BAB I
PENDAHULUAN
A.
DASAR HUKUM
1. Pedoman
umum penyelenggaraan administrasi sekolah dasar yang dikeluarkan oleh
Derektorat Jendral pendidikan Dasar dan Menengah Dikpora tanggal 2 januari 1993
2. Keputusan
Kepala dikpora NTB No.22/Sp/183 tanggal 11 Mei 1993 tentang pedoman penyusunan
program kerja tahunan Kepala Sekolah dalam lingkungan Dikpora NTB
3. Surat
Kepala Dikpora Provinsi NTB No.149/120/S/85 Tentang Monitoring Pengawasan pada
tahun pembelajaran 2016 / 2017
4. Surat
Kepmen Pndidikan Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia No. 083/b/2001 Tanggal 13 Juni 2001 Tentang Pedoman
Penerimaan Peserta Didik pada tingkat sekolah Dasar
5. Surat
Kepala dikpora Provinsi ntb Nomor: /
/ Dikpora / tanggal juni tentang Penerimaan Siswa Baru pada
Sekolah
6. Surat
Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Lombok Timur Nomor ; …/ / DIK / Tanggal Juli tentang perubahan kalender pendidikan tahun
pembelajaran 2016 / 2017
B.
MAKSUD DAN TUJUAN
1. Penyusunan
program Kerja Kepala Sekolah ini dimaksudkan
sebagai pedoman Kerja Kepala Sekolah dalam rangka melaksanakan tugas dan
tanggung jawab untuk mengelola Sekolah Dasar sebagai Unit Lembanga Pendidikan
Dasar
2. Tujuan
2.1 Tujuan
Umum
Secara umum Program Kerja Kepala Sekolah
bertujuan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai tugas dan
tanggung jawabnya memnelola Sekolah Dasar dalam Usahan pelaksanakannya secara efektif dan efisien
2.2 Tujuan
Khusus
Supaya
kepala Sekolah dapat :
a. Mengidentifikasi
dan menjadwalkan kegiatan-kegiatan awal,tengah,dan akhir tahun pembelajaran
b. Mengidentifikasi
dan menjadwalkan kegiatan-kegiatan rutin harian,mingguan,bulanan,semester,dan tahunan
c. Mengidentifikasi
dan menjadwalkan kegiatan-kegiatan khusus
d. Untuk
mencapai sasaran melaksanakan kegiatan secara optimal
C.
RUANG LINGKUP
Program kerja tahunan kepala sekolah ini
menjangkau seluruh kegiatan yang akan dapat diselesaikan dan merupakan tanggung
jawab kepala sekolah. Untuk mengelola unit ini dalam
merencanakan,mengkoordinasikan,pengawasan,dan mengevaluasi seluruh kegiatan
pendidikan di sekolah ini.
Kalau dirinci akan diperoleh tentang
cakupan rencana program kerja tahunan kepala sekolah sebagai berikut :
1. Kegiatan-kegiatan
yang dijadwalkan untuk melksanakan kegiatan pada awal tahun pelajran
2. Kegiatan
– kegiatan harus dilaksanakan setiap hari kerja
3. Kegiatan
– kegiatan yang dijadwalkan untuk ditangani secara mingguan,bulanan,dan
semester
4. Terdapat
kegiatan kegiatan yang dijadwalkan untuk dilaksanakan pada akhir tahun
pelajaran serta dijadwalkan secara khusus
D.
GAMBARAN UMUM TENTANG TARGET SASARAN
YANG INGIN DICAPAI
1. Sasaran
Keseluruhan jenis kegiatan dari kegiatan
awal tahun pembelajaran sampai pada kegiatan kegiatan akhir tahun pembelajaran serta
kegiatan –kegiatan yang bersifat khusus
2. Target
/ Sasaran umum
Keseluruhan jenis kegiatan yang
dijadwalkan dengan tertif dan
lancer.Keseluruhan kegiatan dapat terlaksana dengan baik agar fungsi sekolah
dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
UNIT DIKPORA KECAMATAN SUKAMULIA
SEKOLAH DASAR NEGERI 5 DASAN LEKONG
KODE POS : 83652
BAB
II
VISI,
MISI INDIKATOR VISI MISI, TUJUAN, STRATEGI, DAN TARGET
A.
