TERAPI
AKTIVITAS KELOMPOK ( TAK )
STIMULASI SENSORIS
A. Pengertian Terapi Aktivitas Kelompok
Terapi
aktivitas kelompok (TAK) stimulus sensoris adalah upaya
menstimulasi semua pancaindra ( sensori ) agar member respon yang adekuat.
B. Tujuan Umum Terapi Aktivitas Keelompok
Tujuan umum
klien dapat berespon terhadap stimulus pancaindra yang diberikan, dan tujuan
khususnya adalah:
1. Klien mampu berespon terhadap suara yang
didengar
2. Klien mampu berespon terhadap gambar yang
diliht
3. Klien mampu mengekspresikan perasaan melalui
gambar
C. Aktivitas dan Indikasi
Aktivitas stimulasi
sensoris dapat berupa stimulus terhadap penglihatan, pendengaran, dan lain-lain
seperti gambar, video, tarian, dan nyanyian. Klien yang mempunyai indikasi TAK
stimulus sensoris adalah klien isolasi social, menarik diri, harga diri rendah
yang disertai dengan kurang komunikasi verbal.
D. Jenis terapi aktivitas kelompok
1.
TAK
stimulasi suara
2.
TAK stimulasi gambar
.
3. TAK
stimulasi suara dan gambar
TAK STIMULASI SENSORI SUARA
MENDENGAR MUSIK
Tujuan
· Klien mampu
mengenali musik yang didengar
· Klien mampu
menikmati musik sampai selesai
· Klien mempu
menceritakan perasaan setelah mendengarkan musik
Terapist
1. Leader
: suryani
2. Fasilitator
: baiq efin herlina
3. observer
: hilda farida
Setting
·
Terapis dan klien duduk bersama dalam lingkaran
·
Ruangan nyaman dan tenang
Alat
·
Tape recorder
·
Kaset lagu melayu ( dipilih lagu yang memiliki
cerita yang bermakna. Dapat juga lagu-lagu yang bermakna religius )
Metode
·
Diskusi
·
Sharing Persepsi
G. Langkah-langkah
Kegiatan
1. Persiapan
a. Membuat kontrak dengan klien yang sesuai
indikasi : klien menarik diri, harga
diri rendah
b.Mempersiapkan
alat dan tempat
2. Orientasi
a. Salam teraupeutik : Terapis mengucapkan salam
b. Evaluasi / validasi : Terapis menanyakan
perasaan klien hari ini
c. Kontrak :
1. Terapis menjelaskan tujuan kagiatan
2. Terapis menjelaskan aturan main yaitu :
·
Klien
harus mengikuti kegiatan dari awal sampai dengan akhir
·
Bila
ingin keluar dari kelompok, klien harus meminta izin kepada terapis
·
Lama
kegiatan 60 menit
3. Kerja
a. Terapis mengajak klien untuk saling
memperkenalkan diri (nama dan nama panggilan, serta asal), dimulai dari terapis
secara beruntun searah jarum jam.
b. Setiap kali seorang klien selesai
memperkenalkan diri, terapis mengajak klien untuk bertepuk tangan.
c. Terapis menjelaskan bahwa akan diputar lagu,
klien boleh berjoget sesuia irama lagu. Setelah selesai lagu tersebut peserta
akan menceritakan isi cerita dari lagu tersebut dan perasaan klien setelah
mendenar lagu
d. Terapis memutar lagu, klien mendengar, boleh
juga berjoget
e. Secara bergantian, klien menceritakan isi
lagu dan perasaannya secara bergiliran, sesuai arah jarum jam, sampai semua
peserta mendapat giliran.
f. Terapis memberikan pujian setiap klien
selesai menceritakan perasaannya.
d.
Terminasi
a. Evaluasi
1. Terapis
menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
2. Terapis
memberikan pujian atas pencapaian kelompok
b. Tindak lanjut : Terapis
menganjurkan klien untuk mendengarkan musik-musik yang baik dan bermakna dalam
kehidupan
c. Kontrak yang akan datang
1. Terapis
menyepakati kegiatan TAK berikutnya
2. Terapis
menyepakati waktu dan tempat TAK
Evaluasi Dan
Dokumentasi
1. Evaluasi
Evaluasi dilakukan saat proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap
kerja.aspek yang dievaluasi adlah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK.
