PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mengamalkan
Makna Sumpah Pemuda
Tema : Pengalaman
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1.1.Mengenal makna satu nusa, satu
bangsa dan satu bahasa
|
-
Menjelaskan latar belakang kehendak para pemuda dari seluruh
-
Menjelaskan manfaat persatuan dan kesatuan sesuai makna Sumpah Pemuda
-
Mensimulasikan suasana peristiwa Sumpah Pemuda
|
Sumpah Pemuda
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2.Mengamalkan nilai-nilai Sumpah
Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
-
Menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa Sumpah Pemuda
-
Memberi contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung
dalam peristiwa Sumpah Pemuda
|
Norma-norma
di Masyarakat
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Melaksanakan
norma yang berlaku di masyarakat
Tema : Kesehatan
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
2.1. Mengenal aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar
|
-
Mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di RS atau
Puskesmas
- Menjelaskan perlunya memelihara
Kesehatan di rumah, sekolah dan di masyarakat
|
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2.
Menyebutkan contoh-contoh aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat
sekitar
|
- Menyebutkan contoh aturan yang
berlaku di masyarakat
- Menyebutkan
contoh-contoh aturan yang ada dan berlaku di RS atau Puskesmas
|
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3.
Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
|
- Menjelaskan dampak yang terjadi
jika tidak melaksanakan/ mematuhi aturan Kesehatan
- Menjelaskan keuntungan-keuntungan/
manfaat melaksanakan aturan-aturan Kesehatan
|
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Uji Kompetensi Akhir
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
MATRIK HUBUNGAN KOMPETENSI DENGAN
TEMA
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mengamalkan
Makna Sumpah Pemuda
Tema : Pengalaman
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Diri sendiri
|
Keluarga
|
Lingkungan
|
Kege-maran
|
Penga-laman
|
Kebersihan
& Kesehatan
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
|||
1.1.Mengenal
makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
|
- Menjelaskan
latar belakang kehendak para pemuda dari seluruh
- Menjelaskan
manfaat persatuan dan kesatuan sesuai makna Sumpah Pemuda
- Mensimulasikan
suasana peristiwa Sumpah Pemuda
|
Sumpah Pemuda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2.Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
- Menyebutkan
nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa Sumpah Pemuda
- Memberi
contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam
peristiwa Sumpah Pemuda
|
Norma-norma di Masyarakat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
MATRIK HUBUNGAN KOMPETENSI DENGAN
TEMA
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : PKn
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Melaksanakan
norma yang berlaku di masyarakat
Tema : Kesehatan
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Diri sendiri
|
Keluarga
|
Lingkungan
|
Kege-maran
|
Penga-laman
|
Kebersihan
& Kesehatan
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
|||
2.1. Mengenal
aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
|
- Mengidentifikasi aturan-aturan
yang ada di RS atau Puskesmas
- Menjelaskan perlunya memelihara
Kesehatan di rumah, sekolah dan di masyarakat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2.
Menyebutkan contoh-contoh aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat
sekitar
|
- Menyebutkan contoh aturan yang
berlaku di masyarakat
- Menyebutkan contoh-contoh aturan
yang ada dan berlaku di RS atau Puskesmas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3.
Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
|
- Menjelaskan dampak yang terjadi
jika tidak melaksanakan/ mematuhi aturan Kesehatan
- Menjelaskan keuntungan-keuntungan/
manfaat melaksanakan aturan-aturan Kesehatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
EmoticonEmoticon