pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran
PENDAMPINGAN KUR 13
TujuanKegiatan : Melalui
kegiatan proses pembelajaran, guru mampu melaksanakan pembelajaran
dengan pendekatan saintifik dan model
pembelajaran yang sesuai.
Langkah Kegiatan:
A. Persiapan Proses Pembelajaran
1.
Menyiapkan perangkat pembelajaran mulai dari RPP, LKS, dan instrumen
penilaian untuk diserahkan pada pendamping
sebagai bahan pengamatan praktik pelaksanaan pembelajaran
2.
Disiapkan pula media, alat atau bahan
praktikum yang diperlukan dalam pembelajaran sesuai dengan RPP
3.
Guru mempersiapkan diri untuk melaksanakan proses
pembelajaran
4.
Bacalah format pengamatan
praktik pelaksanaan pembelajaran untuk memahami setiap aspek yang
dinilai pada saat pembelajaran (oleh pendamping)
B. Pelaksanaan Proses Pembelajaran
Bagi Guru
1.
Sajikan pembelajaran sesuai rancangan kelas Anda seperti yang tertuang dalam RPP
2.
Kelola waktu dengan baik sehingga semua aspek kegiatan pembelajaran
dapat disajikan
Bagi Pengamat/pendamping
1.
Lengkapi identitas pada format Pengamatan
Pelaksanaan Pembelajaran
2. Amati
sajian proses pembelajaran, berikan tanda centang (√) pada kolom pilihan Ya atau Tidak sesuai penilaian Anda terhadap penyajian pembelajaran
3. Pada
kolom catatan, berikan catatan khusus
atau saran perbaikan pelaksanaan pembelajaran
4. Berikan
nilai menggunakan rumus yang tersedia
Instrumen Pengamatan Pelaksanaan
Proses Pembelajaran
( Tematik Terpadu
Sekolah Dasar)
Hari/Tanggal :
-------------------------------------------------------------------
Nama Guru/hp no :
_________________________________________
Nama Sekolah : ________________________________________
Kelas/Semester :
_________________________________________
Tema :
_________________________________________
Sub
Tema :
_________________________________________
Pembelajaran :__________________________________________
Aspek yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
Saran Perbaikan
|
||
Kegiatan Pendahuluan
|
|
|
|
|
||
Apersepsi dan Motivasi
|
|
|
|
|
||
Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
|
|
|
|
|
||
2
|
Mengaitkan materi
sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari
|
|
|
|
|
|
3
|
Menyampaikan
manfaat materi pembelajaranyang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
4
|
Menyampaikan
garis besar cakupan materi
|
|
|
|
|
|
Penyampaian kompetensi, rencana kegiatan dan
penilaian
|
|
|
|
|
||
1
|
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
|
|
|
|
|
|
2
|
Menyampaikan
garis besar kegiatan yang akan dilakukan
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
||
Penguasaan materi pembelajaran
|
|
|
|
|
||
1
|
Kemampuan menyesuaikan materi
dengan kompetensi dasar
|
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan mengkaitkan materi dengan
pengetahuan lain yang relevan,
perkembangan Iptek, dan kehidupan nyata.
|
|
|
|
|
|
3
|
Menyajikan pembahasan
materi pembelajaran dengan tepat.
|
|
|
|
|
|
Penerapan strategi pembelajaran yang
mendidik
|
|
|
|
|
||
1
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
|
|
|
|
|
|
2
|
Menyajikan
materi secara sistematis (mudah ke
sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
|
|
3
|
Menguasai kelas
|
|
|
|
|
|
4
|
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan
partisipasi aktif peserta didik dalam mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan
partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan pendapat
|
|
|
|
|
|
6
|
Melaksanakan pembelajaran yang
mengembangkan keterampilan peserta didik sesuai dengan materi ajar
|
|
|
|
|
|
7
|
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
|
|
|
|
|
8
|
Melaksanakan pembelajaran yang
menumbuhkan kebiasaan dan sikap positif (nurturant effect)
|
|
|
|
|
|
9
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
|
|
|
|
|
Penerapan Pendekatan Saintifik
|
|
|
|
|
||
1
|
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi
peserta didik untuk mengamati
|
|
|
|
|
|
2
|
Memancing peserta didik untuk bertanya apa, mengapa dan bagaimana
|
|
|
|
|
|
3
|
Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi
peserta didik untuk mengumpulkan informasi
|
|
|
|
|
|
4
|
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi
peserta didik untuk mengasosiasikan data dan informasi yang dikumpulkan
|
|
|
|
|
|
5
|
Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi
peserta didik untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan keterampilan yang
diperolehnya
|
|
|
|
|
|
Penerapan
Pembelajaran Tematik Terpadu
|
|
|
|
|
||
1
|
Menyajikan pembelajaran sesuai tema.
