Format SilabusEdisi04-03-2013
|
MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SD
Kelas : I (satu)
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Terbiasa berdoa
sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2
Meyakini adanya
Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
1.3
Mensyukuri
karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan
Q.S. Al-Ikhlas
1.4
Terbiasa
bersuci sebelum beribadah
1.5 Terbiasa membaca Basmalah setiap memulai aktivitas
|
|
|
|
|
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari
pemahaman sifat “shiddiq” Rasulullah SAW
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan
guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31): 14
2.3 Memiliki perilaku hormat kepada sesama anggota keluarga
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.4 Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
2.5 Memiliki sikap percaya diri sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Ikhlas
2.6 Memiliki sikap yang baik ketika berbicara sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 83
2.7 Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq (96): 1-5
2.8
Memiliki
perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi
pemahaman makna bersuci
|
|
|
|
|
|
3.12
Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw
4.12
Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw
|
Kisah
keteladanan dan kasih sayang Nabi
Muhammad saw
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi Muhammad saw secara klasikal maupun
individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Muhammad saw baik secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang ketelaladanan
Nabi Muhammad saw
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan keteladanan Nabi Muhammad saw
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji yang terdapat pada
kisah keteladanan nabi Muhammad saw
· Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi
Muhammad saw baik secara klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi
Muhammad saw secara individual atau kelompok
· Menguhubungkan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw dengan sikap kasih
sayang dalam kehidupan sehari-hari
Komunikasi
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Muhammad saw secara
kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang sikap kasih sayang
· Menceritakan isi gambar tentang bentuk kasih sayang terhadap sesama
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterait
dengan
· menceritakan isi gambar tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat paparan tentang perilaku kasih sayang dalam kehidupan
sehari-hari
Tes
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang sikap
kasih sayang
|
1 x 4 jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.3
Mengenal makna Asmaul Husna:
ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik
4.3
Melafalkan Asmaul Husna: ar-Rahman,
ar-Rahim, al-Malik
|
ar-Rahman,
ar-Rahim, al-Malik
|
Mengamati
· Mencermati pelafalan dan menyimak arti asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim
dan al-Malik secara klasikal, kelompok maupun individual.
· Mengamati gambar contoh ar-Rahman, ar-Rahim dan al-Maliknya Allah
secara klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kasih sayang
Allah Swt
· Memotivasi peserta didik bertanya, misalnya sebutkan bentuk kasih sayang
Allah!
Eksperimen/Explore
· Secara berkelompok mendiskusikan isi gambar tentang ar-Rahman, ar-Rahim
dan al-Maliknya Allah baik secara klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang ar-Rahman, ar-Rahim dan
al-Maliknya Allah
· Menguhubungkan kasih sayang Allah Swt dengan sikap kasih sayang dalam
kehidupan sehari-hari
Komunikasi
· Menirukan pelafalan dan arti Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim dan
al-Malik secara klasikal, kelompok maupun individual.
· Menampilkan pelafalan Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim dan al-Maliksecara
berulang kali baik secara individual atau berkelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang ar-Rahman, ar-Rahim dan al-Maliknya
Allah secara kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang kasih sayang Allah
· Melafalkan ar-Rahman, ar-Rahim dan al-Malik
· Menceritakan kasih sayang dalam keluarga
· Diskusi kelompok tentang sikap kasih sayang kepada sesama teman
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkaitdengan
· menceritakan isi gambarkasih sayang Allah
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat paparantentang kemampuan melafalkan ar-Rahman dan ar-Rahim dan
maknanya
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang kasih
sayang dalam kehidupan sehari-hari
|
4 x 4 jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
· Kisah dan Makna 99 Asmaul Husna
untuk Anak
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
4.2.1
Melafalkan Q.S. al-Fatihah
dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.2.2
Menunjukkan hafalan Q.S. al-Fatihah
dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
3.2
Mengenal pesan-pesan yang
terkandung di dalam Q.S al Fatihah, al-Ikhlas dan al ’Alaq (96): 1-5
|
Q.S. al-Fatihah,
al-Ikhlas dan al-‘Alaq
|
Mengamati
·
Mencermati pelafalan Q.S.