VISI
“UNGGUL
DALAM PERESTASI, TERAMPIL, BERBUDAYA, BERBUDI LUHURDILNDASI IMAN DAN TAQWA”
B.
MISI
1. Meningkatkan
kualitas pembelajaran
C.
INDIKATOR VISI MISI
1. Melaksanakan
proses pembelajaran secara optimal untuk mencapai tujuan yang ditetapkan
2. Mengikuti
pembelajaran secara maksimal untuk mencapai prestasi yang optimal
3. Berprilaku
jujur dalam setiap tindakan
4. Terbiasa
dalam melaksanakn tata tertib sekolah berprilaku sopan dan santun dalam
bertindak dan bertutur kata
5. Terdidik
dalam menjaga dan melaksanakan 7 K sekolah
6. Bersikap
kritis dan demokratis dalam setiap tindakan
7. Peduli
terhadap hubungan di lingkukan social
8. Mengikuti
lomba-lomba untuk mengukur prestasi akademik siswa
9. Mengafresiasi
bakat dan minat siswa
10. Mengikuti
kegiatan-kegiatan ekstra untuk meningkatkan minat belaj siswa
D.
TUJUAN
A. Jangka
Pendek
1. Melakasanakan
kegiatan tengah semester,semester,dan UAS sesuai dengan program secara maksimal
untuk mencapai hasil yang optimal
2. Mencapai
kelulusan dan jumlah siswa melanjutkan
sampai 100 %
3. Meningkatkan
semangat belajar yang tinggi
4. Melaksakan
kegiatan ektrakurikuler seperti : pramuka,olahraga,UKS,seni lukis,seni music,seni
tari, teater.dan seni baca Algur’an
5. Membiasakan
prilaku budi Peketi Luhur
6. Menumbuhkan
semangat IMTAQ
7. Melaksanakan
7 K (Keamanan,kebersihan,ketertiban,keindahan,kekeluargaan,kerindangan ,dan
kenyamanan )
8. Melibatkan
peran serta masyarakat
B. Jangka Menengah dan Panjang :
Program jangka panjang sekolah antara lain :
1. Melengkapi
sarana dan prasarana sekolah seperti :
a. Pengadaan
ruang Mushola
b. Pengadaan
ruang UKS yang memadai
c. Pengadaan ruang Kepala Sekolah
d. Pengadaan
ruang pertemuan
e. Pengadaan
ruang gudang
2. Pengadaan
pembelajaran ACT
3. Menciptakan
suasana sekolah yang Kondusif sesuai dengan Visi,dan Misi Sekolah
E.
STRATEGI
1. Membudayakan
mengucapkan salam,terima kasih dan maaf
2. Membudayakan
sikap,tutur kata dan berprilaku budi pekerti yang luhur
3. Membudayakn
kebiasaan membaca,berdo’a sebelum dan sesudah jam pelajaran dimulai
4. Bembudayakan
membaca surat yasin yang dilakukan setiap hari jum’at
5. Membudayakan pembiasaan bertausyiah secara bergiliran di
kegiatan IMTAQ
6. Membudayakan
kultum saat membuka atau awal kegiatan rapat dinas
7. Mewujudkan
lingkungan sekolah yang bersih dan bernuansa kondusif
8. Membiasakan
sholat berjamaah di sekolah
9. Pembinaan
IMTAQ dan Budi Pekerti melalui pembiasaan
10. Memacu
peingkatan prestasi di bidang akademis dan non akademis
11. Memacu
sikap disiplin,kreatifitas guru, pegawai,dan siswa dalam berbagai kegiatan yang
produktif, edukatif serta kompetitif
F.
TARGET
Target
yang ingin dicapai melalui program pendidikan budi pekerti dan IPTEK meliputi :
1. Setiap
tahun diupayakan KKM dan NEM meningkat ( prestasi akademis meningkat )
2. Tersedianya ABP yang memadai
3. Tersedianya
sumber-sumber bacaan di perpustakaan yang mendudkung
4. Terlaksananya
program IMTAQ dan budi pekerti sesuai dengan visi dan misi
5. Terbentuknya
insane-insan lulusan sekolah yang berakhlak dan berbudi pekerti yang luhur
6. Setiap
tahun kesejahteraan guru dan pegaai meningkat sejalan dengan menigkatnya
profesionalisme dan prestasi kerja serta IMTAQ terhadap Tuhan Yang Maha Esa
7. Terwujudnya
lingkungan sekolah yang bersih dan kondusif
G.