Untuk TAK stimulasi sensori mendengar musik, kemampuan klien yang diharapkan
dalah mengikuti kegiatan , respon terhadap musi, memberi pendapat tentang musik
yang didengar dan perasaan sat mendengar music. Formulir evaluasi sebagai
berikut:
STIMULASI
SENSORI MENDENGAR MUSIK
KEMAMPUAN
MEMBERI RESPON PADA MUSIK
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
NAMA KLIEN
|
||
1.
|
Mengikuti kegiatan
dari awal sampai akhir
|
|||
2.
|
Memberi respon (
ikut bernyanyi/ menari/ joget/ menggerakkan tangan dan kaki dagu sesuai irama
)
|
|||
3.
|
Memberi pendapat
tentang musik yang didengar
|
|||
4.
|
Menjelaskan
perasaan setelah mendengarkan lagu
|
Petunjuk
1.
Tulis
nama panggilan klien yang ikut TAK pada kolom nama klien
2.
Untuk
tiap klien, beri penilaian tentang kemampuan klien mengikuti, merespon, memberi
pendapat, mennyampaikan perasaan tentang music yang didengar (√) jika klien mampu dan tanda (×) jika klien
tidak mampu
Dokumentasi
Dokumentasikan
kemampuan yang dimiliki klien saat TAK pada catatan proses keperawatan tiap
klien. Contoh : klien mengikuti sesi 1, TAK stimulasi sensori mendengar music.
Klien mengikuti kegiatan sampai akhir dan menggerakkan jari sesuai dengan irama
music namun belum mampu memberi pendapat dan perasaan tentang music. Latih
klien untuk mendengarkan music diruang rawat.
TAK STIMULASI SENSORI
MENGGAMBAR
Tujuan
·
Klien
dapat mengekspresikan perasaan melalaui gambar
·
Klien
dapat memberi makna gambar
Terapist
1. Leader
: .............
2. Fasilitator
: ............
4. observer
: .............
Setting
1. Klien
duduk melingkar
2. Tempat
tenang dan nyaman
Alat
1. Kertas HVS
2. Pensil 2B
Metode
1. Dinamika kelompok
2. Diskusi
Langkah-langkah
Kegiatan
1. Persiapan
a. Membuat kontrak
dengan klien
b. Mempersiapkan
alat dan tempat
2.
Orientasi
a. Salam teraupeutik : Terapis mengucapkan salam
b. Evaluasi / validasi : Terapis menanyakan
perasaan klien hari ini
c. Kontrak :
1. Terapis menjelaskan tujuan TAK
2. Terapis menjelaskan aturan main yaitu :
· Klien harus mengikuti
TAK dari awal sampai dengan akhir
· Bila ingin keluar dari
kelompok, klien harus meminta izin kepada terapis
· Lama kegiatan 60 menit
3.
Kerja
a.
Terapis
menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu menggambar dan cerita hasil
gambar kepada klien lain
b.
Terapis
membagikan kertas dan pensil, satu pasang untuk setiap klien.
c.
Terapis
meminta klien menggambar apa saja sesuai dengan perasaan hatinya
d.
Sementara
klien mulai menggambar, terapis berkeliling dan memberi penguatan kepada klien
untuk meneruskan menggambar, jangan mencela klien
e.
Setelah
selesai semua menggambar, terapis meminta masing-masing klien untuk
menceritakan gambar yang telah dibuatnya. Yang harus di ceritakan adalah gambar
apa dan apa makna gambar tersebut menurut klien
f.
Kegiatan
dilakukan sampai semua klien mendapat giliran
g.
Setiap
kali klien selesai meneritakan gambarnya, terapis mengajak klien lain bertepuk
tangan.