al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq secara klasikal atau individual
·
Menyimak pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S.
al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang pelafalan, hafalan dan pesan Q.S. al-Fatihah,
al-Ikhlas dan al-‘Alaq
·
Mengajukan pertanyaan,
misalnyasiapakah yang sudah mengetahui lafal Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan pesan-pesan
yang terkandung di dalam Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq secara
kelompok
·
Secara berpasangan
mendiskusikan tentang keterkaitan pesan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan
al-‘Alaq dengan kehidupan sehari-hari
Asosiasi
·
Membuat rumusan hasil diskusi
kelompok tentangpesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. al-Fatihah,
al-Ikhlas dan al-‘Alaq
·
Menghubungkan tentang
pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq dengan
kehidupan sehari-hari
Komunikasi
·
Menirukan pelafalan Q.S.
al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq secara klasikal, kelompok maupun
individual
· Menampilkan pelafalan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq secara
berulang-ulang baik secara individual atau berkelompok
· Menghafal bacaan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq ayat per ayat
sesuai makharijul huruf secara
berulang-ulang baik secara klasikal, kelompok maupun individual.
· Menampilkan hafalan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq baik secara
individu maupun perwakilan kelas atau kelompok.
· Menyampaikan hasil diskusi tentang
pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan
al-‘Alaq secara kelompok atau individual
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang pelafalan, menghafal dan pesan Q.S. al-Fatihah,
al-Ikhlas dan al-‘Alaq
· Melafalkan dan menghafal Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq secara
individual atau klasikal
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasitentang
·
pelafalan, menghafal dan
menyebutkan pesan-pesan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat paparan tentang kegiatan melafalkan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas
dan al-‘Alaq dalam berbagai kegiatan ibadah
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat tentang
pesan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-‘Alaq
· Tes lisan berupa melafalkan dan Q.S. al-Fatihah dan al-Ikhlas
|
9 x 4jam
pelajaran
|
· Al Quran dan terjemahnya
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.1
Mengetahui huruf-huruf
hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
4.1
Melafalkan huruf-huruf
hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
|
Huruf hijaiyyah
dan harakatnya
|
Mengamati
· Mencermati pelafalan huruf hijaiyyah dan harakatnya
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang huruf hijaiyah
dan harakatnya
· Mengajukan pertanyaan, misalnya berapakah jumlah huruf hijaiyah? lafalkan
huruf-huruf hijaiyah?
Eksperimen/Explore
· Melafalkan secara berulang-ulang sampai kadar pelafalannya baik.
pelafalan huruf dilakukan peserta didik secara klasikal, kelompok maupun
individual
· Melafalkan huruf hijaiyyah berharakat huruf per huruf sesuai makharijul
huruf dengan berulang-ulang, baik secara individual maupun berkelompok.
· Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat secara
individual dengan bimbingan pendidik
Asosiasi
·
Membuat rumusan tentang
klasifikasi pelafalan huruf hijaiyah dan harakatnya
·
Mengidentifikasi huruf
hijaiyah dari tingkat yang paling mudah dan sukar
Komunikasi
· Menirukan pelafalan huruf per huruf sesuai makharijul huruf secara
klasikal, kelompok maupun individual.
· Menyampaikan hasil diskusi tentang
pelafalan huruf hijaiyah secara kelompok atau individual
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya
· Melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya secara individual dan kelompok
Observasi
· Mengamati pelafalan huruf
hijaiyah dan harakatnya sesuai makharijul huruf
Portofolio
· Membuat paparan tentang kegiatan dalam melafalkan huruf hijaiyah dan
harakatnya sesuai makharijul huruf
Tes
· Tes bentuk lisan melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya
|
2 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
· Buku Belajar Huruf Hijaiyyah
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.6
Mengenal tata cara bersuci
4.6
Mempraktikkan tatacara
bersuci
|
Bersuci dan
Tatacaranya
|
Mengamati
· Menyimak tatacara bersuci (mandi dan istinja) secara klasikal atau
individual
· Mengamati gambar contoh tatacara bersuci (mandi) secara klasikal atau
individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang bersuci dan
tatacaranya
· Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan macam bersuci! Bagaimana
caranya bersuci yang baik?
