STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMATIK KELAS I (1)
TEMA : Diri Sendiri
KELAS 1 SEMESTER 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. IPS:
Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan
keluarga.
|
·
Mengidentifikasi
identitas diri , keluarga, dan kerabat.
|
2. IPA:
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya
serta cara
perawatannya.
|
· Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan
kegunaannya serta cara perawatannya.
|
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
|
· Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama,
dan suku bangsa.
|
4. Matematika:
Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20.
|
·
Membilang banyak
benda .
· Mengurutkan banyak benda
|
5. Bahasa Indonesia:
Mendengarkan:
Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng
yang dilisankan.
Berbicara: Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamasi.
Membaca:
Memahami teks pendek dengan membaca
nyaring.
Menulis:
Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
·
Membedakan bunyi
bahasa.
· Memperkenalkan diri dengan bahasa yang
santun.
· Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan
fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
· Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf.
· Menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran, dan bentuk huruf.
|
6. Seni Budaya dan Keterampilan:
Mengapresiasi karya seni rupa.
Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa.
|
· Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam
sekitar.
· Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek..
|
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)
|
TEMA : Budi Pekerti
KELAS 1 SEMESTER 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. IPS:
Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan
keluarga.
|
· Menunjukkan sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
|
2. IPA:
Mengenal cara mememlihara lingkungan agar
tetap sehat
|
· Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
|
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
|
·
Menerapkan hidup
rukun di rumah dan di sekolah.
|
4. Matematika:
Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
|
· Menentukan lama suatu kejadian berlangsung.
· Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari. (pendek
panjang) dan membandingkannya.
|
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan:
· Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng
yang dilisankan.
Berbicara:
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca:
· Memahami teks pendek dengan membaca
nyaring.
Menulis:
· Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
· Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah
dan petunjuk guru.
· Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita.
· Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang
tepat.
· Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
· Menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran dan bentuk huruf.
· Mencontoh huruf , kata, atau kalimat
sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
· Melengkapi kalimat yang belum selesai
berdasarkan gambar
|
6. Seni Budaya dan Keterampilan:
Mengapresiasi karya seni tari.
|
· Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkat tinggi
|
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)
|
TEMA : Keluarga
KELAS 1 SEMESTER 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. IPS:
Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan
keluarga.
|
· Menceritaan pengalaman
|
2. IPA:
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya
serta cara perawatannya
|
· Membiasakan hidup sehat.
|
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
|
· Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
|
4. Matematika:
Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20
|
·
Menyelesaikan masalah yang terkait penumlahan sampai
dengan 20.
·
Menentukan waktu (pagi,
siang, malam) hari dan jam (secara bulat)
|
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan:
· Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng
yang dilisankan.
Berbicara:
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca:
· Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis:
· Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
· Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah
dan petunjuk guru.
· Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita.
· Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang
tepat.
· Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
· Menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran dan bentuk huruf.
· Mencontoh huruf , kata, atau kalimat
sederhana dari buku atau papan
tulis dengan benar.
· Melengkapi kalimat yang belum selesai
berdasarkan gambar
|
6. Seni Budaya dan Keterampilan:
Mengapresiasi karya seni musik.
|
·
Mengidentifikasi
unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)
|
TEMA : KEGEMARAN
KELAS 1 SEMESTER 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. IPS:
Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan
keluarga.
|
· Menunjukkan sikap hidup rukun
dalam kemajemukan keluarga
|
2. IPA:
Mengenal berbagai sifat benda dan
kegunaanya melalui pengamatan perubahan bentuk benda
|
· Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya.
· Mengidentifikasikan kegunaan benda di
lingkungan sekitar.
|
3. PKN :
Membiasakan hidup tertib di
rumah dan di sekolah.
|
· Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
|
4. Matematika:
Menggunakan pengukuran waktu
dan panjang
|
· Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan waktu
· Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma,
tabung, bola dan kerucut)
|
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan:
· Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng
yang dilisankan.
Berbicara:
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca:
· Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis:
· Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan,
mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
· Membedakan bunyi bahasa.
· Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
· Menyapa orang lain dengan
kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
· Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yan tepat.