4. Terminasi
a. Evaluasi
1. Terapis
menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
2. Terapis
memberikan pujian atas pencapaian kelompok
b. Tindak lanjut : Terapis
menganjurkan klien untuk mengekspresikan perasan melalui gambar
c. Kontrak yang akan datang
1. Terapis
menyepakati kegiatan TAK berikutnya
2. Terapis
menyepakati waktu dan tempat TAK
Evaluasi dan Dokumentasi
Evaluasi
Evaluasi dilakukan
saat proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang di evaluasi
adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAK stimulasi sensori
menggambar, kemampuan klien yang diharapkan adalah mampu mengikuti kegiatan,
menggambar, menyebutkan apa yang digambar dan menceritakan makna gambar.
SESI 2: TAK
STIMULASI SENSORI
MENGGAMBAR
Kemampuan memberi
respon Terhadap menggambar
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
NAMA KLIEN
|
||
1.
|
Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
|
|||
2.
|
Menggambar sampai selesai
|
|||
3.
|
Menyebutkan gambar apa
|
|||
4.
|
Menceritakan makna gambar
|
Petunjuk :
1 Tulis
nama panggilan klien yang ikut TAK pada kolom nama klien
2 Untuk
tiap klien, beri penilaian tentang kemampuan klien mengikuti, menggambar,
menyebutkan gambar dan menceritakan makna gambar. Beri tanda (√) jika klien mampu dan tanda (×) jika klien
tidak mampu
Dokumentasi
Dokumentasikan
kemampuan yang dimiliki klien saat TAK pada catatan proses keperawatan tiap
klien contoh : klien mengikuti sesi 2 TAK stimulasi sensori menggambar. Klien
mengikuti sampai selesai. Klien mampu menggambar, menyebutkan nama gambar, dan
menceritakan makna gambar. Anjurkan klien untuk mengungkapkan perasaan melalui
gambar.
TAK
STIMULASI SENSORI
MENONTON TV/VIDEO
Tujuan
·
Klien
dapat menikmati menonton TV/video yang bermakna positif untuk klien
·
Klien
menceritakan makna acara yang ditonton.
Terapist
1. Leader : hilda farida
2. Fasilitator
: suryani
3. observer
: baiq efin herlina
Setting
1. Klien
duduk membentuk setengah lingkaran di depan TV
2. Ruangan
aman dan tenang
Alat
1. Video
2. Televisi
3. VCD
Metode
Diskusi
Langkah-langkah Kegiatan
1. Persiapan
a. Membuat kontrak
dengan klien
b. Mempersiapkan alat
dan tempat
2.
Orientasi
a. Salam teraupeutik : Terapis mengucapkan salam
b. Evaluasi / validasi : Terapis menanyakan
perasaan klien hari ini
c. Kontrak :
1. Terapis menjelaskan tujuan TAK
2. Terapis menjelaskan aturan main yaitu :
· Klien
harus mengikuti TAK dari awal sampai dengan akhir
· Bila ingin keluar dari
kelompok, klien harus meminta izin kepada terapis
· Lama kegiatan 60 menit
3.
Kerja
a.
Terapis
menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu menonton TV/video dan
menceritakan makna yang telah di tonton
b.
Terapis
memutar TV/video yang telah dipersipkan
c.
Setelah
selesai menonton, masing-masing klien diberi kesempatan menceritakan isi
tontonan dan maknanya untuk kehidupan klien beruntun searah jarum jam, dimulai
dari klien yang ada disebelah kiri terapis
d.
Setiap
selesai klien menceritakan persepsinya, terapis mengajak klien lain bertepuk
tangan dan memberi pujian, sampai semua klien mendapatkan giliran.
4.