Eksperimen/Explore
· Mendiskusikan isi gambar contoh tatacara bersuci (mandi) baik secara
klasikal maupun kelompok.
· Mendiskusikan tatacara bersuci baik secara klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang bersuci dan
tatacaranya
·
Mengidentifikasi kegiatan bersuci
Komunikasi
· Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh tatacara bersuci (mandi)
secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang contoh tatacara bersuci
(mandi) secara individual atau kelompok
· Mempraktikkan/mensimulasikan tata bersuci baik secara individual maupun
perwakilan kelompok dengan baik dan benar
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang bersuci dan tatacaranya
· Tugas kelompok Menunjukkan dan menjelaskan gambar tentang bersuci dan tatacaranya
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait
dengan
· menceritakan isi gambar tentang tatacara bersuci
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat paparan tentang tatacara bersuci
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang bersuci
dan tatacaranya
· Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja/simulasi kegiatan bersuci
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
· Buku Fiqih Ibadah
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
|
3.8
Mengenal kisah keteladanan
Nabi Adam a.s.
4.8
Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Adam a.s.
|
Kisah
Keteladanan Nabi Adam a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi
Adam a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Adam a.s. baik secara klasikal
atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Adam a.s.
· Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Adam a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Adam a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Adam a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Adam a.s. secara
kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Adam a.s.
secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Adam a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait
dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Adam a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang keteladanan
nabi Adam a.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan
nabi Adam a.s.
|
1 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.10
Mengenal kisah keteladanan
Nabi Nuh a.s.
4.10
Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Nuh a.s.
|
Kisah
Keteladanan Nabi Nuh a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi
Nuh a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Nuh a.s. baik secara klasikal
atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Nuh a.s.
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Nuh a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Nuh a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Nuh a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Nuh a.s. secara
kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Nuh a.s.
secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Nuh a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Nuh a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Nuh a.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Nuh a.s.
|
1 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.11
Mengenal kisah keteladanan
Nabi Hud a.s
4.11
Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Hud a.s.
|
Kisah
Keteladanan Nabi Hud a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi Hud
a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Hud a.s. baik secara klasikal
atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Hud a.s.
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Hud a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Hud a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Hud a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Hud a.s. secara
kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Hud a.s.
secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Hud a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Hud a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Hud a.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Hud a.s.
|
1 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
|
3.9
Mengenal kisah keteladanan
Nabi Idris a.s
4.9
Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Idris a.s.
|
Semangat
Belajar Nabi Idris a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi
Idris a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Idris a.s. baik secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Idris a.s.
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Idris a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Idris a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Idris
a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Idris a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Idris a.s. secara
kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Idris a.s.
secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Idris a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Idris a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Idris a.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Idris a.s.
|
1 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
4.5
Melafalkan doa sebelum dan
sesudah belajar dengan benar dan jelas
3.5
Mengenal makna do’a sebelum dan
sesudah belajar
|
Doa
sebelum dan sesudah belajar
|
Mengamati
· Mencermati pelafalan doa sebelum dan sesudah belajar secara klasikal
atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang doa sebelum
dan sesudah belajar
· Mengajukan pertanyaan, apakah kamu selalu berdoa ketika memulai
belajar?coba lafalkan doa sebelum dan sesudah belajar!