· Membaca nyaring kalimat
sederhana dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
· Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
· Menebalkan berbagai bentuk
gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
· Mencontoh huruf , kata,
atau kalimat sederhana dari buku atau
papan tulis dengan benar.
· Melengkapi kalimat yang
belum selesai berdasarkan
gambar
|
6. Seni Budaya dan Keterampilan:
· Mengapresiasi karya seni
tari
· Mengekpresikan diri melalui
karya seni tari.
|
· Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari
menurut tingkatan tinggi rendah.
|
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)
|
TEMA : Lingkungan
KELAS 1 SEMESTER 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. IPS:
Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan
keluarga.
|
· Menceritakan pengalaman
|
2. IPA:
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
|
·
Mengidentifikasi
kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makan, air, pakaian, udara,
lingkungan ).
|
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
|
·
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
|
4. Matematika:
Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20.
|
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
|
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan:
· Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng
yang dilisankan.
Berbicara:
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca:
· Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis:
· Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
·
Membedakan bunyi bahasa.
· Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan
yang tepat dan bahasa yang santun..
· Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
· Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran
dan bentuk huruf.
· Menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran, dan bentuk huruf.
· Mencontoh huruf, kata atau kalimat
sederhana dari buku atau papan tulis dengan
benar.
|
6. Seni Budaya dan Keterampilan:
· Mengapresiasi karya seni musik
|
·
Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan
tubuh manusia
|
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)
|
TEMA : Pengalaman
KELAS 1 SEMESTER 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. IPS:
Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan
keluarga.
|
· Menceritaan pengalaman
· Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga
|
2. IPA:
Mengenal cara mememlihara
lingkungan agar tetap sehat
|
· Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
|
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
|
· Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan
di rumah maupun di sekolah.
|
4. Matematika:
Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
|
·
Menentukan
waktu (pagi, siang, malam) hari dan jam (secara bulat)
|
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan:
· Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng
yang dilisankan.
Berbicara:
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca:
· Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis:
· Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
·
Membedakan bunyi bahasa
·
Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan
intonasi yang sesuai.
·
Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang
tepat.
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran dan bentuk huruf.
·
Mencontoh huruf , kata, atau kalimat
sederhana dari buku atau papan
tulis dengan benar.
·
Melengkapi kalimat yang belum selesai
berdasarkan gambar
|
6. Seni Budaya dan Keterampilan:
Mengapresiasi karya seni tari.
|
·
Menidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat.
· Menampilkan gerak tari menurut
tingkatan tinggi rendah.
|
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMATIK KELAS I (2)
TEMA: BUDI PEKERTI
KELAS 1 SEMESTER 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
IPA/ Sains:
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya
terhadap kegiatan manusia
|
IPA
Membedakan pengaruh musim kemarau dengan
musim hujan pada kegiatan manusia .
|
IPS:
Mendeskripsikan lingkungan rumah
|
IPS:
·
Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam
menjaga kebersihan rumah
|
PKN:
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
PKN:
Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
|
Matematika:
Mengenal bangun datar sederhana
|
Matematika:
·
Menunjukkan
benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan
lingkaran.
·
Mmenyebut-kan
cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·
Menjiplak berbagai
bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·
Mengelompokkan
berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk,
permukaan, warna, atau cirri lainnya.
|
Bahasa Indonesia:
Mendengarkan
·
Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar
dan dongeng.
Berbicara
·
Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng.
Membaca
·
Memahami teks
pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
·
Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui dikte dan menyalin
|
Bahasa Indonesia:
Mendengarkan
·
Menyebutkan isi dongeng
Berbicara
·
Menceritakan
isi gambar tunggal atau seri
sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·
Melakukan
percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah
dikuasai.
·
Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu
hal atau kegiatan dengan alas an sederhana.
·
Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang
disukai dengan ekspresi yang tepat.
Membaca
·
Membaca lancar
beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
Menulis
·
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan huruf tegak bersambung.
|
Seni Budaya dan Keterampilan:
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
|
Seni Budaya dan Keterampilan:
·
Mengidentifikasi unsur rupa pada
benda alam sekitar.
