BAHASA INDONESIA
PROGRAM
TAHUNAN
Nama Sekolah : SD Negeri ................
Mapel : Bahasa Indonesia
Kelas : VI (Enam)
Tahun
Pelajaran : 2017/2011\8
Semester
|
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
I
|
1.
|
Mendengarkan
1.
Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.1
Menulis hal-hal penting atau pokok suatu teks yang
dibacakan
1.2
Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, dan tema atau
amanat dari cerita yang dibacakan
|
8 JP
8 JP
|
2.
|
Berbicara
2.
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
|
2.1
Menyampaikan pesan atau informasi yang diperoleh
dari berbagai media dengan bahasa yang runtut, baik dan benar
2.2
Menaggapi (mengkritik/memuji) suatu hal yang
disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun
|
8 JP
8 JP
|
|
3.
|
Membaca
3.
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca
sekilas
|
3.1
Mendiskripsikan isi dan teknik penyajian suatu
laporan hasil pengamatan/kunjungan
3.2
Menanggapi informasi dari kolom/ rubric khusu
(majalah anak, Koran, dll.)
|
8 JP
8 JP
|
|
4.
|
Menulis
4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
secara tertulis dalam bentuk formulir, dialog, dan parafrase
|
4.1
Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel
pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, dll.)dengan benar
4.2
Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang
didengar
4.3
Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
4.4
Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap
memperhatikan makna puisi
|
8 JP
8 JP
8 JP
8 JP
|
|
II
II
|
5.
|
Mendengarkan
5.
Memahami wacana lisan tentang berita dan drama
pendek
|
5.1
Menyimpulkan isi cerita yang didengar dari televisi
atau radio
5.2
Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan
secara lisan
|
9 JP
8 JP
|
6.
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
|
6.1
Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan
(acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan lafal, intonasi, dan
sikap yang tepat
6.2
Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang,
jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
6.3
Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang
tepat
|
9 JP
9 JP
9 JP
|
|
7.
|
Membaca
7.
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca
teks drama
|
7.1
Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca
intensif
7.2
Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat,
latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
|
9 JP
9 JP
|
|
8.
|
Menulis
8.
Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis
dalam bentuk pidato atau surat resmi
|
8.1
Menyusun naskah pidato atau sambutan (perpisahan,
ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta
memperhatikan penggunaan ejaan
|
9 JP
|
Mengetahui .............................................., 20
Kepala Sekolah Guru
Kelas
..................................... .....................................
NIP. NIP.
IPA
PROGRAM
TAHUNAN
Nama Sekolah : SD Negeri ................
Mapel : IPA
Kelas : VI (Enam)
Tahun
Pelajaran : 2010/2011
Semester
|
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
I
|
1.
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.
Memahami hubungan cirri-ciri antara makhluk hidup
dengan lingkungan tempat hidupnya
|
1.1
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus
yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
1.2
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus
yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan
hidupnya
|
5 JP
4 JP
|
2.
|
2.
Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
|
2.1
Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia
dari bayi sampai lanjut usia
2.2
Mendeskripsikan ciri-ciri fisik anak laki-laki dan
perempuan
2.3
Mengidentifikasi cara perkembang- biakan hewan dan
tumbuhan
2.4
Mengidentifikasi cara perkembang- biakan manusia
|
4 JP
4 JP
4 JP
4 JP
|
|
3.
|
3.
Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap
keseimbangan lingkungan
|
3.1
Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat
mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
3.2
Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering
dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
3.3
Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering
dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
|
5 JP
4 JP
4 JP
|
|
4.
|
4.
Memahami pentingnya pelestarian makhluk hidup untuk
mencegah kepunahan
|
4.1
Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang
mendekati kepunahan
4.2
Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk
hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat
|
5 JP
4 JP
|
|
5.
|
Benda dan Sifatnya
5.
Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran
dan kegunaan benda
|
5.1
Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas
dari berbagai benda
5.2
Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas
|
4 JP
4 JP
|
|
I
|
6.
|
6.
Memahami faktor penyebab perubahan benda
|
6.1
Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda
(pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan
6.2
Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan
pemilihan benda/ bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik)
dalam kehidupan sehari-hari
|
5 JP
4 JP
|
II
|
7.
|
Energi dan Perubahannya
7.
Mempraktikkan pola penggunaan dan pemindahan energi
|
7.1
Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan
antara gaya dan gerak (model jungkat-jungkit, ketapel/model traktor sederhana
energi pegas)
7.2
Menyajikan informasi tentang perpindahan dan
perubahan energi listrik
|
8 JP
8 JP
|
8.
|
8.
Memahami faktor penyebab perubahan benda
|
8.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan
berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
8.2
Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi
listrik (bel listrik, alarm, model lampu lalu lintas, kapal terbang,
mobil-mobilan, penerangan rumah)
|
8 JP
8 JP
|
|
9.
|
Bumi dan Alam Semesta
9.
Memahami matahari sebagai puast tata surya
|
9.1
Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi
penyusun tata surya
9.2
Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi
bumi, dan revolusi bulan
9.3
Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana
matahari
9.4
Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender
Hijriyah
|
8 JP
8 JP
8 JP
8 JP
|
Mengetahui ..............................................,
20
Kepala Sekolah Guru
Kelas
..................................... .....................................
NIP. NIP.
EmoticonEmoticon