Eksperimen/Explore
· Secara berkelompok mendiskusikan isi gambar tentang berdoa dalam
belajar secara klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang berdoa sebelum dan
sesudah belajar
· Mengidentifikasi kegiatan berdoa sebelum dan sesudah belajar
Komunikasi
· Menirukan pelafalan doa sebelum dan sesudah belajar Secara klasikal,
kelompok maupun individual
· Menampilkan pelafalan doa sebelum dan sesudah belajar secara
berulang-ulang baik secara individual atau berkelompok
· Menyebutkan arti doa sebelum dan sesudah belajar dengan berulang-ulang
yang dilakukan secara berpasangan dan bergantian
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang kegiatan berdoa sebelum dan sesudah belajar
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang berdoa sebelum dan sesudah belajar
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang berdoa
sebelum dan sesudah belajar
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang berdoa
sebelum dan sesudah belajar
|
2 x 4
jam pelajaran
|
· Al Quran dan terjemahnya
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
· Buku doa-doa pilihan
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
4.4
Melafalkan dua kalimat
syahadat dengan benar dan jelas
3.4
Mengenal makna dua kalimat
syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama
|
Dua Kalimat
Syahadat
|
Mengamati
· Mencermati pelafalan dua kalimat syahadat kata per kata secara klasikal
atau individual.
· Menyimak arti dua kalimat syahadat (syahadat tauhid dan Rasul) secara
klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang pelafalan dan makna dua kalimat syahadat
·
Mengajukan pertanyaan,
misalnya coba lafalkan dua kalimat syahadat!
Eksperimen/Explore
· Secara kelompok melafalkan dua kalimat syahadat kata per kata
· Secara berpasangan Mengartikan dua kalimat syahadat (syahadat tauhid dan
Rasul)
Asosiasi
·
Melakukan koreksi pada
pelafalan dua kalimat syahadat dan;
·
Melakukan koreksi dalam
mengartikan dua kalimat syahadat
Komunikasi
· Menirukan pelafalan dua kalimat syahadat kata per kata secara klasikal,
kelompok maupun individual.
· Menampilkan pelafalan dua kalimat syahadat secara berulang baik secara
individual atau berkelompok
· Mengartikan dua kalimat syahadat (syahadat tauhid dan Rasul) secara
klasikal, kelompok maupun individual
· Mengartikan dua kalimat syahadat (syahadat tauhid dan Rasul) dengan
berulang-ulang yang dilakukan dengan berpasangan dan bergantian secara
klasikal, kelompok maupun individual
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
·
Mengisi rubrik tentang
pelafalan dan makna dua kalimat syahadat
· Melafalkan dua kalimat syahadat
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait
dengan
· Melafalkan dua kalimat syahadat dan maknanya
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat paparan tentang kemampuan melafalkan dua kalimat syahadat dan maknanya
Tes
· Tes dalam bentuk lisan dengan mengartikan dua kalimat syahadat
|
2 x 4
jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.7
Memahami șalat dan
kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
4.7.1
Melaksanakan shalat dan kegiatan agama yang
dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
4.7.2
Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya di
sekitar rumahnya
|
Șalat Wajib dan Mengaji
|
Mengamati
· Menyimak
penjelasan șalat wajib 5 waktu dan bilangan rakaatnya, dan
kegiatan agama di sekitar rumah secara klasikal atau individual
· Mengamati
gambar praktik șalatdan kegiatan agama di
sekitar rumah baik secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang melakukan Șalat wajib
dan Mengaji
· Mengajukan
pertanyaan, misalnya apakah kalian terbiasa melakukan Șalat! Berapa waktu dalam sehari semalam?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar tentang Șalat wajib dan mengaji baik
secara klasikal maupun kelompok.
· Mengidentifikasi
pengamalan Șalat wajib dan mengaji dalam
kehidupan sehari-hari
Asosiasi
· Membuat rumusan
hasil diskusi kelompok tentang kegiatanȘalat
wajib dan mengaji
· Mengidentifikasi
kegiatan Șalat wajib dan mengaji dalam
kehidupan sehari-hari
Komunikasi
· Menyampaikan
hasil diskusi secara kelompok
· Menyimpulkan
hasil diskusi kelompok tentang șalat
wajib 5 waktu dan bilangan rakaatnya, dan kegiatan agama di sekitar rumah
secara individual atau kelompok
· Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi
rubrik tentang șalat wajib 5 waktu dan
bilangan rakaatnya, dan kegiatan agama di sekitar rumah
·
Tugas kelompok menceritakan kegiatan Șalat wajib dan Mengaji
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
· menceritakan
isi gambar tentang Șalat
wajib dan mengaji
· sikap
yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat
paparan tentang kegiatan Șalat
wajib dan mengaji di sekitar rumah
Tes
· Tes
kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes
dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang Șalat wajib dan mengaji
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI
dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
· Buku
tentang șalat wajib
· Gambar/
Poster
· Kertas/kartu
nama-nama șalat wajib dan bilangan
rakaatnya
· Multimedia
Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.13
Memahami perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru
4.4
Mencontohkan perilaku hormat
dan patuh kepada orangtua dan guru
|
Hormat
dan Patuh kepada orangtua dan guru
|
Mengamati
· Menyimak penjelasan pentingnya memiliki perilaku hormat dan patuh
kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga secara klasikal atau
individual.