·
Mengekspresikan diri melalui
teknik menggunting / menyobek
|
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)
|
TEMA: KELUARGA
KELAS 1 SEMESTER 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
IPS:
Mendeskripsikan lingkungan rumah
|
IPS:
Mendeskripsikan letak rumah
|
IPA/ Sains:
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya
terhadap kegiatan manusia
|
IPA:
Mengidentifikasi
penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan
magnet)
|
PKN:
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
PKN:
Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
|
Matematika:
Mengenal bangun datar sederhana
|
Matematika:
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua
angka
|
Bahasa Indonesia:
Berbicara:
·
Mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan
tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca:
·
Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis:
·
Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan,
mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa Indonesia:
Berbicara
·
Menceritakan isi
gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
·
Melakukan
percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
Membaca
·
Membaca lancar
beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang
tepat.
·
Membaca puisi anak
yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan
huruf tegak bersambung.
·
Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
|
Seni Budaya dan Keterampilan:
·
Mengapresiasi karya seni musik
|
Seni Budaya dan Keterampilan:
·
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·
Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting /
menyobek
|
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)
|
TEMA: LINGKUNGAN
KELAS 1 SEMESTER 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
IPS:
Mendeskripsikan lingkungan rumah
|
IPS:
·Mendeskripsikan
letak rumah
|
IPA/ Sains:
Mengenal berbagai bentuk energi,
manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
IPA:
Mengidentifikasi
penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan
magnet)
|
PKN:
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
PKn:
·
Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
|
Matematika:
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam
pemecahan masalah.
|
Matematika:
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua
angka
|
Bahasa Indonesia:
Berbicara:
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca:
· Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis:
· Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan,
mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa Indonesia:
Mendengarkan
·
Mengulang
deskripsi tentang benda benda di
sekitar.
·
Menyebutkan
isi dongeng.
Berbicara
·
Melakukan
percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·
Memerankan tokoh
dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat.
Membaca
·
Membaca lancar
beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang
tepat
Menulis
·
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan
huruf tegak bersambung.
|
Seni Budaya dan Keterampilan:
·
Mengapresiasi karya seni musik
|
Seni Budaya dan Keterampilan:
·
Menampilkan pola
irama dan melodi sederhana
·
Memeragakan dinamik
sederhana
· Mengekspresikan diri melalui vocal alat musik, atau sumber bunyi
sederhana.
|
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)
|
TEMA: KEBERSIHAN
KELAS 1 SEMESTER 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
IPS:
Mendeskripsikan lingkungan rumah
|
IPS:
·
Menceritakan kembali peristiwa penting
|
IPA:
Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
|
IPA:
·
Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak melalui percobaan.
·
Mengidentifikasi penyebab benda bergerak ( batere, per/
pegas, dorongan tangan dan magnet )
|
PKN:
Menerapkan hak anak di rumah dan
di sekolah
|
PKN:
·
Melaksanakan hak
anak di rumah dan di sekolah
|
Matematika:
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan masalah
|
Matematika:
·
Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua
angka
|
Bahasa Indonesia:
Mendengarkan:
· Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng
yang dilisankan.
Berbicara:
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca:
· Memahami teks pendek dengan membaca
nyaring.
Menulis:
· Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa Indonesia:
Mendengarkan
·
Mengulang deskripsi
tentang benda benda di sekitar.
·
Menyebutkan isi
dongeng.
Berbicara
·
Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu
hal atau kegiatan dengan alas an sederhana..
Membaca
·
Membaca lancar
beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang
tepat.
·
Membaca puisi anak
yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan
huruf tegak bersambung.