|
|
|
|
|
|
2
|
Menyajikan pembelajaran dengan memadukan
berbagai muatan pelajaran dalam satu PBM meliputi PPKn, Bahasa Indonesia,
Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, serta Penjasorkes.
|
|
|
|
|
|
3
|
Menyajikan pembelajaran yang memuat komponen
karakteristik terpadu
|
|
|
|
|
|
4
|
Menyajikan pembelajaran yang bernuansa aktif
dan menyenangkan.
|
|
|
|
|
|
Pemanfaatan media/sumber belajar dalam
pembelajaran
|
|
|
|
|
||
1
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media belajar
|
|
|
|
|
|
2
|
Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan sumber pembelajaran
|
|
|
|
|
|
3
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan
media belajar
|
|
|
|
|
|
4
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber pembelajaran
|
|
|
|
|
|
5
|
Menghasilkan pesan yang menarik
|
|
|
|
|
|
Pelaksanaan penilaian
pembelajaran
|
|
|
|
|
||
1
|
Melaksanakan
Penilaian Sikap
|
|
|
|
|
|
2
|
Melaksanakan
Penilaian Pengetahuan
|
|
|
|
|
|
3
|
Melaksanakan
Penilaian Keterampilan
|
|
|
|
|
|
Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
||
1
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik
melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar
|
|
|
|
|
|
2
|
Merespon
positif partisipasi peserta didik
|
|
|
|
|
|
3
|
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respons peserta didik
|
|
|
|
|
|
4
|
Menumbuhkan keceriaan atau
antusiasme peserta didik dalam belajar
|
|
|
|
|
|
Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
||
1
|
Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
|
|
|
|
|
2
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik
dan benar
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Penutup
|
|
|||||
Penutup pembelajaran
|
|
|
|
|
||
1
|
Menfasilitasi dan membimbing
peserta didik merangkum materi
pelajaran
|
|
|
|
|
|
2
|
Menfasilitasi dan membimbing
peserta didik untuk merefleksi proses
dan materi pelajaran
|
|
|
|
|
|
3
|
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
|
|
|
|
|
|
4
|
Melakukan
penilaian
|
|
|
|
|
|
5
|
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut
|
|
|
|
|
|
6
|
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
||
Masukkan terhadap Praktik Pembelajaran secara umum:
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
|
……………….,…………………………2017
Guru yg diamati Pendamping /
Pengamat
…………………………………………… ……………………………………………..
NIP ……………………………………
NIP ………………………………………
Rubrik Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
Rubrik Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
Rubrik
Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran ini
digunakan oleh pengamat untuk menilai kemampuan guru dalam melaksanakan
pembelajaran pada saat pelaksanaan proses pembelajaran
Langkah Peniaian:
-
Cermati
format Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
-
Berikan
tanda cek (√) pada kolom pilihan YA atau TIDAK sesuai dengan penilaian Anda terhadap penyajian guru pada
saat pelaksanaan pembelajaran
-
Berikan
catatan khusus atau saran perbaikan
pelaksanaan pembelajaran
-
Setelah
selesai penilaian, hitung jumlah nilai YA
dan TIDAK
-
Tentukan Nilai menggunakan rumus sbb:
|
PERINGKAT
|
NILAI
|
Sangat Baik (SB)
|
90 < AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
EmoticonEmoticon