum
anda sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang dikehendaki?
|
|
3.
|
· Bagaimana anda menentukan indikator
keberhasilan dari setiap kompetensi dasar yang anda buat?
|
|
4.
|
· Apakah standar kelulusan yang anda tentukan
sudah sesuai dengan standar kelulusan yang dikehendaki?
|
|
5.
|
· Dari mana anda mengembangkan materi
pembelajaran dalam kurikulum anda?
|
|
6.
|
· Apakah kegiatan pembelajaran di kurikulum
anda bisa membantu siswa mencapai tujuan pembelajaannya?
|
|
7.
|
· Apakah penilaian yang anda buat bisa
mengukur tujuan pembelajaran yang sudah anda tetapkan?
|
|
8.
|
· Coba sebutkan buku-buku sumber yang
digunakan dalam kurikulum anda?
|
|
9.
|
· Apakah isi program di kurikulum anda sudah
relevan dengan tujuan yang dikehendaki?
|
|
10.
|
· Apakah setiap guru membuat program tahunan,
apa saja isi dari program tahunan guru tersebut?
|
|
11.
|
· Apakah setiap guru juga membuat program
semester, apa saja isi dari program semester guru tersebut?
|
|
Format-
|
Kuesioner tentang Proses
Kegiatan Pembelajaran untuk kepala sekolah, wakil
kepala, guru dan siswa (masing-masing 1)
|
DAFTAR PERTANYAAN (C0NTOH)
NO.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1.
|
· Coba anda jelaskan tentang metode
pembelajaran yang anda terapkan di kelas?
|
|
2.
|
· Media belajar apa saja yang anda gunakan
dalam pembelajaran?
|
|
3.
|
· Bagaimana anda mengelola kelas-kelas yang
ada?
|
|
4.
|
· Coba anda jelaskan tentang waktu belajar
siswa?
|
|
5.
|
· Bagaimana Anda mengevaluasi prestasi siswa?
|
|
6.
|
· Coba gambarkan interaksi apa yang terjadi
antara guru dan murid di kelas?
|
|
7.
|
· Bagaimanakah peran guru di kelas?
|
|
8.
|
· Apakah siswa juga mendapat pekerjaan rumah?
|
|
9.
|
· Adakah program pengayaan dan remidal dalam
pengelolaan kegiatan belajar anda?
|
|
10.
|
· Apakah sekolah juga melaksanakan supervisi
di kelas?
|
|
11.
|
· Adakah layanan konseling kepada siswa yang
membutuhkan?
|
|
12
|
· Bagaimana anda menanamkan kedisiplinan
kepada siswa?
|
|
Format-
|
Kuesioner tentang Materi
dan Bahan Ajar untuk kepala sekolah, wakil kepala,
gurudan siswa (bisa lebih dari 1)
|
DAFTAR PERTANYAAN (C0NTOH)
NO.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1.
|
· Bahan ajar apa saja yang anda gunakan dalam
pembelajaran di kelas?
|
|
2.
|
· Coba anda jelaskan kesesuaian antara bahan
ajar yang anda gunakan dengan tujuan yang ingin dicapai?
|
|
3.
|
· Apakah ada bahan ajar lain yang anda
gunakan dalam pembelajaran di kelas?
|
|
4.
|
· Apakah bahan tambahan tersebut sesuai
dengan tujuan yang ingin dicapai?
|
|
5.
|
· Apakah guru di kelas juga menggunakan
lembar kerja siswa?
|
|
6.
|
· Coba anda jelaskan urgensi dari penggunaan
lembar kerja siswa itu?
|
|
FPormat-
|
Kuesioner tentang Guru dan
Pelatihan Guru untuk kepala sekolah, wakil kepala
dan guru (bisa lebih dari 1)
|
DAFTAR PERTANYAAN (C0NTOH)
NO.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1.
|
· Coba sebutkan diklat apa saja yang telah
Anda ikuti selama bekerja sebagai guru di sekolah ini?
|
|
2.
|
· Apakah diklat itu relevan dengan kebutuhan
guru?
|
|
3.
|
· Apakah Anda sebagai guru juga mempunyai
forum diskusi dengan teman seprofesi?
|
|
4.
|
· Coba jelaskan forum pertemuan apa saja yang
tersedia bagi guru di sekolah ini?
|
|
5.
|
· Apakah guru-guru di sekolah ini juga aktif
di MGMP/KKG?
|
|
6.
|
· Coba jelaskan manfaat dari MGMP/KKG itu
bagi guru?
|
|
Format-
|
Kuesioner tentang Pemantauan
Perkembangan untuk kepala sekolah, wakil kepala, guru
dan karyawan non kependidikan (masing-masing 1)
|
DAFTAR PERTANYAAN (C0NTOH)
NO.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1.
|
· Coba jelaskan tentang program monitoring
dan evaluasi yang sudah dilakukan di sekolah anda?
|
|
2.
|
· Apakah anda mendapatkan penjelasan atau
program tindak lanjut dari hasil monitoring dan evaluasi yang telah dilakukan
di sekolah?
|
|
3.
|
· Apakah sekolah memberikan keleluasaan bagi
semua pihak untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran?
|
|
4.
|
· Apakah sekolah mendukung upaya guru untuk
melakukan upaya meningkatkan kinerjanya?
|
|
5.
|
· Coba jelaskan upaya yang dilakukan sekolah
dalam mengelola kedisiplinan sekolah?
|
|
6.
|
· Coba anda jelaskan bagaimana upaya sekolah
merawat motivasi belajar siswa?
|
|
7.
|
· Apakah upaya yang dilakukan dalam
meningkatkan motivasi siswa itu efektif?
|
|
8.