SASARAN
1. Seluruh
siswa
2. Seluruh
warga sekolah ( guru,penjaga sekolah,satpam )
3. Seluruh
warga masyarakat di sekitar sekolah
4. Pengurus
komite dan Instansi sekolah
H.
JENIS
KEGIATAN
a. Melalui
Kegiatan Intrakurikuler
1. Membaca
surat yasin , ayat-ayat pendek,dan bertausyiah
setiap hari jum’at penganti senam pagi
2. Pemberian
kultum sebelum dan sesudah acara rapat dinas
3. Budaya
berdo’a, sebelum dan sesudah pelajaran
4. Budaya salam saat mengawali dan mengakhiri
pelajaran
5. Memaksimalkan
visi dan misi sekolah dengan hasil yang optimal
6. Mengintegrasikan
materi imtaq,dan budi pekerti ke semua mata pelajaran
b. Melalui
kegiatan ektrakurikuler
1. Membudayakan
salam,terima kasih dan maaf
2. Kegiatan
tausyiah/kultum oleh siswa dan untuk siswa
3. Mengefektifkan
kegiatan solat berjamaah
4. Mengikuti
lomba-lomba keagaman, seni,dan olah raga
5. Melaksanakan
kegiatan sosial keagamaan
6. Melaksanakan
kegiatan Infaq dan sodakoh setiap hari jum’at
7. Terbiasa
melakukan GETAR SUKAMULIA ( gerakan tabungan akhirat sukma yang mulia ) setiap
hari
8. Melatih
baca Alqur’an untuk membrantas buta huruf Aiqur’an
9. Program
terpadu Ekstrakurikuler dengan imtaq
10. Melaksanakan
sabtu bersih yang diikuti oleh seluruh warga sekolah
Kepala
Sekolah
SALMAH,S.Pd
NIP.
197012311994012010
BAB III
EVALUASI KERJA TAHUNAN
1. BENTUK
PROGRAM
Bentuk program kerja disesuaikan
berdasarkan petunjuk umum penyusunan program kerja tahunan sekolah
2. MATERI
KEGIATAN
Materi kegiatan program kerja kepala
sekolah meliputi :
1. Kegiatan
Awal Tahun
2. Kegiatan
Harian
3. Kegian
Mingguan
4. Kegian
Bulanan
5. Kegian
Semester
6. Kegiatan
Akhir Tahun
7. Kegiatan
Khusus
8. Kegiatan
Penunjang
3. PELAKSANAAN
EVALUASI PROGRAM
Dalam hal ini pelaksanaan disampaikan
pada penyusunan program kerja tahunan Kepala Sekolah tahun berikutnya
BAB IV
PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH
TAHUN PEMBELAJARAN 2016 / 2017
I.
KEGIATAN AWAL TAHUN PELAJARAN
a. Menyusun pembagian tugas guru setiap mata pelajaran
b. Menyusun
tugas mengajar
c. Menyusun
Kalender pendidikan,Jadwal ,dan Program pembelajaran
d. Menyusun
kebutuhan buku pelajaran dan buku pegangan guru
e. Menyusun
kelengkapan media pembeljaran
f. Menyiapkan
data-data awal tahun pembelajaran
g. Mengadakan
rapat dewan guru
II.
KEGIATAN HARIAN
a. Memeriksa
daftar hadir guru,pegawai, dan tenaga penjaga
b. Mengatur
dan memeriksa kegiatan 7 K di sekolah
c. Memeriksa
program pengajaran dan persiapan,
d. Menyelesaikan
surat-surat angka kredit guru,dan menerima tamu
e. Mengatasi
hambatan-hambatan terhadap berlangsungnya PBM
f. Mengatasi
kasus yang tengah terjadi
g. Memeriksa
segala sesuatu menjelang pelajran usai
h. Mengerjakan
administrasi kepala sekolah
i.