· Mengamati gambar contoh hormat dan patuh kepada orangtua, guru sesama
anggota keluarga secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru
dan sesama anggota keluarga
· Mengajukan
pertanyaan, misalnya apakah kewajiban kalian kepada orangtuamu?
Eksperimen/Explore
· Mendiskusikan isi gambar tentang hormat dan patuh kepada orangtua,
· Mendiskusikan isi gambar tentang hormat dan patuh kepada guru
· Mendiskusikan isi gambar tentang hormat
kpada sesama anggota keluarga baik secara klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
· Membuat
rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga
· Mengidentifikasi
dalam berbagai kegiatan tentang perilaku hormat dan patuh
kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga
Komunikasi
· Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku hormat dan patuh kepada
orangtua, guru dan sesama anggota keluarga secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku hormat dan patuh
kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga secara individual atau
kelompok
· Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru secara
individual maupun kelompok
· Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi
rubrik tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota
keluarga
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
· menceritakan
isi gambar tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru
dan sesama anggota keluarga
· sikap
yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat
paparan tentang kegiatan tentang perilaku hormat dan patuh
kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga
Tes
· Tes
dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota
keluarga
· Tes
dalam bentuk psikomotorik dengan mencontohkan contoh perilaku
hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga
|
3 x 4
jam pelajaran
|
· Al Quran dan terjemahnya
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
· Gambar/ Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.14
Memahami perilaku saling
menghormati antarsesama anggota keluarga
4.5
Mencontohkan perilaku saling
menghormati antarsesama anggota keluarga
|
perilaku
saling menghormati antarsesama anggota keluarga
|
Mengamati
· Menyimak
penjelasan pentingnya memiliki perilaku saling menghormati
antarsesama anggota keluarga secara klasikal atau individual.
· Mengamati
gambar contoh perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku
saling menghormati antarsesama anggota keluarga
· Mengajukan
pertanyaan, misalnya apakah kewajiban kalian kepada sesama anggota keluarga?
Eksperimen/Explore
· Mendiskusikan
isi gambar tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota
keluarga
· Mendiskusikan
isi gambar tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota
keluarga
· Mendiskusikan
isi gambar tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota
keluarga baik
secara klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
· Membuat
rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku saling
menghormati antarsesama anggota keluarga
· Mengidentifikasi
dalam berbagai kegiatan tentang perilaku saling menghormati
antarsesama anggota keluarga
Komunikasi
· Menyampaikan
hasil diskusi tentang perilaku saling menghormati
antarsesama anggota keluarga secara kelompok
· Menyimpulkan
hasil diskusi kelompok tentang perilaku saling menghormati
antarsesama anggota keluarga secara individual atau kelompok
· Mencontohkan
dengan cara bermain peran/simulasi perilaku saling
menghormati antarsesama anggota keluarga secara individual maupun
kelompok
· Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi
rubrik tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
· menceritakan
isi gambar tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota
keluarga
· sikap
yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat
paparan tentang kegiatan tentang perilaku saling menghormati
antarsesama anggota keluarga
Tes
· Tes
dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
· Tes
dalam bentuk psikomotorik dengan mencontohkan contoh perilaku
saling menghormati antarsesama anggota keluarga
|
3 x 4
jam pelajaran
|
· Al Quran dan terjemahnya
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
· Gambar/ Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
EmoticonEmoticon