|
· Bagaimana anda menerapkan budaya sekolah: asih,
asah, asuh?
|
|
Format-
|
Kuesioner tentang Layanan untuk
siswa (bisa lebih dari 1)
|
DAFTAR PERTANYAAN (C0NTOH)
NO.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1.
|
· Coba anda jelaskan bagaimana upaya sekolah
dalam memberikan pelayanan kepada siswa sesuai dengan yang dibutuhkan?
|
|
2.
|
· Bagaimana koordinasi antar komponen sekolah
dalam pemberian pelayanan kepada siswa?
|
|
3.
|
· Apakah sekolah memberikan jaminan
keselamatan kepada siswa?
|
|
4.
|
· Bagaimanakah upaya sekolah dalam memerikan
rasa aan kepada siswa?
|
|
5.
|
· Apakah sekolah juga memiliki bank data yang
dibutuhkan siswa?
|
|
6.
|
· Bagaimana sekolah memberikan pelayanan
dalam hal kesehatan?
|
|
7.
|
· Bagaimana upaya yang dilakukan sekolah
dalam mengendalikan asupan nutrisi siswa?
|
|
8.
|
· Apakah sekolah juga memberikan jaminan
transportasi bagi siswa yang membutuhkan?
|
|
9.
|
· Bagaimana sekolah mengelola sistem
informasi manajemenya?
|
|
10.
|
· Apakah sistem informasi itu memberikan
manfaat kepada semua komponen sekolah?
|
|
Format-
|
Kuesioner tentang Sekolah dan Lingkungan
Sekolah untuk kepala sekolah, wakil kepala, guru,
siswa dan masyarakat sekitar (bisa lebih dari 1)
|
DAFTAR PERTANYAAN (C0NTOH)
NO.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1.
|
· Apakah fasilitas sekolah sudah memenuhi
kebutuhan semua komponen sekolah?
|
|
2.
|
· Bagaimana upaya sekolah dalam memenuhi
kebutuhan fasilitas sekolah?
|
|
3.
|
· Coba jelaskan bagaimana kondisi peralatan
yang dimiliki sekolah?
|
|
4.
|
· Bagaimanakah sekolah melakukan perawatan
peralatan dan fasilitas yang ada?
|
|
5.
|
· Apa yang dilakukan sekolah bila ada
peralatan atau fasilitas sekolah yang rusak?
|
|
6.
|
· Bagaiman kualitas hubungan sosial antara
semua komponen sekolah?
|
|
7.
|
· Bagaimana sekolah menyelesaikan bilamana
ada konflik terjadi?
|
|
8.
|
· Coba jelaskan upaya sekolah dalam hal
membangun kemitraan dengan institusi lain?
|
|
9.
|
· Apakah jejaring yang sudah dibuat berhasil
efektif dalam meningkatkan kinerja sekolah?
|
|
10.
|
· Coba sebutkan institusi mana saja yang
telah menjadi mitra sekolah selama ini?
|
|
Format-
|
Kuesioner tentang Pengembangan
Staff untuk karyawan non kependidikan (bisa lebih
dari 1)
|
DAFTAR PERTANYAAN (C0NTOH)
NO.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1.
|
· Coba anda jelaskan sistem pengelolaan
pegawai di sekoah anda?
|
|
2.
|
· Bagaimana sekolah memberikan penghargaan
dan prestasi pegawai?
|
|
3.
|
· Apakah sekolah mendukung upaya pengembangan
profesi pegawai?
|
|
4.
|
· Dalam pelaksanaan tugas, apakah sekolah
memberikan pendelegasian secara penuh?
|
|
5.
|
· Bagaimana kualitas komunikasi antar pegawai
di sekolah?
|
|
6.
|
· Apakah sekolah memiliki program untuk
meningkatkan kualitas komunikasi pegawai?
|
|
7.
|
· Iklim kerja yang bagaimana yang sudah
dibangun sekolah selama ini?
|
|
8.
|
· Apakah iklim kerja sekolah selama ini
mendukung pencapaian tujuan yang ditetapkan?
|
|
9.
|
· Apakah sekolah mempunyai daya adaptasi yang
baik untuk mengikuti perubahan?
|
|
10.
|
· Bagaimana sekolah menyesuaikan diri dengan
perubahan yang akan dilakukan?
|
|
Format-
|
Kuesioner tentang Pengambilan
Keputusan (POS) untuk kepala sekolah, wakil kepala,
guru, karyawan dan siswa (masing-masing 1)
|
DAFTAR PERTANYAAN (C0NTOH)
NO.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1.
|
· Apakah sekolah memiliki prosedur tetap
dalam setiap pengambilan keputusan?
|
|
2.
|
· Apakah prosedur itu juga dilengkapi dengan
instruksi kerja yang memadai?
|
|
3.
|
· Apakah pengambilan keputusan sekolah
berjalan efektif selama ini?
|
|
4.
|
· Bagaimana sekolah menerapkan semangat taat
hukum pada setiap keputusan yang dibuat?
|
|
5.
|
· Bagaimana sekolah menerapkan taat etika
pada setiap keputusan yang dibuat?
|
|
6.
|
· Bagaimana sekolah menerapkan norma pada
setiap pengambilan keputusan?
|
|
7.
|
· Bagiamana sekolah mengelola resiko atas
semua keputusan yang sudah dibuat?
|
|
8.
|
· Coba jelaskan bagiaman sekolah mengelola
keputusan makro yang akan dibut?
|
|
9.
|
· Jelaskan juga bagaimana sekolah mengambil
keputusan yang bersifat mikro?
|
|
10.
|
· Apakah proses pengambilan keputusan itu
selalu melibatkan banyak pihak?
|
|
EmoticonEmoticon