·
Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
|
Seni Budaya dan Keterampilan:
Mengapresiasi karya seni musik
|
Seni Budaya dan Keterampilan:
·
Mengidentifikasi unsure
/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam
|
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)
|
TEMA: KESEHATAN
KELAS 1 SEMESTER 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
IPS:
Mendeskripsikan lingkungan rumah
|
IPS:
·
Menjelaskan
lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
|
IPA:
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
|
IPA:
·
Mengenal
berbagai benda langit melalui
pengamatan
|
PKN:
Menerapkan hak anak di rumah dan
di sekolah
|
PKN:
·
Melaksanakan aturan
yang berlaku di masyarakat
|
Matematika:
Menggunakan pengukuran berat
|
Matematika:
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
|
Bahasa Indonesia:
Mendengarkan:
· Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng
yang dilisankan.
Berbicara:
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca:
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis:
· Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa Indonesia:
Mendengarkan
·
Menyebutkan
isi dongeng.
Berbicara
·
Menceritakan isi
gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·
Melakukan
percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah
dikuasai.
·
Memerankan tokoh
dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat.
Membaca
·
Membaca lancar
beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang
tepat.
·
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan
huruf tegak bersambung
|
Seni Budaya dan Keterampilan:
· Mengapresiasi karya seni musik
·
Mengapresiasi karya seni tari
|
Seni Budaya dan Keterampilan:
·
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
·
Menunjukkan sikap apresiasif terhadap gerak tari
menurut tingkatan tinggi rendah.
·
Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi
|
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)
|
TEMA: PERISTIWA
KELAS 1 SEMESTER 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
IPS:
Mendeskripsikan lingkungan rumah
|
IPS:
·
Menceritakan kembali peristiwa penting
|
IPA:
Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
IPA:
·
Membedakan
gerak benda yang mudah bergerak
dengan benda yang sulit bergerak melalui percobaan
|
PKN:
Menerapkan hak anak di rumah dan
di sekolah
|
PKN:
·
Menjelaskan
hak anak untuk belajadengan gembira dan didengar pendapatnya
|
Matematika:
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka
dalam pemecahan masalah
|
Matematika:
·
Membilang banyak
benda
·
Mengurutkan banyak
benda
|
· Bahasa Indonesia:
Berbicara:
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca:
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis:
· Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa Indonesia:
Bebicara
·
Menceritakan
isi
·
gambar tunggal atau
seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengert
·
Melakukan
percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah
dikuasai.
Membaca
·
Membaca lancar
beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak
yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis kalimat
sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·
Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
|
Seni Budaya dan Keterampilan:
· Mengapresiasi karya seni musik
|
Seni Budaya dan Keterampilan:
·
Mengidentifikasi
unsure rupa pada benda di alam sekitar.
·
Menyatakan sikap
apresiatif terhadap unsure rupa pada benda di alam sekitar.
·
Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar
ekspresif.
·
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupas dus dimensi dengan teknik menempel.
|
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)
|
TEMA: PERMAINAN
KELAS 1 SEMESTER 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
IPS:
Mendeskripsikan lingkungan rumah
|
IPS:
·
Menjelaskan
lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
|
IPA:
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
|
IPA:
·
Mengenal
berbagai benda langit melalui pengamatan
|
PKN:
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
PKN:
·
Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
|
Matematika:
Menggunakan pengukuran berat
|
Matematika:
·
Menggunakan sifat oprasi pertukaran dan pengelompokkan
·
Membandingkan berat benda ( ringan , berat )
|
· Bahasa Indonesia:
Mendengarkan:
Memahami wacana lisan tentang benda-benda
di sekitar dan
dongeng sekitar dan dongeng
Berbicara:
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca:
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis:
· Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa Indonesia:
Mendengarkan
·
Mengulang
deskripsi tentang benda benda di
sekitar.
Berbicara
·
Menceritakan isi
gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah
dimengerti.
Membaca
·
Membaca lancar
beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5
kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak
yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan
huruf tegak bersambung.
·
Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
|
Seni Budaya dan Keterampilan:
· Mengapresiasi karya seni musik
·
Mengapresiasi karya seni tari
|
Seni Budaya dan Keterampilan:
·
Mengekspresikan diri
melalui vocal, alat musik, atau sumber bunyi sederhana
·
Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib.
·
Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat
|
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin (Discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerja sama (Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)
|
Arah Pengembangan
Standar kompetensi
dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
EmoticonEmoticon