Melaksanakan supervise belajar mengajar
j.
Melaksanakan Sholat berjamaah
III.
KEGIATAN MINGGUAN
a. Melaksanakan upacara bendera Senin dan hari-hari besar
b. Menyelesaikan Melaksanakan senam kesegaran
jasmani
c. Memeriksa
agenda menyelesaikan surat-surat
d. Mengadakan
rapat mingguan
e. Memeriksa
keuangan
f. Mengatur
penyediaan keperluan perlengkapan kantor / sekolah
g. Mereviw
kegiatan harian
IV.
KEGIATAN BULANAN
A. Kegiatan
Awal Bulan
1. Menyelesaikan
setoran gaji guru,lapor bulan,rencana keperluan sekolah,dan rencana bulanan
2. Melakukan
pemeriksaan umum antara lain :
2.1.Buku,Kelas
daftar hadir guru ,pegawai,dan penjaga
2.2.Kumpulan
bahan evaluasi berikut analisisnya
2.3.Kumpulan
program pengajaran
2.4.Program
perencanaan kurikulum
2.5.Program
daya serap siswa
2.6.Program
perbaikan dan pengayaan
2.7.Buku
catatan pelaksanaan Bimbingan Konseling
B. Kegiatan
Akhir Bulan
1. Penutupan
buku
2. Penanggung
jawaban keuangan
3. Catatan
tentang siswa yang mendapat perhatian khusus
4. Evaluasi
terhadap persediaan dan penggunaan alat-alat di sekolah
5. Mutasi
siswa dan klaper
6. Review
kegiatan mingguan
V.
KEGIATAN SEMESTER
a.
Menyelenggarakan perbaikan alat-alat yang diperlukan di sekolah
b.
Menyelenggarakan pengisian buku induk
c.
Menyelenggarakan persiapan ulangan semester
d. Menyelenggarakan evaluasi
kegiatan BK, UKS,dan Ekstrakurikuler
e. Menyelenggarakan kegiatan akhir
semester
1. Data Kelas
2. Kumpulan Nilai ( Leher )
3. Catatan siswa yang mendapat
perhatian khusus
4. Pengisian buku nilai Leher
5. Pembagian buku raport
6. Pemanggilan orang tua
sejauh yang diperlukan untuk untuk berkonsultasi
tentang Perkembangan prestasi siswa
VI. KEGIATAN AKHIR TAHUN PELAJARAN
a. Menyelenggarakan
perbaikan alat-alat yang amsih perlu diperbaiki di sekolah
b. Menyelenggarakan
ulangan umum semester dan ujian akhir sekolah
c. Menyelenggarakan
persiapan ulangan umum semester dan ujian akhir sekolah :
1. Daftar
kumpulan nilai
2. Persiapan
bahan-bahan rapat guru
3. Pengisian
raport
4. Pemilihan
program
5. Rapat
kelulusan dan kenaikan kelas
d. Evaluasi
pelaksanaan program sekolah tahun pelajaran ayng bersangkutan dan menyusun
program yang akan dating
e. Merencanakan
RAPBS
f. Menyusun
program dan perbaikan sekolah
g. Pembuatan
laporan akhir tahun
h. Penerimaan
siswa baru :
1. Pembentukan
paniatia
2. Penyusunan
syarat-syarat pendaftaran
3. Penyiapan
formulir dan pengumuman
4. Pengumuman
siswa yang akan diterima dan daftar ulang
VII.
KEGIATAN KHUSUS
a. Menyusun
laporan semester pada bualn Desember
b. Menyusun
laporan tahunan pada bulan juli
c. Menyusun
laporan triwulan atu tahunan Inventaris
VIII.
KEGIATAN PENUNJANG
a. Menyiapkan
format-format penyusunan rencana program dan format-format lainnya
b. Menyiapkan
pembagian tugas guru dan tugas lainnya
c. Menyiapkan
aturan-aturan penyusunan pelaksanaan kegiatan
BAB V
MATERI PROGRAM KERJA
UNTUK JANGKA MENENGAH DAN PANJANG
J. UMUM
1.
Pembuatan program tahunan
2.
Fungsionalisme ruangan lingkungan
3.
Fungsionalisme ketenagaan
4.