Terminasi
a. Evaluasi
1. Terapis
menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
2. Terapis
memberikan pujian atas pencapaian kelompok
b. Tindak lanjut : Terapis
menganjurkan klien untuk menonton acara
c. Kontrak yang akan datang
1. Terapis
menyepakati kegiatan TAK berikutnya
2. Terapis
menyepakati waktu dan tempat TAK
Evaluasi dan Dokumentasi
Evaluasi
Evaluasi dilakukan
saat proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang dievaluasi
adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk stimlasi sensori
menonton, kemampuan klien yang diharapkan adalah mengikuti kegiatan, berespon
terhadap tontonan, menceritakan isi tontonan, dan mengungkapkan perasaan saat
menonton. Formulir evaluasi sebagai berikut :
SESI 3: TAK
STIMULASI
SENSORIS MENONTON
Kemampuan
memberi respon pada tontonan
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
NAMA KLIEN
|
||
1.
|
Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir TAK
|
|||
2.
|
Memberi respon pada saat menonton (senyum, sedih, dan gembira)
|
|||
3.
|
Menceritakan cerita dalam TV/video
|
|||
4.
|
Menceritakan perasaan saat menonton
|
Petunjuk :
1)
Tulis
nama panggilan klien yang ikut TAK pada kolom nama klien
2)
Untuk
tiap klien, beri penilaian tentang kemampuan klien mengikuti, berespon,
menceritakan, dan menyampaikan perasaan saat menonton. Beri tanda (√) jika klien mampu dan tanda (×) jika klien
tidak mampu
Dokumentasi
Dokumentasikan
kemampuan yang dimiliki klien saat TAK pada catatan proses keperawatan tiap
klien. Contohnya : klien mengikuti sesi 3 TAK stimulasi sensori menonton. Klien
mengikuti kegiatan sampai selesai, ekspresi datar, dan tanpa respon, klien
tidak dapat menceritakan isi tontonan dan perasaannya. Tingkatkan stimulus
diruangan, ulang kembali dengan stimulus yang berbeda.
LERMBAR OBSERVASI
Sesi 1: TAK Stimulasi Persepsi Umum
Kemampuan Persepsi : musik
Ruangan : Anggrek
Observer :
Tanggal : 23 September 2013
NO
|
Nama klien
|
Memberi pendapat tentang musik
|
Memberi tanggapan terhadap pendapat klien
|
Mengikuti kegiatan sampai selesai
|
1
|
Mas Ilham
|
|
|
|
2
|
Mas Arya
|
|
|
|
3
|
Mas koko
|
|
|
|
4
|
Mas tino
|
|
|
|
5
|
Mas sanusi
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
Petunjuk :
- Tulis nama klien yang ikut TAK pada
kolom nama klien
- Untuk tiap klien semua aspek dinilai
dengan memberi tanda(V) jika klien mampu dan tanda (x) jika klien tidak
mampu
LERMBAR
OBSERVASI
Sesi 2 :TAK
Stimulasi Persepsi Umum
Kemampuan Persepsi : menggambar
Ruangan : Anggrek
Observer :
Tanggal : 23 September 2013
NO
|
Nama klien
|
Memberi pendapat tentang gambar
|
Memberi tanggapan terhadap pendapat klien
|
Mengikuti kegiatan sampai selesai
|
1
|
Mas Ilham
|
|
|
|
2
|
Mas Arya
|
|
|
|
3
|
Mas koko
|
|
|
|
4
|
Mas tino
|
|
|
|
5
|
Mas sanusi
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
Petunjuk :
- Tulis nama klien yang ikut TAK pada
kolom nama klien
- Untuk tiap klien semua aspek dinilai dengan memberi tanda(V) jika klien mampu dan tanda (x) jika klien tidak mampu
LERMBAR
OBSERVASI
Sesi 3 : TAK
Stimulasi Persepsi Umun
Kemampuan Persepsi : Menonton TV
Ruangan : Anggrek
Observer :
Tanggal : 23 September 2013
NO
|
Nama
Klien
|
Memberikan pendapat tentang acara televisi
|
Memberi tanggapan terhadap pendapat klien
|
Mengikuti kegiatan sampai selesai
|
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
Petunjuk :
- selesai Tulis nama panggilan klien
yang ikut TAK pada kolom nama klien
- Untuk tiap klien ,beri penilaian
kemampuan memberi pendapat tentang acara TV,memberi tanggapan terhadap
pendapat klien lain ,mengikuti
kegiatan sampai selesai.Beri tanda (V) jika klien mampu dan tanda(x) jika
klien tidak mampu
EmoticonEmoticon