INSTRUMEN MONITORING PENYELENGGARAAN
PENDIDIKAN DI SEKOLAH
FOKUS/ASPEK EVALUASI
|
INDIKATOR
|
ASPEK-ASPEK YANG DIMONITOR
|
DESKRIPSI TEMUAN
|
1. Disain
Kurikulum
|
Disain
kurikulum terencana dan terorganisir
|
· Rasional
· Prinsip-prinsip
· Kerangka Dasar Struktur
· Deskripsi
· Strategi
· Kalender akademik
· Penilaian
· Pelaporan
· Tata Tertib
· Kegiatan Ekstra
· Pedoman pelaksanaan
· Perbaikkan kurikulum
|
|
2.
Silabus dan Isi Program
|
Silabus
dan isi program relevan dengan tujuan yang ingin dicapai
|
· Silabus
· Kompetensi dasar
· Standar Kelulusan
· Indikator keberhasilan
· Materi
· Kegiatan pembelajaran
· Penilaian
· Buku / Sumber
· Isi program
· Program tahunan
· Program semester
|
|
3. Proses Dan Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran dilaksanakan dengan tepat
|
· Metode pembelajaran
· Media pembelajaran
· Menejemen kelas
· Waktu belajar
· Evaluasi prestasi siswa
· Interaksi guru-siswa
· Peran guru
· Pekerjaan rumah
· Pengayaan dan remedial
· Supervisi pembelajaran
· Lomba-lomba akademis
· Konseling
· kedisiplinan
|
|
4. Materi
dan Bahan Ajar
|
Materi
dan Bahan Ajar digunakan sesuai dengan silabus dan isi program
|
· Bahanajar di kelas
· Bahan ajar tambahan
· Lembar kerja siswa
|
|
5. Guru
dan Pelatihan Guru
|
Guru
membantu siswa mencapai tujuan pembelajarannya dengan baik
|
· Diklat guru
· Forum bersama/rapat
· Kelompok kerja
· MGMP
· KKG
|
|
6. Pemantauan Perkembangan
|
Persepsi
siswa terhadap pembelajaran guru baik
|
· Monitoring dan supervisi
· Penggunaan hasil monitoring dan supervisi
· Demokratisasi
· Kedisiplinan
· Motivasi
· Budaya sekolah: Asih asah asuh
|
|
7.
Layanan kepada Siswa
|
Layanan
administrasi sekolah kepada siswa dilakukan dengan baik
|
· Sistem pelayanan
· Koordinasi pelayanan
· Keamanan dan keselamatan
· Bank data
· Kesehatan
· Nutrisi
· Transportasi
· Sistem informasi
|
|
8. Sekolah dan Lingkungan Sekolah
|
Lingkungan
sekolah mendukung pendidikan di sekolah
|
· Fasilitas fisik
· Peralatan
· Perawatan
· Hubungan dan komunikasi sosial
· Kemitraan
· Jejaring/kolaborasi dengan publik
|
|
9.
Pengembangan Staff
|
Sekolah
mampu meningkatkan keefektifan kinerja karyawan
|
· Sistem pengelolaan pegawai
· Penghargaan prestasi
· Pengembangan profesi
· Pendelegasian tugas
· Kualitas komunikasi
· Iklim kerja
· Daya adaptasi dengan perubahan
|
|
10. Pengambilan Keputusan (POS)
|
Pengambilan Keputusan sekolah dilakukan sesuai dengan
prosedur yang ditetapkan
|
· Prosedur pengambilan keputusan
· Instruksi kerja
· Semangat hukum, etika dan norma
· Menejemen resiko
· Keputusan makro dan mikro
|
|
FORMAT RENCANA
TINDAK LANJUT HASIL TEMUAN
NO.
|
DESKRIPSI TEMUAN
|
ALTERNATIF PEMECAHAN
|
PROGRAM KERJA PENINGKATAN KUALITAS
|
1
|
Disain Kurikulum
|
....................................
|
...........................................................
|
2
|
Silabus dan isi program:
Contoh:
Silabus masih banyak mengandung kesalahan; guru belum
memahami penyusunan kegiatan belajar
|
Guru perlu diberi pelatihan tentang penulisan silabus
yang benar
|
Program pelatihan penulisan silabus
|
3
|
....................................
|
......................................
|
...........................................................
|
4
|
....................................
|
......................................
|
...........................................................
|
5
|
....................................
|
......................................
|
...........................................................
|
6
|
Pemantauan Perkembangan:
Contoh:
Kedisiplinan siswa perlu ditingkatkan, pada jam pelajaran
masih banyak siswa yang berkeliaran di luar kelas
|
Perlu sinkronisasi antara guru dan siswa dalam
menerapkan tata tertib sekolah; guru harus menjadi teladan bagi siswa dalam
menerapkan tata tertib sekolah; sekolah perlu menerapkan hukuman yang
mendidik bagi siswa yang melakukan pelanggaran dalam batas tertentu
|
Program peningkatan disiplin siswa
Program pemberian hukuman
Program sosialisasi tata tertib sekolah
Program diskusi tentang tata tertib sekolah
|
|
|
|
|
EmoticonEmoticon