Rapat-rapat
5.
Upacara
II.
KURIKULUM
1.
Pembagian tugas mengajar
2.
Penyusunan jadwal pelajaran
3.
Pelaksanaan KBM
4.
Evaluasi:
a.
Ulangan Umum
b.
Tengah Semeter
c.
Ujuan Akhir
5.
Kenaikan Kelas
6.
Laporan Evaluasi
III.
KESISWAAN
1.
Penerimaan siswa baru
2.
Orientasi Sekolah
3.
Bimbingan dan Konseling
4.
Pembinaan Siswa
5.
Kegiatan Ekstrakurikuler
IV.
KETENAGAAN
1.
Peningkatan profesi guru
2.
Pembinaan mental spiritual
3.
Pembinaan tugas guru dan karyawan
4.
Peningkatan kemampuan guru dalam ACT
5.
Usaha kesejahteraan guru
6.
Pengisian DP3/ Kinerja guru
7.
Pengisian Angka Kredit
8.
Laporan Keuangan
V.
SARANA DAN PRASARANA
1. Inventaris Sarana dan Prasarana
a. Perlengkapan kantor
b. Alat,bahan,dan buku
c. Perpustakaan
2.
Pengadaan barang inventaris
a. Pengadaan ruang musholla,ruang
Kepala sekolah,UKS,dan Gudang
b. Pengadaan ABP
3.
Pemeliharaan gedung / rehab
4. Laporan
Inventaris
VI.
KEUANGAN
1.
Inventaris sumber keuangan sekolah
2.
Pengelolaan Sumber keuangan sekolah
3.
Pembuatan penyetoran SPJ keuangan
4.
Penyusunan laporan keuangan sekolah
5.
Pemeriksaan keuangan sekolah
VII.
KETATA USAHAAN
1.
Administrasi ketenagaan
2.
Administrasi siswa
a.
Buku Induk Siswa
b.
Buku Klaper
c.
Buku Mutasi
3.
Kenaikan berkala
4.
Usul Kenaikan Pangkat
5.
Persiapan Surat Menyurat
6.
Laporan Ketata usahaan
VIII.
HUBUNGAN MASYARAKAT
1.
Rapat dengan Komite
2.
Rapat Pleno
3.
Rapat Pengurus
4.
Konsultasi dengan Instansi
IX.
SUPERVISI
1.
Pemeriksaan Administrasi PBM
2.
Kunjungan Kelas / Proses
3.
Pemeriksaan Sarana dan Prasarana
4.
Pemeriksaan administrasi tat usaha
5.
Pemeriksaan SK
6.
Pemeriksaan Keuangan
BAB VI
PENUTUP
Program kerja Kepala Sekolah mencakup program yang dapat dilaksanakan
dalam bentuk program kerja Harian,Mingguan,Bulanan,Semester,Awal Tahun,Akhir
Tahun,dan waktu-waktu khusus
Program Kerja ini diharapkan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas
sebagai Kepala Sekolah yang dilaksanakan secara maksimal sehingga dapat
mencapai tujuan dan hasil yang optimal.Sebagai pedoman dalam pengawasan
pelaksanaan sampai pada penilaian bagi pengawas pendidikan,Instansi terkait
maupun Komite Sekolah dalam pelaksanaan pendidikan pembelajaran di sekolah.
Dengan adanya program ini menjadi tolak ukur dan sebagai bahan peningkatan
efisiensi kerja serta memotivasi untuk meningkatkan seluruh usaha dan daya
upaya untuk bekerja lebih giat,belajar lebih banyak dari
membaca,bertanya,melatih,mencari serta pengalaman yang diperoleh melalui
pelaksanaan Program Kerja tersebut. Mudah-mudahan apa yang disusun dalam
program ini bermanfaat dalam peningkatan mutu pendidikan dan peningkatan ahklaq
serta budi pekerti yang tinggi bagi peserta didik khususnya untuk SDN 5 Dasan
Lekong dan Indonesia pada Umumnya. Amien !
PROGRAM KERJA TAHUNAN KEPALA SEKOLAH
TAHUN
PELAJARAN : 2015 / 2016
SEKOLAH : SDN 5
DASAN LEKONG
EmoticonEmoticon